Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha agar Berkah dan Berlimpah

Baca setiap hari sebelum mulai mencari rezeki

Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha agar Berkah dan Berlimpah

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk memperoleh rezeki dengan cara yang halal. Namun, tak hanya berhenti di situ saja, kita juga harus senantiasa berdoa agar diberi kelancaran dan dimudahkan dalam mencari rezeki. 

Meskipun Allah SWT sudah menjamin rezeki hambanya, tetapi sebagai manusia kita perlu menjemputnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari belajar, bekerja, ataupun membuat usaha sendiri. 

Nah, untuk melancarkan semuaanya, kamu bisa membaca doa melancarkan rezeki dan usaha berikut ini. 

1. Anjuran mencari rezeki dalam Islam

Islam mengajarkan untuk mencari rezeki yang halal dan bermanfaat. Namun tak lupa, kita juga harus berikhtiar dan bertawakkal atas semua usaha yang sedang dilakukan. 

Perintah untuk mencari rezeki itu terdapat dalam Al-Quran Surat Al-Jumu'ah ayat 10 berikut ini. 

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya: "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi (untuk mencari rezki dan usaha yang halal) dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS al-Jumu’ah:10).

Keutamaan mencari rezeki juga disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam hadis berikut ini. 

إِنَّ أَطْيَبَ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ

Artinya: “Sungguh sebaik-baik rizki yang dimakan oleh seorang laki-laki adalah dari usahanya sendiri (yang halal)”

Ayat dan hadis di atas menunjukkan bahwa mencari rezeki sangat dianjurkan dalam agama Islam. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan berbagai cara yang halal untuk mendapatkannya. Salah satu bentuk usaha yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanjatkan doa melancarkan rezeki dan usaha. 

2. Doa mencari rezeki dalam Al-Quran Surat Al-Ma’idah ayat 114

Dalam Al-Quran, Allah SWT telah berfirman dalam Surat Al-Ma’idah ayat 114 tentang mencari rezeki. Ayat ini bisa kamu baca saat akan memulai usaha atau bekerja. Berikut adalah bacaan lengkap surat Al-Ma'idah ayat 114 Arab, latin, dan artinya. 

قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ ٱللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Qaala ‘iisaabnu maryamallahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minassamaa-i takuunu lanaa ‘iidan au-walinaa wa-aakhirinaa waaayatan minka waarzuqnaa wa-anta khairurraaziqiin

Artinya: Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama".

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here