Menuju penghujung 2021 ini, fenomena langit akan kembali menghiasi langit Indonesia. Setelah serangkaian gerhana, kini hujan meteor akan datang. Hujan meteor yang akan hadir dan dapat dilihat langsung adalah hujan meteor geminid.

Hujan meteor geminid dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia dengan kondisi langit malam yang cerah tanpa awan.  Puncak dari hujan meteor ini dapat dilihat dengan mata telanjang, namun harus cermat dan sabar.

Berikut jadwal dan tempat terbaik untuk melihat hujan meteor geminid.

Waktu Berlangsungnya Hujan Meteor Geminid

Hujan meteor Geminid yang berasal dari rasi bintang Gemini ini berlangsung 4-20 Desember. Waktu puncaknya hari ini, 14 Desember 2021, kamu bisa menantikan 150 meteor per jam dari mulai pukul 19.58 WIB.

Hujan meteor Geminid yang berasal dari puing-puing asteroid 3200 Phaethon melaju dengan kecepatan 35 kilometer per detik. Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto menuturkan asteroid itu tergolong sebagai asteroid dekat Bumi.

Catat Tempat & Waktu Untuk Lihat Hujan Meteor Gemenid Hari Ini!larongenow.com

Hujan meteor Geminid dapat disaksikan pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Intensitas meteor disebut sebanyak 86 hingga 107 meteor per jam untuk wilayah Indonesia.

"Hujan meteor Geminid dapat disaksikan sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut," tulis LAPAN dalam situsnya.

Mengutip dari Instagram Infoastronomy, waktu terbaik melihatnya adalah saat tengah malam di mana langit benar-benar gelap.

Tempat ideal untuk melihatnya

Melansir dari lapan.go.id, hujan meteor Geminid adalah hujan meteor yang titik radian atau titik asal munculnya meteor berada di konstelasi Gemini. Rhorom juga menjelaskan intensitas hujan meteor Geminid bisa mencapai 150 meteor per jam bila diamati di lokasi yang tepat dengan kondisi yang ideal, yakni gelap dan cerah.

Kembali mengutip dari Instagram Infoastronomy, mengamatinya di tengah kota besar bukanlah pilihan yang baik karena polusi udaranya membuat hujan meteor sulit terlihat. Ini juga akan kurang terlihat atau susah terlihat jika langit mendung.

Mengingat kondisi cuaca Indonesia pada Desember sering hujan, kecil kemungkinan untuk dapat menikmati pemandangan tersebut. Sebagai solusinya, kamu bisa melihatnya secara online melalui situs seperti Space, CosmoSapiens, hingga Virtual Telescope Project.

Catat Tempat & Waktu Untuk Lihat Hujan Meteor Gemenid Hari Ini!pexels.com/felipe-helfstein

Itulah waktu dan tempat di mana kamu bisa melihat hujan meteor gemenid hari ini. Tenang, hujan meteor ini masih aman, kok, Bela.

Baca Juga: Hujan Meteor dan Melihat Mars, Ini Fakta Lain Gerhana Bulan Total

Baca Juga: 6 Fenomena Alam yang Belum Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah, Mengapa?

Baca Juga: 5 Fenomena Alam Mengerikan yang Sempat Nyaris Memusnahkan Dunia