9 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Cek contohnya agar dilirik HRD!

9 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

daftar riwayat hidup atau sering disebut curriculum vitae (CV) merupakan dokumen penting yang digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan.

Di era modern saat ini, sebagian besar perusahaan memang menerima daftar riwayat hidup dalam bentuk dokumen yang diketik. Pelamar hanya perlu mengirimkan dokumen tersebut melalui email perusahaan yang bersangkutan.

Namun, tidak jarang terdapat perusahaan yang masih mempertahankan cara lama dengan mengharuskan pelamarnya membuat CV tulisan tangan. 

Bukan tanpa alasan, CV dengan tulisan tangan itu dianggap mampu memperlihatkan karakter dan keseriusan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. 

Oleh karena itu, Popbela.com akan memberikan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar. Yuk, simak ulasannya!

Alasan menggunakan daftar riwayat hidup tulis tangan

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, cara-cara konvensional seperti membuat CV secara tulis tangan ini masih dipertahankan di sejumlah perusahaan. 

Jika mereka menginginkan hal tersebut, artinya ada beberapa hal yang dinilai dari tulisan tanganmu.

Pertama, dengan tulisan tangan perusahaan bisa mengetahui kepribadian calon pekerjanya. Sebab, tulisan tangan bisa mencerminkan kepribadian seseorang. 

Bukan hanya itu saja, CV yang ditulis tangan bisa menunjukkan keseriusan calon pelamar untuk mendapatkan posisi pekerjaan di suatu perusahaan. Hal itu ditunjukkan melalui tulisan yang rapi, kelengkapan informasi, format tulisan yang lengkap, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, sebelum melihat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui format daftar riwayat hidup yang lengkap. 

Format daftar riwayat hidup tulis tangan

Daftar riwayat hidup berisi data pribadi, pengalaman kerja, dan riwayat lainnya yang dirangkum dalam sebuah kertas.

Dari banyaknya data pribadi dan pengalaman yang selama ini dimiliki, kamu perlu membuatnya secara ringkas agar recruiter bisa memahaminya dengan mudah.

Apalagi, jika ditulis menggunakan tulisan tangan, kamu harus pandai-pandai memasukkan data yang penting ke dalamnya. Supaya, kamu tidak melewatkan detail yang penting.

Berikut format yang harus kamu masukkan ke dalam CV. 

  1. Data pribadi, berisi nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan kontak yang bisa dihubungi. 
  2. Pendidikan, berisi pendidikan terakhir, contohnya informasi mengenai program studi dan IPK yang kamu miliki. 
  3. Pengalaman kerja, berisi riwayat pekerjaan yang pernah kamu jalani dari yang terbaru sampai terlama. Jangan lupa cantumkan keterangan singkat mengenai pekerjaanmu sebelumnya. 
  4. Pengalaman organisasi (jika ada), berisi pengalaman non akademik yang pernah kamu ikuti di sekolah atau perguruan tinggi. 
  5. Minat dan keahlian, berisi keahlian kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here