Science fiction atau sci-fi merupakan salah satu genre film yang banyak diminati. Genre ini menggunakan penggambaran fenomena berbasis sains fiksi spekulatif, yang tidak sepenuhnya diterima oleh sains mainstream atau pada umumnya.

Ceritanya bisa mengisahkan bentuk kehidupan di luar bumi, pesawat ruang angkasa, robot, cyborg, interstellar travel, atau teknologi lainnya. Film-film ini juga sering digunakan untuk fokus pada isu-isu politik atau sosial, dan untuk mengeksplorasi isu-isu filosofis seperti kondisi manusia.

Salah satu yang populer adalah Interstrellar yang mengusung latar masa depan dystopian, di mana umat manusia berjuang untuk bertahan hidup. Film ini mengikuti sekelompok astronot yang melakukan perjalanan melalui lubang cacing di dekat Saturnus untuk mencari rumah baru bagi umat manusia.

Selain Interstrellar, berikut ada 7 rekomendasi film sci-fi terbaik lainnya.

1. Oblivion (2013)

Selain 'Interstellar', Ini 7 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaikimdb.com

Oblivion membawa penonton melihat pertarungan manusia melawan alien dengan latar tahun 2077. Film adapatasi dari novel ini, berkisah tentang peperangan di masa depan antara manusia melawan galaksi ras alien bernama Scavs hingga menyebabkan kehancuran bumi yang hebat dan membuat umat manusia pindah.

Hanya beberapa orang atau teknisi reparasi drone yang harus tinggal permukaan planet Bumi. Jack Harper (Tom Cruise) adalah salah satu teknisi yang ikut bertugas memperbaiki drone dengan ingatannya yang dihapus sebagai proses keamanan agar tetap berada di Bumi.

https://www.youtube.com/embed/A27xPYvqERw

Jack sendiri memang tahu bahwa Bumi dalam kondisi kritis dan habis setelah enam puluh tahun perang melawan penjajah berupa alien. Saat itu para teknisi memang memiliki tugas berjaga-jaga dan melakukan patroli di langit untuk memastikan bahwa drone tetap berfungsi.

Ditengah-tengah tugasnya Jack Harper beraksi untuk mengekstraksi sumber daya penting bagi kelangsungan hidup umat manusia bersamaan pesawat ruang angkasa yang jatuh dari langit di akhir misinya.

Ia lalu bertemu dan menyelamatka seorang perempuan asing yang cantik (Olga Kurylenko) dari pesawat ruang angkasa yang jatuh. Kedatangan perempuan itu memicu serangkaian peristiwa yang berpuncak pada pertempuran hampir satu tangan Jack untuk menyelamatkan umat manusia. Dapatkah Jack dan umat manusia selamat?

2. Arrival (2016)

Selain 'Interstellar', Ini 7 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaikimdb.com

Film dengan biaya besar ini juga bercerita tentang kedatangan alien ke bumi. Alien ini datang dengan pesawat berwarna abu-abu lonjong di negara bagian Montana, Amerika Serikat, dan di 12 lokasi lain di seluruh dunia.

Mereka datang membawa suatu pesan misterius dengan simbol-simbol untuk manusia di bumi. Karena perbedaan bahasa, komunikasi antar manusia dan alien pun terkendala. Louise Banks (Amy Adams) adalah seorang ahli bahasa yang baru ditinggal mati putrinya, dan ditugaskan untuk harus memecahkan teka-teki bahasa alien.

https://www.youtube.com/embed/tFMo3UJ4B4g

Peristiwa yang harus dia hadapi ini bersamaan dengan kelebatan kenangannya tentang sang putri yang terus muncul. Di sisi lain, warga dunia mendesak pemerintah untuk bertindak karena khawatir alien akan membuat kekacauan di bumi.

Saat mereka hampir menyerah memahami makna pesan yang disampaikan para alien dan bersiap untuk bertempur, akhirnya Louise Banks berhasil menyelesaikan makna pesan rahasia tersebut. Kira-kira apa pesan tersebut? temukan jawabannya di film-nya, ya.

3. 2001: A Space Odyssey (1968)

https://www.youtube.com/embed/oR_e9y-bka0

Film tahun 1968 ini selalu masuk dalam jajaran film klasik terbaik. Banyak media film terpercaya memberikan nilai tinggi pada film ini dan banyak disebut sebagai pionir dari film-film bertema fiksi-ilmiah yang berlatar belakang ruang angkasa macam Star Wars dan Star Trek.

2001: A Space Odyssey akan membawa penonton ke sebuah perjalanan luar angkasa dengan teknologi canggih. Berdurasi sepanjang 2 jam 23 menit, kita akan disuguhi dengan empat cerita yang berbeda satu sama lain dengan sebuah batu monolith berbentuk persegi panjang sebagai penghubungnya.

Mengutip dari Cultural, film ini juga merupakan gambaran visual teori sejarah peradaban manusia dari zaman purba hingga modern dengan segala perkembangan teknologi canggihnya. Ada juga plot cerita tentang para astronot yang berusaha memahami sebuah sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) bernama HAL 9000, untuk memenuhi misi perjalanan luar angkasa mereka.

4. Dune (2021)

Selain 'Interstellar', Ini 7 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaikimdb.com

Film selanjutnya adalah Dune yang diperankan oleh Timothée Chalamet, Rebecca Ferguson. Oscar Isaac, Zendaya dan beberapa bintang lainnya. Film satu ini berkisah tentang Paul Atreides (Timothée Chalamet), seorang pemuda brilian dan berbakat yang lahir dalam takdir besar di luar pemahamannya.

Keluarga Atreides adalah keluarga bangsawan penguasa planet Caladan. Ia dan keluarganya harus melakukan perjalanan ke planet paling berbahaya di alam semesta untuk memastikan masa depan keluarga dan rakyatnya. Sang ayah, Letto Atraides (Oscar Isaac) yang pertama kali mengajak mereka pergi ke planet Arrakis yang menyimpan aset paling berharga bagi umat manusia.

https://www.youtube.com/embed/8g18jFHCLXk

Di perjalanan, mereka harus berhadapan dengan cacing pasir raksasa dan pertempuran. Situasi semakin rumit saat keluarga Atreides mendapat penghianatan mengerikan. Beberapa anggota keluarga Atreides yang tersisa bergabung dengan kelopok orang asli Arrakis, Fremen, dan berusaha membalaskan dendamnya.

Di sana, Paul bertemu dengan Chani (Zendaya) yang membantunya belajar tentang kemampuan psikisnya. Apakah Paul dan keluarganya bisa selamat dan berakhir bahagia? Silahkan ditonton, ya, Bela.

5. The Martian (2015)

https://www.youtube.com/embed/Ue4PCI0NamI

Film sci-fi lainnya yang tak kalah menarik adalah The Martian yang rilis pada 2015 silam. Film yang dibintangi Matt Damon ini mengisahkan seorang astronaut, Mark Watney (Matt Damon) yang diduga tewas di planet Mars oleh rekan-rekannya akibat badai dahsyat.

Ia pun ditinggal seorang diri di planet Mars yang gersang. Dengan perbekalan yang tersisa, ia berusaha bertahan hidup dan mengirim sinyal ke bumi bahwa ia masih hidup. Sementara itu, di Bumi, anggota NASA dan tim ilmuwan internasional bekerja tanpa lelah untuk membawanya pulang. Mereka harus hati-hati dan teliti dalam misi tersebut supaya tidak gagal. Lantas berhasilkah Mark pulang ke bumi?

6. Trilogi Planet of the Apes (2011)

https://www.youtube.com/embed/T3tidwW1gGM

Cukup menegangkan tapi juga mengharukan, Rise of the Planet of the Apes mengambil kisah sci-fi tentang Will Rodman (James Franco) dan kera jeniusnya. Will merupakan seorang ilmuwan di San Francisco, ia sedang bereksperimen dengan obat yang ia harap dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer ayahnya (John Lithgow).

Setelah pekerjaannya dianggap gagal, Will menjadi penjaga Caesar, bayi simpanse yang terpapar obat Will di dalam rahim. Caesar menampilkan kecerdasan yang tidak biasa, dan Will memutuskan untuk melanjutkan eksperimennya secara diam-diam. Tetapi ketika kecerdasan dan kemampuan Caesar tumbuh, dia malah menjadi ancaman bagi manusia di bumi.

Selain 'Interstellar', Ini 7 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaikimdb.com

Rise of the Planet of the Apes menjadi film pertama dari trilogi film pertikaian antara koloni kera cerdas dan koloni manusia ini. Cerita Caesar dilanjutkan pada Dawn of the Planet of the Apes (2014) dan terakhir peperangan epik di War for the Planet of the Apes (2017).

7. Moon (2009)

https://www.youtube.com/embed/WWoDBcSW4_c

Berbeda dengan sci-fi yang banyak menampilkan CGI, genre drama dan psikologi juga turut memberi warna pada cerita film Moon. Ceritanya mengikuti kisah Sam Bell (Sam Rockwell), astronot yang bertugas di bulan selama tiga tahun.

Tugasnya di tambang bulan akhirnya akan segera berakhir, dan dia menantikan momen berkumpul bersama dengan istrinya (Dominique McElligott) dan putrinya yang masih kecil. Tapi, tiba-tiba kesehatan Sam memburuk secara drastis.

Dia menderita sakit kepala dan halusinasi yang menyakitkan, dan hampir mengalami kecelakaan fatal. Dia bertemu dengan apa yang tampak sebagai versi dirinya yang lebih muda, yang mungkin tiruan. Dengan waktu yang hampir habis, Sam harus memecahkan misteri sebelum kru perusahaan tiba menjemputnya.

Itulah 7 rekomendasi film sci-fi terbaik yang wajib masuk watchlist-mu. Kira-kira mana yang belum kamu tonton, Bela?

Baca Juga: Jadi Inspirasi, Ini 8 Rekomendasi Film & Serial Seputar Dunia Kuliner

Baca Juga: 10 Film Korea Box Office Dengan Pendapatan Tertinggi Pertengahan 2022

Baca Juga: 10 Daftar Film Netflix Terbaik Paruh Pertama 2022, Pilihan Popbela