Akhir tahun 2018 lalu, tepatnya pada 21 Desember 2018 platform streaming film Netflix merilis satu judul film yang sukses dan viral hanya dalam waktu kurang dari dua minggu. Bird Box menjadi bahan perbincangan di berbagai media sosial karena kisahnya yang menarik dan berbeda dari film lainnya.

Dibintangi oleh Sandra Bullock, Bird Box mengisahkan tentang sebuah serangan yang melanda dunia. Serangan tersebut menyerang siapa saja yang melihatnya dengan mata telanjang. Supaya selamat, manusia yang masih bertahan hidup harus beraktivitas dengan mata tertutup untuk menghindari kontak mata langsung yang bisa mengancam keselamatan jiwanya.

Malorie (Sandra Bullock) menjadi salah satu manusia yang hidup dari serangan tersebut. Sendirian, ia harus membawa dua anak kecil menyeberangi sungai untuk bisa tinggal di sebuah penampungan di mana mereka yang selamat akan tinggal dan melanjutkan hidup seperti biasa.

Film berdurasi 124 menit ini akan membuatmu tegang sepanjang waktu. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu kapan dan di mana makhluk tersebut akan menyerang. Sampai akhir film, kita memang akan merasakan kelegaan luar biasa karena sang pemeran utama berhasil selamat. Namun, akan ada banyak pertanyaan yang muncul di kepala saat kita menontonnya sampai selesai.

Merangkum dari berbagai sumber dan media sosial, berikut ini ada lima pertanyaan yang akan muncul setelah kamu nonton film Bird Box. Apa saja?

1. Mengapa ada yang bertahan hidup saat melihat makhluk tersebut dengan mata telanjang?

5 Pertanyaan yang Akan Muncul Setelah Kamu Nonton Bird BoxIMDB.com

Pasti di antara kalian ada yang bertanya, mengapa ada yang bertahan dan tidak mati saat melihat makhluk tersebut dengan mata telanjang? Salah satunya tokoh Gary. Dalam film dan beberapa teori menjelaskan bahwa makhluk yang disebut Entity tersebut tidak akan menyerang mereka yang mengidap gangguan mental alias sakit jiwa. Malah, Sang Entity akan mengubahnya menjadi pengikutnya yang setia dan membantunya mencari lebih banyak korban.

2. Mengapa makhluk tersebut tidak ditampilkan di dalam film?

5 Pertanyaan yang Akan Muncul Setelah Kamu Nonton Bird BoxIMDB.com

Sebuah lelucon di media sosial mengatakan, jika makhluk tersebut ditayangkan di dalam film semua penonton Bird Box pasti akan mati juga. Tentu hal tersebut hanya bercandaan belaka. Melansir Refinery29.com, Susanne Bier sang sutradara, mengatakan bahwa jika monsternya ditayangkan secara gamblang, maka film akan jadi kurang menakutkan. Ia membiarkan penonton berimajinasi sendiri tentang bagaimana bentuk makhluk tersebut.

Jika kamu masih penasaran bagaimana bentuk makhluk itu, Sandra Bullock menjelaskan dalam sebuah wawancara bahwa bentuk dari Entity adalah monster berbadan pria dengan warna hijau dan berwajah bayi yang sangat mengerikan. Bentuk lain dari Entity ini bisa kamu lihat pada salah satu adegan di mana Gary mengeluarkan kertas-kertas yang sudah digambarnya. Diduga gambar-gambar tersebut adalah sosok Sang Entity yang dilihatnya.

3. Setelah kabur, apa yang terjadi pada Felix dan Lucy?

5 Pertanyaan yang Akan Muncul Setelah Kamu Nonton Bird BoxIMDB.com

Saat berlindung di sebuah rumah, Felix (Machine Gun Kelly) dan Lucy (Rosa Salazar) menjadi sosok yang paling banyak menyita perhatian. Bukan hanya karena mereka banyak berpengaruh, tetapi juga karena hubungan intim yang mereka lakukan di ruang mencuci. Namun setelahnya, Felix dan Lucy kabur meninggalkan rumah menggunakan mobil. Banyak yang berspekulasi kalau mereka mati di jalan saat kabur. Tapi, ada juga yang mengatakan kalau mereka berdua tinggal di Wal-Mart karena banyak persediaan makanan dan tidak ada yang mengganggu mereka berdua. Menurut kamu mana yang benar nih?

4. Mengapa makhluk tersebut hanya terlihat di siang hari?

5 Pertanyaan yang Akan Muncul Setelah Kamu Nonton Bird BoxIMDB.com

Menurut beberapa teori, makhluk ini merupakan kebalikan dari vampir yang bisa bebas berkeliaran di malam hari. Sang Entity ini hanya menyerang di siang hari yang cerah di mana semua orang bisa dengan jelas melihatnya saat ia menampakkan diri. Saat hari mendung atau di malam hari yang gelap mereka bersembunyi entah di mana.

5. Apakah hanya burung yang bisa bertahan dari serangan makhluk tersebut?

5 Pertanyaan yang Akan Muncul Setelah Kamu Nonton Bird BoxIMDB.com

Jawabannya adalah benar, hanya burung yang bisa bertahan tanpa mati saat melihat makhluk tersebut. Dalam novel karya Josh Malerman, tertulis bahwa Malorie menyaksikan sendiri bahwa anjingnya mendapat pengaruh dari Sang Entity. Anjing Malorie menjadi tidak terkendali dan mati karena ia menggigit kakinya dan merobek kulitnya sendiri.

Baca Juga: DreadOut, Legenda Horor Budaya Sunda dalam Kemasan Modern