Sempat mendapat celaan beberapa tahun lalu, siapa yang menduga pada akhirnya aplikasi TikTok malah naik daun dalam dua tahun ini, sehingga mendapat saingan baru berupa Reels rilisan Instagram?

Media sosial satu ini menjadi teman dan wadah berkreasi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan banyak dijadikan saluran promosi oleh UMKM hingga perusahaan besar. Hl ini termasuk rilisan musik. Setiap musik yang dijadikan backsound memiliki tema kontennya tersendiri, entah itu tarian, challenge, hal-hal lucu, momen-momen tertentu dan lainnya. Bahkan kini hadir dj TikTok yang me-remix lagu-lagu yang populer.

Lagu-lagu TikTok populer membantu video menjadi viral di platform dan mendapatkan tempat yang didambakan, yaitu di halaman For You (FYP). Tahun lalu kita punya “Play Date”, “Figurinha”, “Copines”, dan lainnya. Kini Popbela telah merangkum 20 kumpulan lagu TikTok viral terbaru dan populer di tahun 2021, yang banyak dijadikan backsound atau lewat FYP mu.

1. "Stay" - The Kid LAROI, Justin Bieber

https://www.youtube.com/embed/kTJczUoc26U

Rilis pada 9 Juli 2021 lalu, lagu The Kid LAROI featuring Justin Bieber ini langsung populer dan banyak dipakai oleh para pengguna TikTok. Ada sekitar 6 juta video yang memakai lagu “Stay” sebagai backsound video mereka. Sebulan belakangan, "Stay" menjadi lagu TikTok barat 2021 yang paling sering digunakan, baik untuk konten jalan-jalan, foto-foto bersama sahabat, atau ekspresi kegembiraan saat mendengarkan musik dengan angle berputar.

2. "Build a B*tch" - Bella Poarch

https://www.youtube.com/embed/FLGCGc7sAUw

Lagu viral satu ini milik seleb TikTok sendiri, Bella Poarch. Terkenal dengan video lipsync-nya, Bela akhirnya terjun langsung ke industri musik dan menelurkan single “Build a B*tch” pada 14 Mei 2021. Kini telah ada sekitar 4,1 juta video yang menggunakan lagu latar “Build a B*tch”.

3. "Leave the Door Open" – Bruno Mars, Anderson .Paak, Silk Sonic

https://www.youtube.com/embed/adLGHcj_fmA

“What you doing? (What you doing?) Where you at? (Where you at?) Oh, you got plans?”

Siapa yang bacanya sambil nyanyi? Ya, lagu Bruno Mars satu ini memang hit banget karena lirik dan nadanya yang ear-catching alias ramah di telinga. Di TikTok sendiri ada dua versi lagu dengan durasi 30 detik dan satu menit. Ada sekitar 1,7 juta video dengan latar lagu ini. Kamu salah satunya yang ikut trennya, nggak, nih?

4. "Edamame" - bbno$ & Rich Brian

https://www.youtube.com/embed/K6BRna4_bmg

Menggaet Rich Brian, bbno$ sukses merilis lagu yang viral di TikTok. Lagu yang diambil dari salah satu jenis kacang ini sangat catchy. Fleksibel untuk konten aktivitas hingga video lucu, hingga challenge dengan filter catch me menjadikan lagu ini makin banyak digunakan menjadi lagu latar.

5. "It's Only Me" - Kaleb J

https://www.youtube.com/embed/76ptEG7WxSA

Lagu sendu dengan lirik yang menyentuh hati, membuat lagu ini banyak digandrungi akhir-akhir ini. Dirilis awal 2021 lalu, “It’s Only Me” dari Kaleb Jonathan atau Kaleb J berkumandang di mana-mana. Lagu dua bahasa yang dibawakan penyanyi jebolan The Voice Indonesia 2019 tersebut, juga berhasil menjadi salah satu yang menduduki peringkat atas di tangga lagu Spotify. Kontennya di TikTok pun tak jauh dari video atau tentang cinta bertepuk sebelah tangan.

6. "Know Me Too Well" - New Hope Club, Danna Paola

https://www.youtube.com/embed/edsx_MOhVnk

Meski sudah dirilis dari 2019 lalu, “Know Me Too Well” dari New Hope Club mencapai kepopulerannya di tahun 2021 ini. Enak untuk dinyanyikan dan memiliki vibes santai, ternyata lagu ini sebenarnya menceritakan seseorang yang belum bisa move on alias berpaling dari mantan kekasihnya setelah sekian lama. Ayo, siapa yang nyanyinya dengan penuh penghayatan?

7. "Levitating" - Dua Lipa ft. DaBaby

https://www.youtube.com/embed/TUVcZfQe-Kw

Mulai dari challenge lipsync hingga tipe pasangan favorit, lagu ini banyak digunakan untuk lagu latar di TikTok tahun 2021 ini. Musiknya yang easy listening membuat lagu Dua Lipa ft. Dababy ini sudah digunakan oleh lebih dari 1,4 juta video secara keseluruhan jika dijumlah dengan berbagai potongan lagunya. Tak hanya di TikTok, di Instagram dan YouTube pun lagu ini juga populer.

8. "Beggin" - Maneskin

https://www.youtube.com/embed/id6l1nMqpvc

Daftar lagu viral TikTok 2021 tak afdol jika tak ada “Beggin”. Dipopulerkan band asal Italia, Maneskin, fakta menariknya, lagu ini pernah digunakan dalam film dance Step Up 3 pada 2004 pada saat pertandingan menari. Kamu sudah tahu belum? Kini lebih dari 10,6  juta video menggunakan lagu ini di TikTok.

9. "Please Don't Go" - Mike Posner

https://www.youtube.com/embed/HpixdTlYlKU

Lagu "Please Don't Go" oleh Mike Posner kembali berjaya di 2021. Lagu ini banyak dijadikan lagu latar untuk video transisi dari tempat satu ke tempat lainnya, sebagai konten liburan dan lainnya. Sudah ada lebih dari 739 ribu video dengan lagu ini sebagai backsound-nya.

10. "Here's Your Perfect" - Jamie Miller

https://www.youtube.com/embed/cRi-x2r88no

"I'm the first to say that I'm not perfect, and you're the first to say you want the best thing~"

Siapa yang nyanyi lagi saat baca liriknya? Lagu Jamie Miller ini memang candu banget, ya, Bela. Banyak video galau atau potongan adegan drakor yang sedih bertebaran di TikTok dengan lagu ini. Bahkan banyak orang yang sudah meng-cover lagunya.

11. "Good 4 U" - Olivia Rodrigo

https://www.youtube.com/embed/gNi_6U5Pm_o

Meski terdengar ceria, "Good 4 U" mengisahkan kekecewaan terhadap sang mantan yang bisa move on begitu cepat. Single ini menjadi satu dari sekian banyak lagu Olivia Rodrigo yang disukai orang dan telah ada 2,6 juta video dengan lagu ini di TikTok. Lagu ini juga banyak diperdengarkan di beberapa media sosial lainnya.

12. "deja vu" – Olivia Rodrigo

https://www.youtube.com/embed/cii6ruuycQA

Masih dari penyanyi favorit gen Z, "deja vu" menjadi lagu lain yang populer dari dari Olivia Rodrigo, dan sudah hadir dalam 1,6 juta video di TikTok. Masih tentang mantan dan pacar barunya, lagu ini populer di TikTok untuk menyindir keduanya.

13. "Happier" – Olivia Rodrigo

https://www.youtube.com/embed/ZQFmRXgeR-s

2021 seperti memang tahunnya Olivia, lagunya yang berjudul "Happier" juga viral dan banyak dijadikan lagu latar untuk memberi pesan kepada mantan. Bahkan kala itu ada yang membuat versi laki-lakinya sebagai balasan dari lagu ini.

14. "Watermelon Sugar" - Harry Style

https://www.youtube.com/embed/E07s5ZYygMg

“Watermelon Sugar” dari Harry Style banyak didengar di TikTok dan ada lebih dari 1,4 juta video dengan lagu ini. Versi mashed-up-nya dengan lagu berjudul "Seaside" milik SEB juga tak kalah populer yang sering tampil dengan konten transformasi wajah, dari foto zaman muda para orangtua pemilik akun yang ‘wah’, bermasker sampai tak bermasker atau tidak pakai makeup sampai memakai makeup.

15. "What is Love" - Twice

https://www.youtube.com/embed/i0p1bmr0EmE

Lagu ini pasti pernah lewat FYP kamu, setidaknya dua kali video dengan lagu satu ini, atau mungkin kamu telah ikut dance challenge-nya. “What is Love" dari Twice memang sangat ear catching. Memiliki nuasa ceria dan gerakannya pun mudah, hal itulah yang membuatnya semakin laris menghiasi TikTok 2021 ini. Tak hanya perempuan, laki-laki hingga orang dewasa pun ikut menarikan lagu ini.

16. "After School" - Weekly

https://www.youtube.com/embed/qfVuRQX0ydQ

Selain “What is Love”, “After School” dari Weekly ini juga hadir dalam daftar lagu viral TikTok 2021. Bertempo cepat dengan dance-nya yang khas, membuat banyak orang mulai dari perempuan, laki-laki, anak-anak hingga ibu-ibu atau bapak-bapak, turut meng-cover tarian dari lagu ini. Tak heran, girl group K-Pop satu ini memang sangat populer dan melejit seusai debutnya.

17. "Mendung Tanpo Udan" - Ndarboy Genk

https://www.youtube.com/embed/jeccjxIgBJ0

“Mendung Tanpo Udan” yang dibawakan oleh Ndarboy Genk viral di TikTok lengkap dengan koreografinya. Tarian dan lagu berbahasa Jawa ini sudah banyak dibuat ulang oleh para kreator TikTok. Meski liriknya punya arti yang sedih, namun banyak yang berjoget dengan enerjik dan telah menghasilkan 44,7 ribu video di TikTok.

18. "Woman" – Doja Cat

https://www.youtube.com/embed/2V_uAAAH-_Q

Dirilis 25 Juni 2021, lagu “Woman” dari Doja Cat menjadi salah satu lagu yang mungkin terekam dan terngiang di kepalamu. Musik rap-nya juga langsung menarik perhatian dan melekat di kepala.

19. "Hair" – Little Mix

https://www.youtube.com/embed/kgUpRwMeRr4

Masih panas, lagu “Hair” Little Mix kembali viral dengan tariannya yang khas yang dibuat bersama pasangan, teman atau bahkan keluarga. “Hair” sendiri sudah dirilis pada 2015 lalu dan kini sudah 53 ribu video yang turut memakai lagu ini.

20. "Life Goes On" – Oliver Tree

https://www.youtube.com/embed/8F2s8ivKXNY

Bertebaran dengan 2,4 juta video di TikTok, "Life Goes On" menjadi salah satu dari daftar lagu viral Tik Tok terbaru 2021. Lagu ini hadir dengan beberapa durasi dan semuanya dicap populer oleh TikTok. Kontennya pun dibuat dengan berbagai tema. Lagunya dan liriknya yang easy listening menjadikan lagu Oliver Tree satu ini paling populer. Kalau kamu pernah, nggak pakai lagu ini?

Itulah deretan lagu viral dan populer terbaru 2021 di TikTok yang banyak dijadikan backsound. Kamu pernah pakai yang mana saja, nih, Bela?

Baca Juga: 13 TikTok Challenge: Kiss Your Pet, yang Bikin Ngakak Pol!

Baca Juga: Nostalgia, Yuk! 22 Meme Ini Paling Viral di Tahun 2020 Lalu

Baca Juga: Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Di HP, Laptop dan PC