Pernah nggak sih kamu merasa sudah banyak ide di kepala tapi kamu bingung bagaimana menuangkannya dalam bentuk tulisan? Jika pernah, itu tandanya kamu sedang mengalami writer’s block.

Writer’s block sendiri adalah momen di mana penulis tidak dapat menuangkan idenya ke dalam tulisan. Sehingga, misalnya pun bisa menulis tulisanmu menjadi agak kurang dibaca.

Di ajang Indonesia Writers Festival 2019 by IDNTimes yang diselenggarakan pada 6-7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, penulis Windy Ariestanty berbagi tips bagaimana cara mengatasi writer’s block yang dialami oleh para penulis.

"Aku termasuk penulis yang tidak percaya pada writer's block itu adalah sebutan pada saat kita lagi males aja," kata Windy Ariestanty saat ditanya soal writer’s block.

Windy juga mengatakan seorang penulis biasanya mempunyai deadline yang harus dipenuhi. Sehingga penulis harus mempunyai cara untuk keluar dari kondisi writer's block. "Aku tidak bisa datang ke editor ku karena alasan writer's block, kan?"

Mendapat pertanyaan ini, Windy pun membagikan tipsnya bagaimana kita keluar dari kondisi tersebut.

1. Berhenti Sejenak dan Lakukan Aktivitas Lain

4 Cara Mengatasi Writer’s Block a la Windy AriestantyIDN Media

Windy menjelaskan, cara terdekat yang bisa dilakukan saat writer's block adalah berhenti sejenak. Windy menyarankan untuk lakukan hal di luar dari aktivitas menulis. PIlih aktivitas yang dapat memunculkan ide.

"Berhenti sebentar, lakukan aktivitas yang memunculkan ide," ujar Windy.

2. Bertemu dengan Teman

4 Cara Mengatasi Writer’s Block a la Windy AriestantyIDN Media

Windy mengatakan, sebagai penulis, kita harus berteman dengan banyak penulis lain. Menurutnya, teman tersebut bisa menjadi teman diskusi. Melalui percakapan ringan sampai sesi diskusi, momen itu dapat memunculkan perspektif, pandangan serta ide baru.

"Bertemu dengan teman. Ketika kebuntuan, itu datang, teman itu akan jadi teman diskusimu," jelas Windy.

3. Baca Buku

4 Cara Mengatasi Writer’s Block a la Windy AriestantyIDN Media

Membaca buku adalah salah satu cara untuk keluar dari kondisi writer's block. Menurut Windy, membaca buku dapat menjadi stimulus tumbuhnya ide serta insiprasi untuk menulis.

"Lakukan hal lain yang memunculkan ide, baca buku lain," ujar Windy.

4. Segera Kembali Menulis, Jangan Berlindung di Kata Writer's Block

4 Cara Mengatasi Writer’s Block a la Windy AriestantyIDN Media

Windy mengatakan hal terpenting agar keluar dari kondisi writer's block adalah segara kembali menulis. Windy menjelaskan, seorang penulis merupakan seniman yang unik. Dalam berseni, penulis dituntut untuk disiplin.

Dengan demikian, penulis harus disiplin dan kreatif dalam waktu yang sama. "Penulis memiliki deadline, kembali dengan segera untuk menulis. Jangan bersembunyi di kata writer's block," tutup Windy.

Semoga saja setelah membaca tips ini kamu jadi nggak lagi mengalami writer’s block ya!

#IndonesiaWritersFestival #EmpoweringThroughWriting

Baca Juga: Tips Jadi Penulis Supaya Tulisanmu Dilirik Penerbit