Selawat merupakan doa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Membaca selawat kepada nabi merupakan salah satu tuntunan dalam agama Islam. 

Ada beberapa macam selawat dalam Islam, di antaranya adalah selawat Nariyah, selawat Badar, hingga selawat Nuril Anwar. Namun, salah satu bacaan selawat yang populer adalah selawat Tibbil Qulub yang sering disebut selawat Syifa atau selawat Nurul Abshar.

Selawat ini memiliki arti obat atau penyembuh hati. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui lafal selawat ini, berikut adalah bacaan selawat Tibbil Qulub lengkap beserta Arab, latin, dan artinya.

1. Apa itu selawat Tibbil Qulub?

Selawat Tibbil Qulub Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinyaunsplash.com/AnisCoquelet

Sebelum mengetahui selawat Tibbil Qulub lengkap beserta Arab, latin, dan artinya, terlebih dahulu perlu kamu ketahui tentang anjuran membaca selawat. Dalam Al-Quran, Allah SWT telah memerintahkan kepada makhluk-Nya untuk membaca selawat kepada Nabi. 

Perintah tersebut terdapat dalam QS. Al-Ahzab ayat 56 berikut.  

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا  

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al-Ahzab: 56).

Selain ayat tersebut, terdapat hadis yang menjelaskan keutamaan berselawat sebagai berikut.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”

Dalam agama Islam, ada banyak jenis selawat yang bisa diamalkan. Sebab, setiap jenis selawat memiliki manfaat masing-masing bagi yang membacanya. Di antara beberapa jenis selawat tersebut, selawat Tibbil Qulub adalah bacaan yang sering dibaca umat Muslim. 

Selawat Tibbil Qulub merupakan bacaan yang diyakini dapat menjadi penawar atau obat dari segala macam penyakit. Seperti namanya, Tibbil Qulub atau Syifa artinya adalah obat, sementara nama lainnya Nurul Abshar artinya adalah cahaya mata hati. 

Dengan begitu, lafal ini dipercaya mampu menjadi obat penyembuh bagi jasmani maupun rohani apabila dibaca dan dihayati maknanya. 

2. Bacaan doa selawat Tibbil Qulub

Selawat Tibbil Qulub Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinyafreepik.com/rawpixel.com

Mengutip NU Online, berikut ini adalah bacaan selawat Tibbil Qulub lengkap dengan latin dan artinya. Kamu bisa membacanya secara istiqamah agar senantiasa diberikan kesehatan jasmani maupun rohani. 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ     

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.     

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.

Kemudian, sebagian ulama memberikan tambahan kalimat menjelang ujung salat sebagai berikut. 

  اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوتِ الأرْوَاحِ وَغِذَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ   

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa qûtil arwâhi wa ghidâ-ihâ wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.  

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, serta menjadi makanan pokok dan asupan gizi bagi ruhani. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.

3. Manfaat doa selawat tibbil qulub

Selawat Tibbil Qulub Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinyaunsplash.com/Abdullah Öğük

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bacaan selawat Tibbil Qulub ini memiliki faedah atau manfaat sebagai obat atau penyembuh. Hal itu dijelaskan dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah berikut ini. 

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن     

"Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47)

Manfaat tersebut akan didapatkan oleh orang yang mengamalkan bacaannya. Dengan begitu, siapa saja yang mengamalkan bacaan selawat Tibbil Qulub secara istiqamah akan diberikan kesehatan lahir dan batin. Bukan hanya itu saja, mereka juga akan disembuhkan dari berbagai penyakit atas izin Allah SWT. 

4. Keutamaan doa selawat Tibbil Qulub

Selawat Tibbil Qulub Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinyaunsplash.com/Masjid MABA

Selain itu, selawat Tibbil Qulub lengkap beserta Arab, latin, dan artinya juga bisa diamalkan secara khusus sebagaimana dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut.

Dalam kitab tersebut, dianjurkan untuk membaca selawat Tibbil Qulub 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit dan 400 kali untuk menyembuhkannya. 

 إنها صيغة الطب الظاهر والباطن تقرأ ألفين على أي مرض وقيل أربعمائة فيشفى بإذن الله     

“Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, Cet. Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, hal. 26).

Terlepas dari anjuran di atas, membaca selawat kepada Nabi memiliki banyak keutamaan. Keutamaan tersebut di antaranya adalah mengundang datangnya karunia dan nikmat Allah SWT, lebih dekat dengan Allah SWT, dan diangkat derajatnya. 

Itulah bacaan selawat Tibbil Qulub lengkap beserta Arab, latin, dan artinya yang bisa kamu amalkan. Semoga dengan membaca selawat ini, kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin. 

Baca Juga: Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Akhir Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Baca Juga: Bacaan Doa Tahiyat Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Baca Juga: Doa Iftitah Lengkap: Arab, Latin dan Artinya yang Benar