Seminggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Februari 2020, sekuel To All The Boys I Loved Before: P.S I Still Loved You rilis di platform video on demand, Netflix. Film yang disutradarai oleh Michael Fimognari ini masih dibintangi oleh Lana Condor, Noah Centineo, Jordan Fisher, Anna Cathcart, Janel Parrish, Ross Butler, Madeleine Arthur, dan Emilija Baranac.

Mengadaptasi novel ke layar lebar memang bukan perkara mudah. Sebab, dari sekian banyak detail yang tertulis di novel, sang penulis naskah dan sutradara harus jeli mengangkat cerita mana yang penting dan mana yang tak perlu divisualisasikan.

Namun, dari 102 menit film To All The Boys: P.S I Still Loved You yang Popbela tonton, ada beberapa momen yang tak diangkat. Padahal momen tersebut sangat penting, yang membuat kisah menjadi lebih utuh dan lengkap. Psst! Spoiler alert! Momen apa saja yang tak muncul di film To All The Boys: P.S I Still Loved You dibandingkan versi novelnya?

1. Stormy Bukan Nenek dari John Ambrose

5 Momen yang Nggak Muncul di To All The Boys: P.S I Still Loved YouIMDB.com

Di dalam novel, dikisahkan bahwa Lara Jean menjadi salah satu relawan di panti jompo Belleview. Di tempat tersebut ia bertemu dengan seorang nenek nyentrik bernama Stormy. Secara kebetulan, Stormy merupakan nenek tiri dari John Ambrose. Karena hal itulah, Lara Jean dan John Ambrose bertemu kembali setelah bertahun-tahun berpisah.

Namun di film, Stormy dan John Ambrose tak memiliki ikatan apapun. Mereka bahkan tak berinteraksi satu sama lain di dalam film. Padahal melalui Stormy-lah, Lara Jean menjadi bimbang, apakah harus melanjutkan kisahnya bersama Peter Kavinsky atau berpaling pada John Ambrose.

2. Tak Ada Momen Menginap dan Adegan di Bawah Salju

5 Momen yang Nggak Muncul di To All The Boys: P.S I Still Loved YouDok. Netflix

Di suatu hari saat Lara Jean sedang berada di Belleview, salju turun dengan lebat. Karena alasan keamanan, Lara Jean memutuskan untuk menginap di Belleview bersama Stormy. Di saat yang sama, John Ambrose juga menginap di Belleview. Di tengah malam, Lara Jean dan John Ambrose keluar rumah dan bermain salju sampai akhirnya mereka berciuman untuk yang pertama kali.

Adegan ini yang membuat Lara Jean merasa bersalah, karena sudah mengkhianati Peter Kavinsky. Sayangnya, adegan ini nggak ada, meskipun tetap ada sedikit adegan ciuman antara Lara Jean dan John Ambrose di tengah salju.

3. Lara Jean Nggak Membalas Surat John Ambrose

5 Momen yang Nggak Muncul di To All The Boys: P.S I Still Loved YouDok. Netflix

Kalau di film, Lara Jean nggak jadi membalas surat dari John Ambrose karena memikirkan perasaan Peter Kavinsky, hal ini berbeda 180 derajat dari novelnya. Di dalam novel, mereka rutin berkirim surat lewat pos selama beberapa bulan yang membuat mereka dekat lagi sebelum akhirnya bertemu di Belleview.

4. Lara Jean dan Gen Nggak Bertemu dengan Ayah Gen

5 Momen yang Nggak Muncul di To All The Boys: P.S I Still Loved YouDok. Netflix

Dalam novel, Lara Jean dan Gen akhirnya berbaikan setelah Lara Jean melihat sendiri kalau Ayah Gen selingkuh dengan perempuan yang usianya jauh lebih muda. Melihat hati Gen hancur, Lara Jean iba dan berjanji akan menjadi temannya lagi untuk berbagi cerita. Bedanya dengan di film, keduanya berbaikan di rumah pohon begitu saja tanpa ada obrolan yang berarti.

5. Nggak Ada Permainan Assassins

5 Momen yang Nggak Muncul di To All The Boys: P.S I Still Loved YouDok. Netflix

Saat Lara Jean, John Ambrose, Peter Kavinsky, Chris, Trevor, dan Gen bertemu kembali di rumah pohon, mereka mengakhiri pertemuan dengan memulai permainan bernama Assassins. Melalui permainan ini, Lara Jean berharap hubungannya dengan Peter Kavinsky membaik. Sayangnya, di dalam film nggak ada permainan ini. Lara Jean dan Peter Kavinsky kembali bersama tanpa ada ‘usaha’ dari keduanya.

Ada lagi perbedaan antara di novel dan film, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Pelajaran Cinta dari Film "To All the Boys: P.S I Still Love You"