Serial ketiga dari Marvel Cinematic Universe (MCU), Loki resmi rilis hari ini (9/6/2021) di layanan streaming Disney+. Dua serial sebelumnya, WandaVision dan Falcon & Winter Soldier telah lebih dulu tayang dan mendapat antusias dari para pecinta Marvel.

Di serial ini, sang antagonis yang merupakan saudara Thor tersebut, diberi kesempatan untuk memiliki kisahnya sendiri. Serial ini akan mengisahkan kehidupan Loki setelah melarikan diri dari Avengers dalam film Avengers: Endgame (2018). Tesseract yang tak sengaja jatuh dan mengarah ke kakinya itu ia gunakan untuk melakukan perjalanan menembus ruang dan waktu.

Berikut ada 7 fakta menarik dari serial Loki yang patut kamu ketahui!

1. Serial ketiga MCU sekaligus serial villain pertama

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!twitter.com/LokiOfficial

Dua serial sebelumnya mengangkat kisah dua pahlawan Marvel, namun berbeda dengan serial ketiga ini. Kali ini, yang menjadi pusat cerita adalah sang dewa licik, Loki, salah satu tokoh antagonis dalam Marvel Cinematic Universe.

Karakter yang diperankan Tom Hiddleston ini, memang ditampilkan sebagai sosok kontra sejak muncul pertama kali dalam film Thor (2011). Karakter tersebut berlanjut hingga ke film-film lain di MCU meski pernah tampil sebagai pahlawan.

2. Loki sudah mati dan ada ‘varian’ baru

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!youtube.com/MarvelStudios

Dalam film Avengers: Infinity War (2018), Loki diceritakan telah mati setelah berusaha membunuh Thanos. Maka itu, Loki di serial ini merupakan karakter baru. Loki sempat kembali muncul dalam film Avengers: Endgame (2019) saat Avengers melakukan perjalanan waktu ke masa lalu.

Saat itulah diperlihatkan Loki menggunakan Tesseract untuk melarikan diri. Dari situlah muncul karakter baru sebagai salah satu "variasi" Loki yang tercipta karena masalah bercabangnya waktu.

3. Multiverse jadi tajuk utama

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!twitter.com/LokiOfficial

Seperti penjelasan sebelumnya, Loki di sini adalah ‘variasi’ dari Loki asli yang di alur cerita utama sudah mati dibunuh Thanos. Sang ‘variasi’ Loki ini muncul setelah Loki berhasil kabur melewati waktu sehingga menghasilkan alur bercabang.

Karena itu, tajuk utama dari serial ini adalah Multiverse yang tercipta karena bercabangnya alur waktu. Serial ini juga menjadi serial dan film pertama di MCU yang benar-benar menyebut ‘Multiverse’.

4. Munculnya organisasi baru TVA

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!twitter.com/ashes_ana

Di serial ini kamu akan menemukan organisasi baru, yaitu TVA. Organisasi ini menjaga sekaligus mengelola multi-semesta dari ancaman yang bisa membahayakan seluruh realitas yang ada.

Saat Loki berhasil kabur saat itu, ia tidak langsung menjadi bebas dan bisa kembali melangsungkan kejahatannya. Loki tertangkap TVA dalam perjalanannya yang menembus ruang dan waktu menciptakan realitas alternatif.

5. Gender yang tak pasti dan berjuang untuk menemukannya

Terlepas dari apa dan siapa yang akan ia hadapi nantinya, yang pasti Loki harus menyelesaikan masalah tentang dirinya sendiri. Ia harus mengatasi masalah "variasi" dari dirinya, di mana muncul rumor lady Loki.

Seperti yang terlihat dalam video promo yang diunggah pada akun Twitter @LokiOfficial. Meski ditampilkan sebagai laki-laki dalam film-film MCU, gender Loki dalam serial kali ini tidak pasti. Pada akhir video itu terlihat biodata Loki yang dimiliki TVA, kemudian pada kolom sex atau gender tertulis 'fluid ' yang berarti tidak pasti.

6. Mengunjungi peristiwa sejarah di bumi

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!twitter.com/DiscussingFilm

Dalam serial, Loki ditugaskan untuk menyelesaikan masalah yang ia sebabkan dan melakukan perjalanan ruang dan waktu. Ia akan mengunjungi momen bersejarah di bumi salah satunya yang terlihat dalam trailer.

Dalam cuplikan tersebut, terlihat Loki berada di sebuah kota Romawi kuno yang dilanda bencana. Sebagaimana melansir dari The Direct, kota tersebut adalah Pompeii pada tahun 79 Masehi. Kala itu Gunung Vesuvius meletus dan memporakporandakan Pompeii.

7. Miliki 6 episode dan kemungkinan season 2

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!twitter.com/mrimaximoff

Seperti yang telah dikonfirmasi, serial keriga MCU ini akan memiliki 6 episode. Satu episode berdurasi sekitar 50 menit. Meski sama sama merupakan serial pendek seperti dua pendahulunya, namun Loki memiliki durasi yang lebih panjang daripada Wandavision dan Falcon and Winter Soldier.

Meski musim pertama baru rilis hari ini, tapi rumor-rumor tentang musim kedua sudah ramai terdengar. Sang produser Marvel sendiri, Nate Moore mengatakan kalau cerita di serial Loki akan sangat luas dan berdampak ke keseluruhan sejarah dunia MCU. Karena itulah, season 2 kemungkinan akan hadir dan melanjutkan cerita dari seri pertama. Menjadikannya sebagai serial MCU di Disney+ yang bisa mendapatkan lanjutan musim.

Serial LOKI Rilis Hari Ini, Simak 7 Fakta Menariknya di Sini!twitter.com/LokiOfficial

itulah 7 fakta menarik dari serial Loki yang rilis hari ini. Siapa yang gak sabar dan sudah nonton?

https://www.youtube.com/embed/nW948Va-l10

Baca Juga: Marvel Rilis Jadwal 10 Film Baru di Trailer Fase 4 yang Keren!

Baca Juga: Perbandingan Para Pemain Film Marvel sebagai Superhero vs Sehari-hari

Baca Juga: 5 Skenario Lahirnya Superhero Marvel yang Berbahaya Secara Sains