Libur Lebaran saatnya silaturahmi bersama keluarga. Berkumpul dengan sanak saudara yang jarang berjumpa bisa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu. Jika kamu menjadi tuan rumahnya untuk menjamu mereka, persiapkan rumah sebaik mungkin, ya. Salah satunya, siapkan tontonan seru yang bisa disaksikan oleh seluruh anggota keluarga.

Film animasi menjadi pilihan yang pas untuk disaksikan bersama keluarga. Sebab, film-film animasi ini memiliki jalan cerita yang ringan, tapi tetap sarat akan pesan moral. Bingung ingin menonton film animasi apa di lebaran kali ini? Simak sepuluh rekomendasi Popbela berikut ini, yuk!

1. Nussa: The Movie

https://www.youtube.com/embed/ACT4tV5P59M

Berangkat dari serial favorit yang tayang di YouTube, Nussa: The Movie rilis dalam versi layar lebar pada tahun 2021 lalu. Film ini berkisah tentang Nussa (Muzakki Ramdhan) yang sangat menyukai sains. Bahkan, saking senangnya dengan sains, Nussa selalu unggul dan juara ketika mengikuti lomba sains.

Tapi, suatu hari, Nussa kalah dalam lomba sains oleh Jonni (Ali Fikry) karena percobaan roket Jonni lebih keren. Nussa yang kalah merasa sedih. Dibantu dengan orang tuanya dan dukungan teman-temannya, Nussa berusaha bangkit dari kesedihannya. Bisa nggakya, Nussa mengalahkan Jonni?

2. Encanto

https://www.youtube.com/embed/CaimKeDcudo

Film Encanto memang bukan yang terbaru dari Disney Pixar. Tapi, film ini masih terus dibicarakan oleh warganet karena kisahnya yang unik dan soundtrack-nya yang selalu menempel di kepala. 

Encanto berkisah tentang Keluarga Madrigal yang masing-masing anggotanya memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Misalnya, Isabella Madrigal (Diane Guerrero) yang bisa menumbuhkan bunga dari tangannya, Luisa Madrigal (Jessica Darrow) yang begitu kuat, Dolores Madrigal (Adassa) yang memiliki pendengaran yang begitu sensitif, hingga yang terakhir, Antonio Madrigal (Ravi Cabot-Conyers) yang bisa memahami bahasa hewan.

Dari semua anggota keluarga Madrigal, hanya Mirabel (Stephanie Beatriz) yang tidak memiliki kekuatan. Karena hal inilah, neneknya sering memandangnya sebelah mata. Padahal Mirabel juga memiliki kekuatan yang bahkan lebih kuat dari saudara-saudaranya. Kira-kira, apa, ya, kekuatan Mirabel?

3. Turning Red

https://www.youtube.com/embed/XdKzUbAiswE

Apa jadinya jika keluargamu memiliki kutukan yang diwariskan kepadamu saat kamu menginjak usia remaja? Apakah kamu akan menerimanya, menghilangkannya, atau memanfaatkannya menjadi sesuatu yang menguntungkanmu?

Hal inilah yang terjadi pada Meilin Lee (Rosalie Chiang), remaja 13 tahun keturunan Kanada-Tiongkok ini hidup dengan didikan Asia yang begitu kental. Mei dituntut untuk sempurna dengan waktu main yang sangat terbatas. 

Sampai suatu ketika, di pagi yang cerah, Mei bangun dalam keadaan telah berubah menjadi panda merah besar. Ia kaget setengah mati dan panik. Orang tuanya yang mengetahui hal ini memberitahunya bahwa ini adalah kutukan dari leluhur yang tak bisa dilepaskan. Jadi, bagaimana Mei bisa menjalani hari-harinya dengan tubuh tersebut?

4. Ron's Gone Wrong

https://www.youtube.com/embed/8I8nMtzN05s

Ron's Gone Wrong bercerita tentang sebuah perusahaan teknologi yang baru saja merilis B-Bot, gawai pintar berbentuk robot yang cocok untuk anak-anak. Awalnya, B-Bot dibuat agar anak-anak bisa mencari teman yang memiliki hobi dan kesukaan yang sama. Namun, lama kelamaan, mereka justru menjadi egois dan hanya bermain dengan B-Bot mereka sendiri.

Di antara semua anak-anak di sekolah, hanya Barney Pudowski (Jack Dylan Grazer) yang tidak memiliki B-Bot karena orang tuanya tidak ingin Barney kecanduan gawai. Pada akhirnya, di ulang tahun Barney, ayah dan neneknya memberikan Barney B-Bot yang dibeli secara ilegal.

Tidak seperti yang diharapkan, B-Bot milik Barney justru rusak dan tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Tak ingin pemberian ayahnya sia-siap, Barney berusaha keras agar B-Bot miliknya bisa digunakan secara normal. Kira-kira apa yang dilakukan Barney?

5. The Mitchells vs. the Machines

https://www.youtube.com/embed/_ak5dFt8Ar0

Film animasi satu ini bisa kamu saksikan di Netflix, Bela. The Mitchells vs. the Machines menjadi tontonan seru yang bisa menambah kekompakan kamu dan keluarga. 

The Mitchells vs. the Machines berkisah tentang keluarga Mitchells yang nggak lagi kompak seperti dulu. Kekompakan mereka semakin berkurang saat Katie Mitchell (Abbi Jacobson) akan masuk kuliah.

Linda Mitchell (Maya Rudolph), ibu Katie berusaha menyatukan keluarga mereka lagi dengan berinisiatif mengajak seluruh anggota keluarga Mitchell untuk mengantarkan Katie ke asrama. Sayangnya, di tengah jalan menuju kampus, robot-robot milik perusahaan teknologi di kota tersebut hilang kendali dan membuat kekacauan di kota. 

Keluarga Mitchell yang tadinya nggak kompak, harus bekerja sama agar bisa selamat dan mengatasi kekacauan itu. Bisa nggakya, mereka bekerja sama lagi?

6. Hotel Transylvania: Transformania

https://www.youtube.com/embed/6suJohjIvfo

Gara-gara menyentuh batu ajaib, Johnny Loughran (Andy Samberg) berubah menjadi manusia dan mertuanya, Count Dracula (Brian Hull) berubah menjadi manusia. Bukan hanya mereka, teman-teman Drac yang monster juga menjadi manusia biasa. Hal ini membuat mereka panik dan harus segera mencari penawarnya. Sialnya, obat penawar untuk kutukan ini hanya berada di Amerika Tengah yang jauh dari Transylvania.

Mereka harus segera menemukan penawar tersebut. Jika tidak, mereka akan terjebak di tubuhnya saat ini selamanya. Bisakah mereka menemukan penawar ini secepat yang mereka bisa?

7. Luca

https://www.youtube.com/embed/mYfJxlgR2jw

Bagi monster laut, kehidupan manusia sungguh menyenangkan dan seru untuk dijelajahi. Hal inilah yang membuat Luca (Jacob Tremblay) penasaran dan sangat ingin menghabiskan banyak waktu di darat. Rasa penasarannya terbayar saat iya bertemu dengan Alberto (Jack Dylan Grazer) yang sudah lebih dulu hidup di darat.

Bersama Alberto, Luca menghabiskan banyak waktu di dunia manusia sampai-sampai ia berbohong kepada orang tuanya. Sayangnya, Luca tidak mendengarkan peringatan dari orang tuanya. Ia tidak menyadari bahwa dunia manusia menyimpan bahaya yang cukup besar untuk dirinya dan kaumnya. Bisakah Luca mengatasi bahaya itu?

8. Sing 2

https://www.youtube.com/embed/AAnkc01ITpw

Setelah berhasil menghidupkan kembali teater lama milik ayahnya di film Sing (2016) dan memberinya nama New Moon Theater, pertunjukan milik Moon Buster (Matthew McConaughey) menjadi teater paling populer di kota tempat tinggalnya. Tak puas dengan pencapaiannya, Buster ingin tampil di Kota Redshore yang glamor dan menjadi impian semua penyanyi.

Namun, untuk tampil di sana, ia harus mengikuti audisi yang sangat ketat. Nekat, Buster membawa timnya, Rosita (Reese Witherspoon), Ash (Scarlett Johansson), Johnny (Taron Egerton), Meena (Tori Kelly) dan Gunter (Nick Kroll) untuk audisi di rumah produksi milik Jimmy Crystal (Bobby Cannavale) yang dikenal kejam.

Awalnya, Jimmy tak tertarik dengan grup Buster, padahal mereka sudah memberikan yang terbaik. Namun, Jimmy mengajukan tantangan, jika Buster bisa menghadirkan musisi rock legendaris Clay Calloway (Bono), ia akan memberikan kontrak kesepakatan sesuai dengan yang Buster inginkan. Masalahnya, Clay berhenti bermusik semenjak istrinya meninggal 15 tahun lalu.

Apakah Buster bisa menemukan dan membujuk Clay untuk kembali bernyanyi?

9. Adit Sopo Jarwo: The Movie

https://www.youtube.com/embed/MQTjPIrVy5E

Berangkat dari serial animasi di televisi yang begitu populer, MD Pictures kemudian membuat Adit Sopo Jarwo dalam versi film. Film dengan judul Adit Sopo Jarwo: The Movie ini berkisah tentang Adit (Muzakki Ramdhan) yang sedang pergi berlibur ke Yogyakarta bersama ayah dan bundanya menggunakan kereta api.

Di tengah perjalanan dan saat kereta sedang berhenti di sebuah stasiun, Adit memutuskan untuk turun dan membeli sebungkus biskuit untuk bundanya. Namun, saat Adit turun, tiba-tiba saja kereta berangkat. Alhasil, Adit tertinggal di stasiun.

Saat sedang sendirian, Adit bertemu dengan Sopo (Dharmawan) dan Jarwo (Surawijaya). Kedua laki-laki dewasa itu kemudian membantu Adit mencari orang tuanya. Berhasil nggak ya, mereka menemukan orang tua Adit?

10. Raya and the Last Dragon

https://www.youtube.com/embed/1VIZ89FEjYI

Terakhir, film animasi yang bisa ditonton bersama keluarga saat Lebaran nanti adalah Raya and the Last Dragon. Film Princess Disney ini menjadi begitu istimewa karena mengangkat kisah dan budaya dari Asia Tenggara yang salah satunya adalah Indonesia.

Raya and the Last Dragon bercerita tentang Raya (Kelly Marie Tran) yang tinggal di sebuah wilayah dengan nama Kumandra. Karena sebuah peristiwa di masa lalu, wilayah Kumandra menjadi terpecah belah. Raya harus mencari naga terakhir yang dipercaya bisa menyatukan semuanya. Bisakah Raya menemukan naga terakhir itu?

Itulah tadi daftar film animasi yang bisa kamu saksikan bersama keluarga di Lebaran nanti. Ada yang ingin kamu tonton, Bela?

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Film 'Srimulat: Hil yang Mustahal' Tayang 19 Mei

Baca Juga: Tayang 30 April, “Kuntilanak 3” Next Level Perfilman Horor Indonesia

Baca Juga: Sempat Heboh, Kasus 'Nth Room' Dijadikan Film Dokumenter Netflix