Olah Sampah di Sekitarmu Jadi Pupuk Kompos Alami, Ini Caranya!

Berhemat sekaligus jaga lingkungan

Olah Sampah di Sekitarmu Jadi Pupuk Kompos Alami, Ini Caranya!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Mungkin kamu sudah tahu kalau sampah organik dan kotoran hewan di rumahmu, bisa diolah jadi pupuk kompos alami. Bagi kamu yang hobi berkebun, pupuk kompos alami ini bisa membantumu menghemat pengeluaran pupuk sekaligus memelihara lingkungan.

Dibanding dengan pupuk kimiawi, pupuk kompos mempunyai lebih banyak keunggulan. Pupuk kompos lebih berkualitas dan aman bagi tanaman. Tak hanya itu, pupuk ini pun dapat meningkatkan kualitas hasil tanaman.

Meskipun rasanya malas untuk memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk, sebenarnya membuat pupuk kompos alami sendiri di rumah tidak begitu rumit, lho. Tapi sebelumnya kamu harus tahu dulu sampah mana saja yang dapat kamu jadikan pupuk. Simak penjelasan dan cara membuat pupuk kompos berikut ini, ya!

Pemilihan sampah

Tak semua sampah rumah tangga bisa dijadikan pupuk kompos, maka itu kamu harus memilahnya. Sampah rumah tangga yang cocok diolah menjadi pupuk kompos adalah:

  1. Sisa makanan yang mudah busuk, terurai, dan hacur seperti sayur-sayuran, daging, ikan, dan buah.
  2. Kertas bekas dan tisu yang tidak terpakai
  3. Dedauan atau rumput
  4. Potongan kayu
  5. Bumbu dapur kadaluarsa
  6. Bulu hewan yang rontok
  7. Potongan rambut
  8. Kotoran hewan peliharaan

Selain jenis sampah di atas, sampah organik lainnya tidak dapat berkontribusi dalam pembuatan pupuk kompos, jadi pilah dengan teliti, ya, Bela!

Cara membuat pupuk kompos alami

membuat pupuk kompos dapat dilakukan secara perorangan namun akan lebih baik jika dilakukan secara berkelompok baik dengan tetangga terdekat atau dengan kerabat. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat dan bahan yang tepat, berikut yang perlengkapan dan peralatan yang perlu kamu persiapkan!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here