Minggu (23/5/2021) kemarin, umat Kristiani di seluruh dunia memperingati hari Pentakosta. Hari Pentakosta adalah salah satu hari raya umat Kristiani yang penting selain Natal, Jumat Agung, Paskah dan Kenaikan Yesus Kristus. Pentakosta menjadi salah satu hari penting dari perjalanan kehidupan umat Kristiani termasuk kehidupan Yesus Kristus di bumi.

Bagi umat Kristiani, Pentakosta menjadi penepatan janji Yesus sebelum Ia naik ke surga. Berikut ini arti dan makna dari Pentakosta.

Secara etimologi

Arti dan Makna Pentakosta: Hari Raya Umat Kristianipixabay.com/music4life

Secara etimologi, kata Pentakosta berasal dari bahasa Yunani: Πεντηκοστή [ἡμέρα], Pentēkostē [hēmera], "[hari] kelima-puluh".

Dalam masyarakat Yahudi

Arti dan Makna Pentakosta: Hari Raya Umat Kristianicufi.org.uk

Dikutip dalam laman hmministry.id, dalam masyarakat Yahudi, Pentakosta merupakan hari raya penuaian, yaitu momen mereka bersukacita karena panen yang mereka terima. Masyarakat Yahudi harus merayakan Pentakosta, sekalipun mungkin tidak secara langsung memiliki usaha agraria (pertanian atau perkebunan).

Secara tradisional, masyarakat Yahudi percaya bahwa hari di mana Musa menerima hukum-hukum Allah adalah juga hari Pentakosta. Jadi dari sudut pandang Yudaisme, Pentakosta berarti penuaian dan diterimanya hukum Allah.

Arti Pentakosta Bagi umat Kristiani

Arti dan Makna Pentakosta: Hari Raya Umat Kristianikomkat-kwi.org

Hari Raya Pentakosta bagi umat Kristiani adalah hari yang sangat bermakna. Kata "penta" yang artinya 50 (limapuluh) merujuk kepada 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Hal ini juga sebagai amanat dan penggenapan janji Tuhan Yesus Kristus kepada para murid dan juga bagi umat Kristiani. (Matius 3:11, Yohanes 14:26, Kisah Para Rasul 1-2)

Dalam kitab Kisah Para Rasul 2 mencatat bahwa hari itu sebagai hari terjadinya pencurahan Roh Kudus kepada 120 orang (murid-murid Yesus) di loteng atas (Yerusalem) dan mereka berbahasa roh sebagai tanda awal baptisan Roh Kudus. Tanda awal ini secara konsisten muncul dalam berbagai peristiwa serupa yang dicatat dalam kitab Kisah Para Rasul. Peristiwa ini juga sebagai hari lahirnya Gereja secara universal.

Makna Pentakosta bagi umat Kristiani

Arti dan Makna Pentakosta: Hari Raya Umat Kristianiflickr.com/geralt

Jadi bagi umat kristiani, Pentakosta memiliki makna:

  1. Pencurahan Roh Kudus bagi orang yang percaya kepada Kristus, untuk memiliki kuasa menuai jiwa-jiwa bagi Tuhan. (Kis 1:8)
  2. Penggenapan janji Kristus bahwa Roh Kudus akan menuntun kita untuk mengerti firman (‘hukum') Tuhan yang ditorehkan dalam hidup kita. (Yoh 14:26 ; Ibr 8:10)
  3. Hari di mana Allah meng-inagurasi lahirnya persekutuan orang-orang yang percaya kepada-Nya di dalam Kristus Yesus. (Kis 2:47)
  4. Gereja tidak mungkin ada jika tidak ada pencurahan Roh Kudus! Karena dengan keberanian yang diberikan Roh Kudus kepada para murid-murid-Nya maka mereka dengan berani memberitakan injil ke berbagai daerah hingga membuat persekutuan-persekutuan, jemaat, dan gereja yang saat ini kita sebut. 

Itulah arti dan makna Pentakosta salah satu hari raya penting umat Kristiani.

Baca Juga: 8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyak

Baca Juga: 7 Peristiwa Besar Paling Bersejarah yang Terjadi Saat Natal

Baca Juga: Rangkaian Perayaan Paskah dan Maknanya yang Dijalankan Umat Kristiani