Sejarah Penemu Internet Lengkap dengan Perkembangannya

Jadi penemuan terbesar

Sejarah Penemu Internet Lengkap dengan Perkembangannya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Di zaman serba canggih saat ini, internet seolah menjadi alat penting yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua pengetahuan sampai inovasi terbaru kini terpusat dalam sebuah jaringan yang bernama internet. 

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya siapa penemu internet? Pertanyaan itu tentu banyak dilontarkan mengingat pesatnya perkembangan internet saat ini.

Untuk menjawabnya, Popbela.com akan merangkum dalam artikel berikut. Simak, ya!

1. Siapa penemu internet?

Menjawab pertanyaan mengenai penemu internet sebenarnya tidak bisa dikaitkan dengan satu orang saja. Sebab, internet merupakan hasil penemuan dari banyak insinyur, pemrogram, dan juga ilmuwan. 

Namun, penemuan internet yang resmi disepakati pada tanggal 1 Januari 1983. Sebelumnya, jaringan komputer tidak memiliki cara untuk berkomunikasi satu sama lain. Kemudian, protokol komunikasi yang baru dibuat adalah Transfer Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Hal itu memungkinkan berbagai jenis komputer di jaringan yang berbeda "berbicara" satu sama lain. ARPANET dan Defense Data Network pun kemudian resmi berubah menggunakan TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983 sehingga disebut hari lahir internet. 

Namun jauh sebelumnya, pada tahun 1965 Lawrence Roberts membuat dua komputer terpisah di tempat berbeda untuk "berbicara" satu sama lain untuk pertama kalinya. 

Leonard Kleinrock adalah orang pertama yang menggunakannya untuk mengirim pesan. Dia menggunakan komputer di UCLA untuk mengirim pesan ke komputer di Stanford. 

2. Tokoh penting dalam penemuan internet

Mengingat sejarah penemuan internet yang panjang, ada banyak tokoh penting yang berperan di baliknya. Berikut ini adalah para tokoh tersebut. 

1. Paul Baran 

Tokoh pertama ini merupakan seorang insinyur yang pekerjaannya juga menjadi peneliti ARPA. Di tahun 1959, ia bergabung dengan lembaga RAND Corporation.

Paul Baran diminta untuk meneliti bagaimana angkatan udara AS tetap bisa mengendalikan armadanya saat serangan nuklir. Akhirnya pada 1964 ia mengusulkan jaringan komunikasi tanpa titik komando pusat yang disebut distributed network.

2. Lawrence Robert 

Selanjutya, Lawrence Robert merupakan kepala ilmuwan di ARPA yang bertanggung jawab untuk mengembangkan jaringan komputer. Ide Paul Baran sebelumnya itu menarik perhatian Robert sehingga mulai mengerjakan pembuatan distributed network.

3. Leonard Kleinrock 

Nah, Leonard Kleinrock adalah ilmuwan Amerika yang berupaya untuk menciptakan distributed network bersama dengan Lawrence Robert. 

4. Donald Davies 

Bersama dengan Robery dan Kleinrock, Donald Davies yang merupakan seorang ilmuwan juga mengembangkan teknologi serupa di Laboratorium Fisika Nasional Middlesex.

5. Bob Kahn dan Vint Cerf

Kemudian, Bob Kahn dan Vint Cerf mengembangkan serangkaian protokol yang mengatur bagaimana data bergerak melalui jaringan. Hal ini membantu ARPANET mengembangkan internet seperti yang kita pakai saat ini. 

6. Paul Mockapetris dan Jon Postel 

Keduanya merupakan penemu DNS atau buku telepon internet. 

7. Tim Berners Lee

Nama Tim Berners Lee juga tidak boleh dilewatkan karena ia merupakan pencipta World Wide Web. Sebab, penemuannya mengembangkan prinsip yang kita pakai saat ini, seperti HTML, HTTP, URL, dan browser. 

8. Marc Andressen 

Terakhir, Marc Andressen adalah penemu Mosaic, browser web pertama yang banyak digunakan. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here