14 Contoh Surat Pribadi Beserta Strukturnya Lengkap

Bisa digunakan untuk berbagai keperluan

14 Contoh Surat Pribadi Beserta Strukturnya Lengkap

Menulis surat resmi mungkin sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Akan tetapi, apakah kamu pernah menulis surat pribadi? Berbeda dengan surat resmi yang cenderung memiliki patokan yang baku, surat pribadi memang sedikit berbeda. 

Dalam contoh surat pribadi beserta strukturnya kali ini, Popbela.com akan mengulas mengenai serba-serbi surat pribadi. Surat ini biasanya ditujukan kepada keluarga, sahabat pena, atau teman yang jauh. 

Sebenarnya, bagaimana surat pribadi, struktur, dan contohnya itu? Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya, ya!

Apa itu surat pribadi?

14 Contoh Surat Pribadi Beserta Strukturnya Lengkap

Sebelum membahas mengenai contoh surat pribadi beserta strukturnya, kamu tentu bertanya-tanya mengenai apa itu surat pribadi. Namun, perlu kamu tahu bahwa ada beberapa jenis surat, di antaranya adalah surat pribadi, surat dinas, dan surat dagang. 

Di dalamnya, surat berisi informasi, pengumuman, pemikiran, atau keterangan tertentu. Seperti surat pada umumnya, jenis surat pribadi juga digunakan sebagai sarana komunikasi tertulis yang ditujukan kepada penerima surat. 

Surat tersebut biasanya mengenai cerita atau permasalahan yang bersifat personal untuk ditujukan kepada kerabat dekat. Seperti namanya, penulis surat pribadi juga harus mengatasnamakan diri sendiri. 

Struktur surat pribadi

Meskipun surat pribadi bersifat personal dan lebih bebas dibandingkan dengan surat resmi, tetapi terdapat struktur surat supaya tulisan menjadi lengkap dan utuh. Namun, kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan siapa penerima surat tersebut.

Berikut adalah struktur surat pribadi yang lengkap.

  1. Tempat dan tanggal surat
    Dalam setiap jenis surat, tempat dan tanggal menjadi hal yang harus dicantumkan. Biasanya, bagian ini terletak di pojok kanan atas surat sebagai tanda kapan dan di mana surat dibuat.  
  2. Alamat surat
    Selain tempat dan tanggal surat, alamat penerima juga sangat penting untuk dituliskan. Alamat tersebut juga disertai dengan nama penerimanya. 
  3. Salam pembuka 
    Salam pembuka atau kata sapaan bisa digunakan untuk memulai surat. Adapun bahasa yang dipakai bisa menyesuaikan penerima surat pribadi. 
  4. Paragraf pembuka
    Paragraf pembuka surat pribadi biasanya berisi basa-basi tentang kabar atau ungkapan kerinduan dari penulis kepada penerima surat. 
  5. Isi 
    Setelah itu barulah masuk pada bagian isi surat. Isi surat berisi tentang inti cerita atau permasalahan yang akan disampaikan penulis. Berbeda dengan surat resmi, bagian isi surat pribadi bisa menggunakan bahasa yang lebih fleksibel dan tidak harus formal.
  6. Penutup
    Surat kemudian diakhiri dengan penutup. Biasanya, penulis akan mengatakan bahwa ia menanti balasan dari penerima. 
  7. Salam penutup
    Salam penutup digunakan sebagai sapaan terakhir sebelum tanda tangan.
  8. Nama terang dan tanda tangan
    Tidak boleh ketinggalan, nama terang dan tanda tangan juga penting supaya penerima benar-benar yakin bahwa kamu adalah orang yang mengiriminya surat.
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here