Tata surya dan luar angkasa punya banyak hal menarik untuk diketahui, bahkan mereka masih menyimpan banyak rahasia. Tak terkecuali pada planet-planet indah yang terdapat di dalamnya. Seperti yang kita tahu, ada 8 planet dalam gugusan tata surya.

Seringkali kita menghafal mereka berdasarkan urutan mereka dari matahari. Nah, kali ini Popbela akan berikan urutan planet dari yang terbesar hingga terkecil, termasuk Jupiter yang berada di urutan pertama.

1. Jupiter

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Si planet terbesar di tata surya ini berukuran 69,911 km yang mana 1,120% lebih besar dari bumi atau dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lain, menurut NASA. Jupiter adalah planet ke lima dari matahari di tata surya.

Jupiter berputar sekali setiap 10 jam, tetapi membutuhkan waktu sekitar 12 tahun Bumi untuk menyelesaikan satu orbit Matahari. Jupiter adalah raksasa gas dan tidak memiliki permukaan seperti Bumi.

Atmosfer Jupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen (H2) dan helium (He). Jupiter memiliki Bintik Merah Besar Jupiter, yaitu badai raksasa yang berukuran sekitar dua kali ukuran Bumi dan telah mengamuk selama lebih dari satu abad.

2. Saturnus

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Di urutan ke dua ada Saturnus dengan ukuran 58,232 km. Saturnus adalah planet ke enam dari Matahari. Dihiasi dengan ribuan cincin indah, Saturnus unik di antara planet-planet. Meski bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin, tetapi tidak ada yang spektakuler atau serumit Saturnus. Cincin Saturnus terbuat dari es dan batu.

Seperti Jupiter yang merupakan sesama raksasa gas, Saturnus adalah bola besar yang sebagian besar terbuat dari hidrogen dan helium. Saturnus memiliki 53 Bulan yang diketahui dengan 29 Bulan tambahan yang menunggu konfirmasi penemuannya, dan totalnya adalah 82 Bulan.

3. Uranus

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Uranus memiliki ukuran 25,362 km atau 400% dari ukuran bumi. Uranus adalah planet ke tujuh dari Matahari dan planet pertama yang ditemukan dengan bantuan teleskop. Uranus ditemukan pada tahun 1781 oleh astronom William Herschel, meskipun dia awalnya mengira itu adalah komet atau bintang.

Dua tahun kemudian objek itu diterima secara universal sebagai planet baru, sebagian karena pengamatan astronom Johann Elert Bode. Uranus adalah raksasa es. Sebagian besar massanya adalah cairan panas dan padat dari bahan "es" - air, metana, dan amonia - di atas inti berbatu kecil.

Uranus memiliki atmosfer yang sebagian besar terdiri dari hidrogen molekuler dan helium atom, dengan sejumlah kecil metana. Uranus memiliki 27 bulan yang diketahui, dan mereka dinamai sesuai karakter dari karya William Shakespeare dan Alexander Pope.

Uranus juga memiliki 13 cincin yang diketahui. Cincin bagian dalam sempit dan gelap, sementara cincin luar berwarna cerah. Uranus berotasi dari timur ke barat. Tapi Uranus unik karena berputar di sisinya.

4. Neptunus

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Gelap, dingin, dan diterpa angin supersonik, raksasa es Neptunus adalah planet ke delapan dan terjauh di tata surya kita. Ia memiliki ukuran 24,622 km dan lebih dari 30 kali lebih jauh dari Matahari dari Bumi.

Neptunus adalah satu-satunya planet di tata surya kita yang tidak terlihat dengan mata telanjang dan yang pertama diprediksi oleh matematika sebelum ditemukan. Pada tahun 2011 Neptunus menyelesaikan orbit pertamanya selama 165 tahun sejak ditemukan pada tahun 1846. Neptunus memiliki 14 bulan yang dikenal yang dinamai dewa laut dan nimfa dalam mitologi Yunani.

5. Bumi

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga Terkecilwikipedia.com

Bumi berada di urutan ke lima dengan ukuran 6,371 km. Bumi menjadi satu satunya tempat yang kita ketahui sejauh ini yang dihuni oleh makhluk hidup. Bumi adalah satu-satunya dunia di tata surya kita dengan air cair di permukaan dan yang semuanya terbuat dari batu dan logam.

Nama Bumi setidaknya berusia 1.000 tahun. Semua planet, kecuali Bumi, dinamai menurut dewa dan dewi Yunani dan Romawi. Namun, nama Bumi adalah kata Jermanik, yang berarti "tanah". Atmosfer bumi terdiri dari 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan 1 persen bahan lainnya, menjadikannya keseimbangan sempurna untuk bernapas dan hidup.

6. Venus

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Venus hanya sedikit lebih kecil dari bumi dengan ukuran 6,052 km. Venus dikenal sebagai planet terestrial (atau berbatu), dan sering disebut kembaran Bumi karena ukuran dan kepadatannya serupa.

Venus memiliki atmosfer tebal dan beracun yang diisi dengan karbon dioksida dan selalu diselimuti awan tebal asam sulfat kekuningan yang memerangkap panas, menyebabkan efek rumah kaca yang tak terkendali.

Ini adalah planet terpanas di tata surya kita, meskipun Merkurius lebih dekat dengan Matahari. Suhu permukaan di Venus sekitar 900 derajat Fahrenheit (475 derajat Celcius). Permukaannya berwarna berkarat dan dibumbui dengan pegunungan yang sangat berderak dan ribuan gunung berapi besar. Para ilmuwan berpikir mungkin beberapa gunung berapi masih aktif.

Perbedaan besar lainnya dari Bumi, Venus berputar pada porosnya ke belakang, dibandingkan dengan sebagian besar planet lain di tata surya. Artinya, di Venus, Matahari terbit di barat dan terbenam di timur, berlawanan dengan apa yang kita alami di Bumi.

7. Mars

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Mars adalah planet ke empat dari Matahari dan berukuran 3,390 km. Ini adalah dunia yang berdebu, dingin, dan gurun dengan atmosfer yang sangat tipis. Mars juga merupakan planet yang dinamis dengan musim, lapisan es kutub, ngarai, gunung berapi yang sudah punah.

Mars adalah salah satu planet yang paling banyak dieksplorasi di tata surya kita, dan satu-satunya planet di mana Nasa mengirim penjelajah untuk menjelajahi lanskap alien. Mars memiliki atmosfer tipis yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida (CO 2 ), argon (Ar), nitrogen (N 2 ), dan sejumlah kecil oksigen dan uap air.

Mars memiliki dua bulan bernama Phobos dan Deimos. Mars juga dikenal sebagai Planet Merah karena mineral besi di tanah Mars teroksidasi, atau berkarat, menyebabkan tanah dan atmosfer terlihat merah.

8. Merkurius

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilNASA

Planet yang terdekat dengan Matahari ini ternyata yang paling kecil dari planet lainnya, lho Bela. Ukurannya yaitu 2,440 km dan merupakan planet tercepat di tata surya kita yang bergerak di luar angkasa dengan kecepatan hampir 47 kilometer per detik.

Dari permukaan Merkurius, Matahari akan tampak lebih dari tiga kali lipat jika dilihat dari Bumi, dan sinar matahari akan tujuh kali lebih terang. Terlepas dari kedekatannya dengan Matahari, Merkurius bukanlah planet terpanas di tata surya kita.

Karena orbit Merkurius yang elips – berbentuk telur – dan rotasi yang lamban, Matahari tampak terbit sebentar, terbenam, dan terbit lagi dari beberapa bagian permukaan planet. Hal yang sama terjadi secara terbalik saat matahari terbenam.

Merkurius adalah planet berbatu, juga dikenal sebagai planet terestrial. Merkurius memiliki permukaan yang padat dan berkawah. Atmosfer tipis Merkurius, atau eksosfer, sebagian besar terdiri dari oksigen (O2), natrium (Na), hidrogen (H2), helium (He), dan kalium (K).

Jupiter di Posisi Pertama, Ini Urutan Planet Terbesar Hingga TerkecilANDRZEJ WOJCICKI/SCIENCE PHOTO LIBRARY via Getty Images

Itulah urutan planet terbesar hingga terkecil di tata surya dari Jupiter hingga Merkurius.

Baca Juga: 5 Planet Akan Sejajar 24 Juni Besok, Ini Cara Terbaik Untuk Lihat

Baca Juga: Sama-sama bersinar di langit, ini Perbedaan Planet dan Bintang

Baca Juga: 5 Fenomena Alam Mengerikan yang Sempat Nyaris Memusnahkan Dunia