Doa Orang Terzalimi Arab, Latin, dan Artinya yang Mustajab

Membuat kuat dan sabar

Doa Orang Terzalimi Arab, Latin, dan Artinya yang Mustajab

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Menyakiti orang lain merupakan tindakan yang zalim, baik itu secara fisik maupun verbal. Tindakan itu akan berujung pada kegelisahan dan kesengsaraan untuk orang yang menjadi objek kezaliman. 

Zalim diartikan sebagai perbuatan aniaya yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Namun tak banyak yang tahu kalau doa orang terzalimi ternyata mustajab. 

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai doa orang terzalimi, larangan, dan akibat perilaku zalim. Simak ulasannya, ya!

1. Doa orang terzalimi

Doa Orang Terzalimi Arab, Latin, dan Artinya yang Mustajab

Sebelum masuk pada pembahasan doa orang terzalimi, terlebih dahulu perlu diketahui apa itu perilaku zalim yang sebenernya. Seperti yang sudah disinggung di atas, zalim merupakan tindakan aniaya yang merupakan lawan kata dari adil. 

Perilaku zalim itu ada beberapa bentuknya, pertama adalah kezaliman yang bahayanya akan berdampak pada orang lain. Kezaliman yang dimaksud tersebut di antaranya adalah mengambil dan memakan harta orang lain tanpa hak, memakan harta anak yatim, sampai dengan tidak memberikan upah pada pekerja. 

Sementara kezaliman yang lainnya akibatnya adalah untuk diri sendiri. Kezaliman tersebut di antaranya adalah meninggalkan salat tanpa uzur, meninggalkan puasa Ramadan, dan sebagainya. 

Saat kamu merasa terzalimi oleh orang lain, maka hendaknya membaca doa berikut ini. 


رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Rabbi najjini minal qaumidhalimin.

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim." (QS. Al-Qasas: 21)

2. Doa orang terzalimi mustajab

Dalam sebuah hadis riwayat Al Bukhari, Abu Hurairah ra dijelaskan bahwa yang merugi adalah seseorang yang pada hari kiamat membawa pahala salat, puasa, zakat, dan ibadah lainnya, namun di saat hidup di dunia ia banyak berperilaku zalim pada orang lain. 

Orang tersebut pahala kebaikannya akan diambil seukuran dengan kadar kezaliman yang ia lakukan. Apabila pahalanya telah habis, maka dosa-dosa orang yang mereka zalimi akan ditimpakan kepadanya. 

Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut. 

وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُوْمِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ حِجَابٌ (رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ)

Artinya: Takutlah dan waspadalah terhadap doa orang yang terzalimi karena tidak ada antara ia dan Allah penghalang (mustajabah). (HR Al Bukhari)

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here