Traveling kini bukan lagi menjadi kegiatan mewah, melainkan sudah menjadi rutinitas yang sering dilakukan oleh para Millennial. Berkunjung ke tempat yang belum pernah kita datangi tentu memberikan kesan tersendiri dan pengalaman yang tak terlupakan.

Tak ingin pengalaman tersebut menguap begitu saja, kita bisa mengabadikannya dalam sebuah tulisan. Bingung bagaimana membuat tulisan traveling yang enak dibaca dan menarik? Kamu bisa mengikuti tips yang diberikan oleh Trinity berikut ini.

1. Jangan Menulis Saat Momen Traveling

4 Langkah Mudah Membuat Tulisan Travelling a la TrinityIDN Media

Ditemui di salah satu sesi Indonesia Writers Festival by IDNTimes yang diselenggarakan di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong Tangerang, 6-7 September 2019, Trinity mengatakan saat traveling lebih baik jangan sibuk menulis dulu. Sebaliknya, ia menyarankan agar kita menikmati setiap momen dalam perjalanan.

"Resepnya nggak pernah nulis pada saat perjalanan, enjoy momen traveling," ujar Trinity.

2. Mengeksplor Tujuan Perjalanan

4 Langkah Mudah Membuat Tulisan Travelling a la TrinityIDN Media

Trinity mengatakan saat momen travelling kita harus benar-benar menikmati momen tersebut. Ekplorasi destinasi travelling dan nikmati segala sudut serta momennya. Dengan menikmati, hal-hal menarik akan datang dengan sendirinya. Hasil dari ekplorasi itu dapat menjadi bahan menarik untuk menulis.

"Ekplorasi dan kamu akan menemukan hal menarik," ujar Trinity.

3. Sesampainya di Rumah, Buat Daftar Pengalaman Paling Berkesan

4 Langkah Mudah Membuat Tulisan Travelling a la TrinityIDN Media

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar pengalaman-pengalaman memorable selama travelling. Menurut Trinity, momen menarik dan pengalaman unik pasti akan selalu diingat karena memberi kesan.

"Jadi biasanya aku bertanya ke diriku sendiri yang paling memorable?" ujar Trinity.

4. Tulis Pengalaman yang Menurutmu Paling Memorable

4 Langkah Mudah Membuat Tulisan Travelling a la TrinityIDN Media

Trinity menjelaskan langkah terakhir dalam pembuatan konten adalah menulis. Setelah membuat daftarnya, tulis hal memorable menjadi sebuah cerita pengalaman travelling yang utuh.

"Tuliskan hal-hal yang tidak bisa dilupakan, apa yang dialami, susun menjadi cerita," tutup Trinity.

Hayo ingat-ingat lagi liburan terakhirmu. Ada yang berkesan nggak? Kalau ada langsung ditulis di blog ya. Siapa tahu kalau rutin menulisnya, kamu bisa merilis buku seperti Trinity juga.

#IndonesiaWritersFestival #EmpoweringThroughWriting

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Writer’s Block a la Windy Ariestanty