Niat, Doa, dan Tata Cara Mandi Junub untuk Laki-Laki dan Perempuan

Muslim wajib tahu!

Niat, Doa, dan Tata Cara Mandi Junub untuk Laki-Laki dan Perempuan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bersuci dari hadas kecil dan hadas besar wajib hukumnya bagi seorang muslim yang akan melaksanakan salat dan ibadah lainnya.

Hadas kecil bisa disucikan dengan cara berwudu. Sementara itu, hadas besar harus disucikan dengan cara mandi junub.

Apabila kamu melakukan hal-hal tertentu, seperti bersenggama, keluar mani, selesai haid, atau selesai nifas, maka wajib hukumnya melakukan mandi junub. Persoalan mandi junub ini tidak boleh disepelekan karena berkaitan dengan ibadah lainnya.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui niat, doa, dan tata cara mandi junub untuk laki-laki dan perempuan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini, ya!

1. Niat mandi junub secara umum

Niat, doa dan tata cara mandi junub untuk laki-laki dan perempuan perlu kamu ketahui sebelum melakukannya. Secara umum, kamu hanya perlu melakukan 2 rukun saat mandi junub.

Rukun pertama adalah niat, yakni kesengajaan yang diungkapkan dalam hati maupun lisan. Kedua, mengalirkan air ke seluruh bagan tubuh, tak terkecuali dengan bagian yang ditumbuhi rambut. 

Secara lebih rinci, tata cara mandi wajib sesuai tuntunan Rasulullah SAW disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini. 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha; dia berkata, “Bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dari janabah maka beliau mulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhunya untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jarinya kedalam air kemudian menyela dasar-dasar rambutnya, sampai beliau menyangka air sampai kedasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan kedua tangannya sebanyak tiga kali kemudian beliau menyiram seluruh tubuhnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Terkait dengan niat, kamu bisa mengungkapkannya dalam hati maupun secara lisan. Berikut niat yang bisa kamu ucapkan sebelum mandi junub karena hadas besar secara umum. 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhal lillahi ta’aala

Artinya: "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah Ta’ala."

2. Niat mandi wajib laki-laki karena junub

Penyebab laki-laki dalam kondisi junub ada bermacam-macam, seperti berhubungan intim, keluar air mani, dan sebagainya. Berbeda dengan laki-laki, perempuan memiliki banyak penyebab kondisi junub, seperti karena haid dan nifas. 

Berikut ini adalah niat yang bisa kamu ucapkan sebelum melakukan mandi junub setelah bersenggama atau berhubungan intim. 

نَوَيْتُ الغُسْلَ لِرَفْعِ الحَدَثِ الجِنَابَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lifraf'il hadatsil akbar minal janabat fardhol illahi ta'aala

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardhu karena Allah Ta'aala."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here