Salah satu aktor kebanggaan Korea Selatan, Yoo Ah In berulang tahun pada 6 Oktober ini. Bernama lahir Uhm Hong-sik, Ia tepatnya lahir pada 6 Oktober 1986. Sebagai salah satu profesional yang berkecimpung di industri hiburan, Yoo Ah In dikenal sebagai aktor, direktur kreatif, dan galeris Korea Selatan.

Ia telah banyak membintangi drama dan film dengan telah menekuni banyak karakter, yang beberapa di antaranya sangat ikonik. Drama dan film latar kerajaan, dunia modern, hingga fantasi telah ia coba. Bahkan banyak penghargaan yang telah ia terima atas karya-karyanya itu.

Nah, berikut ini Popbela telah merangkum 12 rekomendasi drama dan film yang dimainkan Yoo Ah In yang wajib kamu tonton.

1. Veteran (2015)

Ulang Tahun, Ini 11 KDrama & Film Yoo Ah In yang Wajib Kamu Tontonpinterest.com

Film ini sangat hit di Korea Selatan dengan berbagai line-nya yang ikonik. Akting Yoo Ah In sendiri yang paling ikonik adalah Ketika ia mengucapkan “ini konyol” dengan mimik wajahnya yang sangat khas dan berkharisma. Line ini banyak diparodikan para selebritas di acara variety Korea Selatan.

https://www.youtube.com/embed/MBj0HOLVQt8

Veteran sendiri bercerita tentang detektif yang tengah memburu seorang pecandu narkoba yang selalu berhasil lolos dari penyelidikan karena pengaruh koneksi dan kekayaannya. Yoo Ah In memerankan karakter seorang jutawan arogan bernama Jo Tae Oh.

2. The Throne (2015)

https://www.youtube.com/embed/3vdnCtS0qUo

Film Yoo Ah In kali ini mengambil latar sejarah lampau pada masa pemerintahan Raja Yeongjo dari Dinasti Joseon. Dalam film The Throne, Yoo Ah In berperan sebagai Putra Mahkota Sado yang mendapat banyak tuntutan untuk menjadi putra mahkota yang sempurna dari sang ayah. Namun, hal itu membuat Putra Mahkota Sado merasa tertekan, sehingga menyebabkan ia salah memilih jalan.

3. Likes for likes (2016)

https://www.youtube.com/embed/DLzZHwUG0Bc

Bergenre komedi romantis, film satu ini menggambarkan bagaimana pengaruh media sosial terhadap percintaan seseorang. Ada tiga pasangan dengan cerita cinta masing-masing yang akhirnya bertemu secara tidak sengaja.

Dalam film ini, Yoo Ah In berperan sebagai Jin Woo, seorang aktor terkenal yang baru saja selesai dari wajib militer. Ia bertemu lagi dengan seorang penulis skenario bernama Jo Gyung A yang sebelumnya pernah terlibat cinta satu malam dengannya. Namun, saat itu Gyung A membawa seorang anak kecil. Jin Woo pun overthinking dan ingin menyelidiki identitas anak itu.

4. Burning (2018)

https://www.youtube.com/embed/wi6Kw7V8gXk

Film Yoo Ah In satu ini tayang perdana di Festival Film Cannes dan rilis di Korea Selatan pada 17 Mei 2018. Dalam Burning, Yoo Ah In berperan sebagai Jong Soo, pemuda yang bermimpi untuk menjadi seorang penulis. Demi memenuhi kebutuhan hidup ia pun bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan distribusi.

Ia bertemu dengan teman lamanya, Shin Hae Mi, dan jatuh cinta padanya. Namun, Hae Mi akan segera pergi ke Afrika untuk bertemu suku Bushman. Sayangnya, saat bertemu kembali, Hae Mi mengajak Ben (Steven Yeun), seorang pria kaya yang ditemui Hae Mi saat terjebak di bandara Kenya.

Sejak saat itu mereka jadi sering bertemu. Bahkan Ben juga ke kampung halaman Jong Su di Paju dan banyak bercerita. Ben mengungkapkan hobi anehnya yang kemudian gagal dipahami Jong Su. Hingga suatu hari, Jong Su dibuat kebingungan setelah Hae Mi tiba-tiba menghilang. Apa yang sebenarnya terjadi?

5. Default (2018)

https://www.youtube.com/embed/-6sfNHmHG1Y

Masih di tahun yang sama dengan Burning, Default rilis pada 28 November 2018. Default menceritakan tentang proses negosiasi dari International Monetary Fund (IMF) kepada Korea Selatan saat terjadinya krisis ekonomi di tahun 1997.

Penonton akan dibawa ke masa-masa tegang dan krisis pada tahun itu. Ada tiga latar belakang yang berbeda yaitu seorang manager atas kebijakan moneter, seorang konsultan keuangan, dan seorang kepala keluarga yang menyayangi keluarganya.

Yoo Ah In sendiri berperan sebagai Yun Jeong Hak, seorang mantan bankir yang mencoba menggunakan krisis ekonomi sebagai peluang bisnisnya.

6. #Alive (2020)

https://www.youtube.com/embed/jQ8CCg1tOqc

Bertema zombie, dalam #Alive, Yoo Ah In beradu akting dengan aktris papan atas Park Shin Hye. Di film yang dirilis pada 24 Juni 2020 ini, Yoo Ah In memerankan sosok gamer bernama Oh Joon Woo, di mana harus bertahan hidup dari para zombie. Bersama kim Yubin (Park Shin Hye), Oh Joon Woo harus untuk selamat dan bertahan hidup dengan memanfaatkan peralatan serta kemampuan mereka yang seadanya.

7. Sungkyunkwan Scandal (2010)

Ulang Tahun, Ini 11 KDrama & Film Yoo Ah In yang Wajib Kamu Tontonasianaddictsanonymous.com

Bertabur bintang, drama jadul satu ini cukup laris kala itu. Sungkyunkwan Scandal tak hanya dibintangi Yoo Ah In tapi juga Song Joongki, Park Minyoung, dan Park Yoo Chun. Yoo Ah In berperan sebagai Moon Jae Shin, putra dari politisi yang sangat ceroboh dan sering terlibat dalam masalah.

Ia bertemu dengan Kim Yun Hee (Park Min Young) yang harus menyamar sebagai laki-laki untuk menggantikan adiknya yang sakit untuk mengikuti ujian nasional. Ia pun jatuh cinta pada Yun Hee dan berusaha menjaga agar identitas asli Yun Hee tidak terbongkar.

8. Fashion King (2012)

Ulang Tahun, Ini 11 KDrama & Film Yoo Ah In yang Wajib Kamu Tontonasianwiki.com

Bertemakan fashion sesuai judulnya, Fashion King, Yoo Ah In diceritakan berperan sebagai calon desainer muda bernama Kang Young-gul yang tidak memiliki apa-apa dan memulai bisnis mode sebagai vendor di Pasar Dongdaemun. Dalam drama ini ia dipasangkan dengan aktris Shin Se-kyung yang berperan sebagai Lee Ga-young, gadis yatim piatu yang cerdas yang memiliki bakat merancang busana.

Ia menjadi membawa harapan dan masa depan bagi Young-gul. Keduanya pun akhirnya saling jatuh cinta dalam diam, hingga akhirnya datanglah Jung Jae-hyuk (Lee Je-hoon), chaebol generasi kedua di sebuah perusahaan besar yang bergiat dalam bidang konstruksi dan distribusi fashion yang juga jatuh cinta pada Ga-young.

9. Jang Ok-jung, Living by Love (2013)

Ulang Tahun, Ini 11 KDrama & Film Yoo Ah In yang Wajib Kamu Tontonviki.com

Beradu peran bersama Kim Tae Hee, Yoo Ah In dalam drama ini berperan sebagai Lee Soon (Raja Sukjong). Suk Jong sangat mencintai Jang Ok Jung (Kim Tae Hee), selirnya. Raja Suk Jong juga yang mengangkat derajat Ok Jung dari seorang pelayan istana bagian penjahit hingga menjadi dayang dan naik menjadi selir.

Karna cinta Raja yang amat kepada Ok Jung, menjadikan Ok Jung sebagai musuh bagi Ibu Suri Myeongseong, Permaisuri In Hyeon, dan Partai Barat yang dipimpin oleh Min Yoo Joong, ayah Permaisuri In Hyeon. Hingga suatu kali, Ok Jung dituduh sebagai pemimpin upacara ritual yang menewaskan Permaisuri In Hyeon. Bagaimana akhir kisah cinta mereka? Mampukah Suk Jong membersihkan nama Ok Jung?

10. Six Flying Dragons (2015)

Ulang Tahun, Ini 11 KDrama & Film Yoo Ah In yang Wajib Kamu Tontonasianwiki.com

Berlatar masa-masa surutnya Dinasti Goryeo, drama ini menggambarkan kehidupan dan aspirasi enam karakter dalam membangun negara baru bernama Joseon. Cerita ini mengikuti konflik ‘enam naga terbang’ dengan kekuatan yang tertanam pada diri mereka, ketika mereka berusaha untuk mewujudkan mimpi yang mereka semua bagikan dari sebuah negara baru yang didirikan berdasarkan prinsip-prinsip Konfusian, yang pada akhirnya akan bertahan lama, selama 500 tahun.

Tentunya film ini tidak jauh dari perebutan kekuasaan dan perang untuk mendapat posisi tertinggi dinasti Joseon. Yoo Ah In bermain sebagai Yi Bang Won yang kembali dipasangkan dengan aktris Shin Se Kyung yang berperan sebagai Boon Yi.

11. Chicago Typewriter (2017)

https://www.youtube.com/embed/iaH0NI3ceZI

Ingin berakting sebagai penulis, mimpi Yoo Ah In akhirnya terwujud dalam drama ini. Chicago Typewriter sendiri berkisah Yoo Ah In sebagai seorang penulis populer yang menginginkan sebuah mesin tik kuno. Sempat tak bisa mendapatkannya, namun akhirnya ia dikirimkan mesin tik kuno itu ke rumahnya.

Keanehan mulai timbul saat Se Joo memiliki mesin tik tersebut. Keanehan juga tak hanya dirasakan oleh Se Joo tapi juga Jun Seol, sang pengantar paket sekaligus penggemar Se Joo. Ia menemukan fakta bahwa dirinya merupakan salah satu pejuang di masa penjajahan Jepang atas Korea.

Itulah 11 daftar drama dan film yang dibintangi Yoo Ah In yang wajib kamu tonton sekaligus untuk merayakan hari ulang tahun Yoo Ah In. Bekal tontonan weekend, nih!

Baca Juga: 9 Potret Persahabatan Song Hye Kyo dan Yoo Ah In yang Bikin Baper

Baca Juga: Ada Han So Hee, Ini 6 Rekomendasi Drama Korea Rilis Oktober 2021 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Komedi Ringan Hanya 30 Menit per Episode