Daftar riwayat hidup atau sering disebut curriculum vitae (CV) merupakan dokumen penting yang digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan.

Di era modern saat ini, sebagian besar perusahaan memang menerima daftar riwayat hidup dalam bentuk dokumen yang diketik. Pelamar hanya perlu mengirimkan dokumen tersebut melalui email perusahaan yang bersangkutan.

Namun, tidak jarang terdapat perusahaan yang masih mempertahankan cara lama dengan mengharuskan pelamarnya membuat CV tulisan tangan. 

Bukan tanpa alasan, CV dengan tulisan tangan itu dianggap mampu memperlihatkan karakter dan keseriusan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. 

Oleh karena itu, Popbela.com akan memberikan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar. Yuk, simak ulasannya!

1. Alasan menggunakan daftar riwayat hidup tulis tangan

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarfreepik.com/Racool_studio

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, cara-cara konvensional seperti membuat CV secara tulis tangan ini masih dipertahankan di sejumlah perusahaan. 

Jika mereka menginginkan hal tersebut, artinya ada beberapa hal yang dinilai dari tulisan tanganmu.

Pertama, dengan tulisan tangan perusahaan bisa mengetahui kepribadian calon pekerjanya. Sebab, tulisan tangan bisa mencerminkan kepribadian seseorang. 

Bukan hanya itu saja, CV yang ditulis tangan bisa menunjukkan keseriusan calon pelamar untuk mendapatkan posisi pekerjaan di suatu perusahaan. Hal itu ditunjukkan melalui tulisan yang rapi, kelengkapan informasi, format tulisan yang lengkap, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, sebelum melihat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui format daftar riwayat hidup yang lengkap. 

2. Format daftar riwayat hidup tulis tangan

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarfreepik.com/rawpixel

Daftar riwayat hidup berisi data pribadi, pengalaman kerja, dan riwayat lainnya yang dirangkum dalam sebuah kertas.

Dari banyaknya data pribadi dan pengalaman yang selama ini dimiliki, kamu perlu membuatnya secara ringkas agar recruiter bisa memahaminya dengan mudah.

Apalagi, jika ditulis menggunakan tulisan tangan, kamu harus pandai-pandai memasukkan data yang penting ke dalamnya. Supaya, kamu tidak melewatkan detail yang penting.

Berikut format yang harus kamu masukkan ke dalam CV. 

  1. Data pribadi, berisi nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan kontak yang bisa dihubungi. 
  2. Pendidikan, berisi pendidikan terakhir, contohnya informasi mengenai program studi dan IPK yang kamu miliki. 
  3. Pengalaman kerja, berisi riwayat pekerjaan yang pernah kamu jalani dari yang terbaru sampai terlama. Jangan lupa cantumkan keterangan singkat mengenai pekerjaanmu sebelumnya. 
  4. Pengalaman organisasi (jika ada), berisi pengalaman non akademik yang pernah kamu ikuti di sekolah atau perguruan tinggi. 
  5. Minat dan keahlian, berisi keahlian kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

3. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan lengkap

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarcakeresume.com

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar bisa dilihat dari contoh di atas. Daftar riwayat hidup tersebut mencantumkan data pribadi, pendidikan formal dan informal, sampai pengalaman kerja yang lengkap. 

Hal yang membedakan CV ini dengan yang lainnya adalah pengalaman pendidikan informal. Di dalamnya, pembuat CV ini menuliskan pernah melakukan kursus bahasa Inggris dan pelatihan Microsoft Office. 

Pengalaman pendidikan informal itu bisa menjadi satu poin plus yang bisa menarik perhatian perusahaan. 

4. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk lulusan SMA

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarpinterest.com

Bagi kamu yang merupakan lulusan SMA atau SMK, daftar riwayat hidup di atas bisa kamu cermati. 

CV ini terdiri atas data diri, pendidikan, dan pengalaman kerja. Ketiga komponen itu adalah hal yang tidak boleh dilewatkan saat menulis daftar riwayat hidup tulis tangan. 

CV ini bisa kamu gunakan untuk melamar ke pabrik atau semacamnya yang sesuai dengan bidang keahlianmu. 

5. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan rapi

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarcontohsuratgratis.my.id

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar di atas bisa kamu ikuti. CV di atas ditulis rapi oleh pembuatnya.

Dengan melihat tulisan yang rapi, recruiter akan menilai positif kepribadian calon karyawannya. Bukan hanya rapi saja, kelengkapan isi di dalam CV juga sangat penting.

Seperti contoh di atas, kamu bisa mencantumkan data pribadi, pendidikan formal dan informal, keahlian, sampai pengalaman organisasi. 

Pengalaman tersebut tentu akan menjadi bahan pertimbangan recruiter untuk menerima kamu jika sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. 

6. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan singkat

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarlulusandiploma.com

Daftar riwayat hidup jika dijabarkan memang bisa sangat panjang hingga berlembar-lembar. Namun, kamu tentu menginginkan tulisan yang singkat dan mudah diterima oleh pembaca. 

Cara untuk membuat daftar riwayat hidup singkat bisa dilihat melalui contoh di atas. Kamu hanya mencantumkan data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan sertifikat yang pernah kamu raih. 

Meskipun singkat, daftar riwayat hidup ini sudah bisa menggambarkan keahlian kamu secara keseluruhan. 

7. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan baik dan benar

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benartempatngetik.files.wordpress.com

Membuat CV secara tulis tangan memang gampang-gampang susah. Pasalnya, kamu tidak bisa memakai template yang tersedia di mesin pencari sehingga harus lebih teliti. 

Seperti contoh di atas, kamu bisa menulis daftar riwayat hidup dengan baik dan benar secara rapi dan urut. Urutan itu mulai dari identitas diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan tanda tangan. 

Tanda tangan ini penting bagi perusahaan karena bisa menunjukkan keaslian dari tulisan tanganmu. 

8. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan kreatif

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarkitalulus.com

Daftar riwayat hidup yang ditulis tangan bukan berarti tidak bisa dibuat dengan kreatif. Caranya, kamu bisa mencantumkan kalimat pembuka seperti contoh di atas. 

Setelah itu, barulah kamu menjabarkan identitas alamat, pribadi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang kamu miliki. Jika kamu bisa menulis CV degan kreatif dan rapi seperti ini, perusahaan pun tidak akan segan untuk menerimamu sebagai salah satu karyawannya. 

9. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk fresh graduate

7 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benarlulusandiploma.com

Terakhir, contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar kali ini dibuat untuk fresh graduate. Sebagai fresh graduate, kamu biasanya belum memiliki pengalaman kerja yang profesional.

Namun, kamu pasti sudah pernah bergabung dengan organisasi dan juga memiliki berbagai keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Oleh karena itu, kamu bisa mencantumkan organisasi yang pernah kamu jalani dan keahlian yang kamu miliki. Dengan begitu, perusahaan pun akan mengerti bahwa kamu adalah kandidat yang cocok meskipun baru saja lulus dari universitas. 

Itulah 7 contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar beserta formatnya yang bisa kamu ikuti. 

Jangan lupa, buat daftar riwayat hidup tulisan tangan serapi dan semenarik mungkin agar dilirik oleh perusahaan yang kamu tuju. Semoga berhasil, Bela!

Baca Juga: 8 Contoh Email Lamaran Kerja yang Benar Beserta Cara Membuatnya

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar 

Baca Juga: 8 Berkas Persyaratan Lamaran Kerja yang Harus Dipersiapkan