Pemasangan wallpaper pada dinding rumah biasanya memakan waktu dan biaya yang cukup banyak. Mulai dari membeli material, hingga memanggil jasa dekor untuk memasangnya. Mungkin demi mengirit biaya, kita meminta saudara, orangtua atau pasangan untuk membantu kita.

Terkadang kita ragu akan hasil pemasangan wallpaper dinding jika melakukannya sendiri, tapi kalau dihitung-hitung lumayan, lho, biayanya. Bagi kamu yang punya modal sedikit serta jauh dari sanak saudara atau si doi yang bisa bantu kamu, tak usah khawatir, pasalnya memasang wallpaper dinding rumah termasuk mudah, kok. Ikuti panduannya berikut ini, ya!

Alat dan bahan yang diperlukan

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingshutterstock.com

Sebelum eksekusi di dinding, ada alat dan bahan yang perlu kamu siapkan, antara lain:

  • Wallpaper pilihan
  • Lem wallpaper (bisa dibeli di toko material)
  • Kuas aplikasi wallpaper
  • Plumb bob
  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Meteran
  • Pensil
  • Kain perca

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menghitung tinggi dan lebar dinding yang akan ditutupi wallpaper. Ini akan memudahkanmu dalam memotong dan memasangnya. 

Lalu hitung berapa gulung wallpaper yang akan kamu butuhkan untuk ukuran dindingmu. Pilih kuas aplikasi dengan pegangan di tenga,h agar pengaplikasiannya lebih mudah.

Langkah-langkah memasang wallpaper dinding

1. Bersihkan dinding dari paku dan noda

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingpexels.com/karolina-grabowska

Sebelum menempelkan wallpaper, bersihkan dahulu dinding yang akan ditutupi dari paku, noda, atau segala aksesoris atau pajangan. Wallpaper akan sulit menempel pada dinding yang kotor dan basah. Jika beberapa sudutnya masih terasa lembap dan sulit dibersihkan, kamu bisa mencabut catnya dan ditambal dengan dempul tembok.

Hal tersebut berlaku juga apabila dinding yang bolong akibat paku yang tercabut. Tambalan tersebut dimaksudkan agar tidak menimbulkan gelembung udara saat sedang memasang wallpaper. Pastikan dinding yang akan ditutupi rata dan terbebas dari rembesan air.

2. Ukur wallpaper dengan dindingnya

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingpexels.com/ksenia-chernaya

Sebelum dipasang, ukurlah dengan pasti ketinggian dan kelebaran dinding yang akan ditutupi wallpaper dengan meteran. Lalu, aplikasikan pada wallpapermu, dengan menambahkan sekitar 15 sampai 20 cm pada perhitungan ukuran dinding, sebagai tindakan pencegahan jika wallpaper tidak sengaja terobek atau tidak pas. 

Tandai dengan pensil tipis-tipis (terutama untuk wallpaper berwarna cerah) agar kamu lebih percaya diri saat memasangnya dan tidak khawatir terjadi kesalahan atau miring.

3. Gambar garis lurus pada dinding

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingflickr.com

Gambar garis lurus pada dinding dari bagian atas hingga bawah, menggunakan plub bob. Garis ini akan menjadi panduan dan memudahkanmu menyeimbangkan wallpaper saat sedang memasang. Ingat Bela, jangan andalkan garis pintu atau langit langit sebagai pengukur kelurusan garis utama.

4. Memotong wallpaper

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingatcharlotteshouse.com

Setelah wallpaper diukur, selanjutnya adalah memotongnya. Potong sesuai dengan ukuran yang telah ditandai sebelumnya. Jika diperlukan, kamu bisa memberikan nomor pada lembaran wallpaper tersebut agar tidak salah dalam menempelnya. 

Perhatikan polanya agar tersambung dengan baik, perhatikan pula apakah ada yang cacat atau robek saat digunting.

5. Oleskan lem wallpaper

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingpexels.com/blue-bird

Oleskan lem wallpaper menggunakan kuas aplikasi wallpaper pada dinding. Cukup oleskan sekali saja, ya, karena jika terlalu banyak, wallpaper akan basah dan hasilnya akan keriput.

Hindari penggunaan kuas cat dinding karena ruas bulu kuasnya lebih lebar dan mudah rontok, sehingga akan menimbulkan tekstur yang tidak diinginkan pada tembok.

6. Mulai menempelkan

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingrockymountaindecals.ca

Pemasangan wallpaper dapat kamu lakukan dari sisi yang tidak mudah terlihat atau akan tertutupi furnitur. Tentukan sisi dinding mana yang akan ditempeli pertama. Kamu bisa berlatih menempelkan dengan benar dari sisi ini.

Tempelkan kertas wallpaper secara perlahan, pastikan setiap ujung dinding sudah tertutup dan ujung kertas wallpaper kamu tidak melewati batas garis awal yang telah kamu gambar. Agar lebih rekat, oleskan sedikit lem pada setiap ujung dan sudut wallpaper.

7. Ratakan wallpaper

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindinghomes.com

Selanjutnya adalah merapihkan wallpapermu. Ratakan wallpaper yang sudah tertempel pada dinding dengan gerakan mengelap menggunakan kain perca. Mulai dari sisi tengah dan tarik keluar hingga ujung kanan dan kiri, juga atas bawah wallpaper, secara menyeluruh. Proses ini penting untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam wallpaper.

8. Potong sisa wallpaper

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingmakinghomebase.com

Setelah terpasang dengan rapi, langkah berikutnya adalah potong sisa panjang dan lebar wallpaper dengan cutter. Pemotongannya harus sabar dan teliti ya, Bela, agar hasilnya lurus dan tepat.

9. Cocokkan pola

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingjuniperhome.com

Setelah kertas wallpaper bagian pertama terpasang rapi, tantangan lainnya adalah mencocokan pola wallpaper di bagian selanjutnya. Kamu harus berhati-hati dalam memasang bagian selanjutnya terlebih jika wallpapermu memiliki pola sambung.

Cocokan pola ujung wallpaper yang tertempel dengan ujung wallpaper yang akan kamu tempel pada dinding yang sudah di lem. Perhatikan agar polanya menyambung satu dengan lainnya.

10. Penyesuaian bentuk wallpaper pada dinding

Tak Perlu Minta Bantuan, Ini 10 Cara mudah Pasang Wallpaper Dindingmakingprettyspaces.com

Dinding memiliki sudut rumit serta terdapat sisi yang ada colokan listrik. Saat wallpapermu bertemu dengan sisi tajam, gunting sisa wallpaper bagian atas sampai batas antara dinding dan langit-langit. Hal itu akan memudahkanmu untuk menyudutkan kertas wallpaper hingga setiap sudut tertutup dengan rapi.

Untuk bagian yang terdapat colokan listrik, kamu disarankan untuk tidak meratakan wallpaper diatasnya, dan biarkan menonjol. Lubangi bagian tengah colokan listrik dan gunting hingga ujung colokan secara perlahan. 

Sisakan sekitar 1 cm sebelum ujung colokan, lalu lipat sisa kertas itu ke dalam hingga akan menempel pada dinding yang sudah dilem. Setelah itu, ratakan lagi menggunakan kain perca

Itulah cara memasang wallpaper dinding rumah yang mudah. Selamat mencoba, jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman yang lain, ya!

Baca Juga: 7 Pilihan Motif Wallpaper Chic untuk Ruang Tamu 

Baca Juga: 5 Motif Wallpaper Kamar Tidur yang Siap Bikin Nyenyak

Baca Juga: Cara Melepas Wallpaper Dinding Rumah dengan Mudah