Hidup dengan gaya baru atau new normal memang terus digencarkan. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mulai beraktivitas pasca karantina mandiri yang diterapkan untuk menghindari penularan virus corona.

Supaya tetap bisa survive di tengah masa pandemi yang belum selesai, tentu banyak penyesuaian dari segi bisnis. Mengatasi hal ini, Akademi Instagram bekerja sama dengan Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengadakan live di Facebook untuk berbagi tips bagaimana berbisnis untuk menyambut new normal.

4 Tips Berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk Sambut New NormalDok. Instagram

Diselenggarakan pada Kamis, 4 Juni 2020 pukul 19:00 lalu, live yang dilakukan di akun Facebook Ganjar Pranowo ini menghadirkan pula pelaku bisnis lainnya, yakni Rowland Asfales (Instapreneur - salah satu lulusan terbaik Akademi Instagram dan Founder @pijakbumi), Widya Sesarika (Founder @steddystore) dan Merryo Setyawan, Founder @joie.patiserrie). Acara ini juga dimoderatori oleh selebritas, Dhini Aminarti.

Buat yang kemarin ketinggalan menyaksikan siaran langsungnya, Popbela sudah membuat beberapa rangkumannya untuk kamu. Setidaknya, ada empat tips berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk menyambut new normal. Apa saja?

1. Fokus pada konsumen

4 Tips Berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk Sambut New NormalUnsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Karena adanya pandemi ini, kebiasaan hidup sedikit banyak jadi berubah. Pola hidup kini lebih banyak bergantung pada teknologi dan melakukan segalanya secara online. Kebiasaan inilah yang harus diperhatikan oleh para pebisnis agar selalu mengerti keinginan dan kebutuhan konsumen.

Supaya tidak ketinggalan dan bisnis selalu bisa berkembang, perhatikan selalu kebiasaan konsumen atau konsumen behaviour. Fokus pada kebutuhan konsumen membuat bisnis dapat bertahan dan berkembang di situasi new normal ini.

2. Kembangkan dan penyesuaian produk

4 Tips Berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk Sambut New NormalUnsplash.com/John Schnobrich

Jika kita sudah bisa melihat bagaimana kebiasaan konsumen (consumer behaviour) langkah selanjutnya adalah kembangkan dan sesuaikan produk dengan kebiasaan konsumen tersebut. Mulai dari fungsi, cara pengiriman, dan variasi produk bisa kamu kembangkan mengikuti hasil riset kebiasaan konsumen yang sudah kamu lakukan.

3. Jaga selalu kebersihan

4 Tips Berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk Sambut New NormalUnsplash.com/The Honest Company

Pandemi ini membuat kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan dengan benar. Otomatis kebiasaan konsumen untuk menjaga kebersihan juga berubah. Supaya konsumen tetap percaya dengan produk yang kita jual, jaga selalu kebersihan dan kualitas produk.

4. Mencoba berjualan secara online

4 Tips Berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk Sambut New NormalUnsplash.com/Leon Seibert

Kerja dari rumah atau work from home membuat segalanya dilakukan dengan cara online. Supaya bisa bertahan di tengah situasi new normal ini, berjualan secara online bisa menjadi strategi bisnis yang kita lakukan. Selain membuat bisnis tetap berjalan, berjualan online memungkinkan kita mendapatkan konsumen baru. Tapi yang jelas, tetap perhatikan kebersihan dan kualitas, ya.

Itu tadi empat tips berbisnis untuk menghadapi new normal. Semoga bisa kamu terapkan ya!

Baca Juga: Kembali Bekerja di Kantor Memasuki “New Normal”, Efektifkah?

Baca Juga: Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi Umum

Baca Juga: 7 Panduan Kencan di Era New Normal