Film Korea Tentang Kehidupan di Penjara

Penuh Kisah Haru, Ini 10 Film Korea Tentang Kehidupan di Penjara

Siap-siap banjir air mata

Penuh Kisah Haru, Ini 10 Film Korea Tentang Kehidupan di Penjara

Industri perfilman Korea memang tak pernah kehabisan ide. Hampir seluruh tema kehidupan bisa dituangkan ke dalam sebuah film. Mulai dari kisah percintaan, politik, kriminal dan lain sebagainya. Tak luput pula kisah yang mengambil latar penjara-penjara di Korea. Apa yang terlintas ketika kamu mendengar kata penjara? Hukuman? Siksaan? 

Kisah dengan latar penjara menarik perhatiaan beberapa sineas Korea, berbekal rasa penasaran tentang sisi lain kehidupan penjara. Seperti beberapa rekomendasi film-film Korea ini yang menggunakan penjara sebagai latar belakang. Bukan hanya sisi gelap, film-film yang mendapatkan perhatian lebih dari para penikmatnya juga menampilkan keharuan. Dari pada penasaran, yuk simak artikel berikut ini!  

1. Two Zero Three Seven (2022)

https://www.youtube.com/embed/vXPxgKVk5Q4

Mungkin sebagian dari kamu sudah melihat cuplikan film 2037 yang berseliweran ya di beberapa platform media sosialmu. Film 2037 bercerita tentang seorang gadis berusia 19 tahun yang diperankan oleh Hong Ye-ji sebagai Yoon Young yang mendapatkan ketidakadilan. Yoon Young tinggal bersama dengan ibunya yang tuli, hingga suatu ketika Yoon Young mengalami tindakan kekerasan seksual oleh rekan kerja ibunya, dan sampai ketika monster tersebut teralihkan Yoon Young membunuh sang pelaku. 

Namun, sial Yoon Young malah berakhir masuk bui atas tuduhan melakukan pembunuhan. Tahanan nomor 2037 sebutan untuk dirinya di dalam penjara. Tak ingin spoiler, intinya film ini menampilkan kisah kehidupan Yoon Young bersama teman-teman di dalam sel 12 yang juga berbagi cerita kehidupan yang pernah mereka lewati. Tolong segera siapkan tisu kalau kamu mau menontonya. Kamu sudah bisa menonton film ini melalui platform Viki sejak tanggal 8 Juni 2022 lalu.

2. Shark: The Beginning (2021)

https://www.youtube.com/embed/P_ClPWLHErQ

Diperankan oleh Wi Ha-Joon sebagai Jeong Do Hyun, seorang juara MMA yang harus mengakhiri kariernya karena melakukan pembunuhan terhadap tiga perampok yang menewaskan ibu dan adiknya. Di tengah pengajuan banding, seorang anak SMA Cha Woo Sol (Kim Min Suk) juga dijebloskan ke dalam penjara karena melukai salah satu teman yang sering merisaknya di sekolah.

Cha Woo Sol merupakan sosok pemuda yang lemah sangat dan sangat ingin membalaskan dendamnya kepada teman-temannya yang merisaknya, terutama kepada Bae Seok Chan (Won-Chang Jung) yang diketahui ia merupakan petinju profesional. Dengan susah payah ia meminta bantuan kepada Do Hyun yang dikenal sebagai petinju hebat. Akankah Do Hyun membantu Cha Woo So? 

Film berdurasi 108 menit ini tayang mulai 17 Juni 2021 di TVING. Penonton Indonesia dapat menonton Shark: The Beginning dengan subtitle Bahasa Indonesia di iQiyi.

3. The Merciless (2017)

https://www.youtube.com/embed/WVtBfQqKyh4

The Merciless adalah sebuah film laga-kejahatan Korea Selatan yang rilis di Korea pada 17 Mei 2017. Film yang disutradarai oleh Byun Sung-hyun ini diangkat berdasarkan pada buku komik karakter fiksi dari PLUSMAKER Comics. Film aksi krimanal berbalut bromance menampilkan Sol Kyung-gu dan Im Si-wan. 

Mengisahkan kehidupan di dalam penjara antara seorang pemimpin narapidana dan polisi (tahanan yang menyamar). Persahabatan dan penghianatan yang terjadi di dalam sebuah penjara dan ambisi menjadi orang nomer satu dalam geng kriminal. Film ini banyak mendapatkan ulasan positif dan pujian terhadap peran Im Si-wan. Bahkan The Merciless juga telah ditampilkan di Cannes International Film Festival ke-70 pada tahun 2017 sebagai film pemutaran tengah malam (Midnight Screenings).

4. Fabricated City (2017)

https://www.youtube.com/embed/nWH__bffCOk

Aktor Ji Chang-wook memerankan karakter Kwon-yoo dalam film Fabricated City yang merupakan mantan juara taekwondo nasional. Suka menghabiskan waktu untuk bermain gim di warung internet, dia memainkan karakter kapten dalam tim bernama Resurrection. 

Namun, sebuah peristiwa terjadi sehingga kehidupan Kwon-yoo berubah dalam sekejap. Film ini mengisahkan kehidupan penjara yang dialami oleh Kwon-joo dan upaya membersihkan nama baik Ibunya yang meninggal saat ia di penjara. Bersama dengan teman-teman onlinenya ia pun menyusun strategi untuk mencapai tujuannya tersebut dan untuk mengungkap kasus yang menimpanya. 

5. The Prison (2017)

https://www.youtube.com/embed/d02g7ei7FKk

Seorang mantan detektif Song Yoo-gun (Kim Rae-won) harus mendekam di dalam pejara karena kasus tabrak lari. Di dalam penjara ia dipertemukan dengan 'Raja' dari narapidana di sana bernama Jung Ik-ho (Han Suk-Kyu) yang menjalankan sindikat kejahatan dengan bantuan sipir dan penjaga yang memberi mereka alibi 100%.

Hingga akhirnya ia bergabung dalam kerajaan Jung Ik-ho dan memanfaatnya untuk bisa mengungkap kebenaran kasus yang menimpa sang kakak. 

6. New Trial (2017)

https://www.youtube.com/embed/trej8YpVLx0

Berdasarkan kisah nyata, yang berangkat dari seorang sopir taksi yang tewas pada 10 Agustus 2000. Mengisahkan Hyun-Woo (Kang Ha-Neul) satu-satunya saksi kasus pembunuhan sopir taksi. Setelah dituduh membunuh seorang sopir taksi oleh investigasi kriminal yang menindas sehingga akhirnya ia terpaksa mengakui kejahatannya, ia telah menghabiskan 10 tahun penjara.

Seorang pengacara yang telilit hutang tertarik untuk mengambil kasus Hyun-woo yang menurutnya dalah kesempatan baik untuk memajukan kariernya. Namun, setelah bertemu ia memiliki motivasi lain untuk bisa memperjuangkan keadilan Hyun-Woo. 

7. A Violent Prosecutor (2016)

https://www.youtube.com/embed/gPbUotzwuAs

Mengisahkan seorang jaksa Byun Jae-wook yang diperankan oleh Hwang Jung-min tertuduh atas pembunuhan seorang penjahat yang sedang ia tangani. Terkenal sebagai jaksa yang sombong dan arogan Byun Jae-wook dituntut kurungan penjaran selama 15 tahun. 

Sampai suatu ketika ia dipertemukan oleh Chi-won (Gang Dong-won) yang dikenal sebagai penipu muda. Berbekal keterampilannya sebagai jaksa, Chi-won akhirnya bebas. Kebebasan Chi-won dimanfaatkan Byun Jae-wook di balik penjara untuk melancarkan aksi balas dendam kepada orang-orang yang menjebaknya.

8. Miracle in Cell No.7 (2013)

https://www.youtube.com/embed/rvcN5uFf_VI

Mengisahkan ketidakadilan menimpa seorang ayah berkebutuhan khusus yang diperankan Ryoo Seung-Ryong. Walaupun cacat mental, tetapi Yoo-Goo sangat mencintai putrinya. Hingga suatu hari ia dituduh melakukan kejahatan dan dikirim ke penjara. Kemudian, putrinya Ye-Seung (Park Shin-Hye), yang merupakan mahasiswa sekolah hukum, berusaha memperjuangkan keadilan dan membersihkan nama baik sang ayah. 

Banyak adegan sentimental yang akan membuatmu banjir air mata. Sebelum akhirnya diputuskan hukuman mati, film ini mengisahkan persahabatan yang terjalin di antara semua penghuni sel no.7. Bagimana para penghuni berbondong-bodong memenuhi permintaan Yoo-Goo untuk bisa dipertemukan dengan Ye-Seung kecil. 

9. Way Back Home (2013)

https://www.youtube.com/embed/Gj1HD97c6iE

Berdasarkan kisah asli, Way Back Home merupakan film Korea mengisahkan Jung-Yeon (Jeon Do-Yeon) menikah dengan Jong-Bae (Ko Soo) dan mereka memiliki satu putri bernama Hye-Rin (Kang Ji-Woo). Jung-Yeon dan Jong-Bae mempunyai bengkel mobil kecil bersama, dan hanya dari bengkel tersebutlah mereka menggantungkan hidup.

Semuanya berjalan normal, hingga akhirnya teman Jong-Bae bunuh diri setelah sebelumnya meninggalkan hutang yang begitu banyak atas nama Jong-Bae. Untuk memperjuangkan hidup Jung-Yeon akhirnya memilih tawaran seorang teman untuk menyelundupkan batu permata ke Paris. Namun, akhirnya ia tertangkap karena kedapatan membawa kokain dalam jumlah yang besar. 

Film ini berkisah perjuangan Jung-Yeon yang mengerikan agar bisa menemukan jalan untuk kembali ke rumah. 

10. Harmony (2010)

https://www.youtube.com/embed/xIxEwMjnfuY

Walaupun tidak sesedih 2037 dan Miracle in Cell No.7 sepertinya kamu juga tetap harus menyediakan tisu, Bela. Berlatar dunia penjara perempuan, Harmony berkisah tentang sekumpulan narapidana dengan kasusa yang berbeda mengikat tali persahabatan yang mengharukan.

Ada Moon Ok (Na Moon-Hee) seorang dosen musik di sebuah universitas mendekam di penjara dan menunggu hukuman mati akibat kejahatan yang melibatkan suami dan ibu mertuanya. Seorang wanita muda bernama Jeong-hye (Kim Yunjin) yang membunuh suaminya karena kekerasan fisik.

Saat di penjara, Jeong-hye yang sudah hamil dan bayi yang dikandungnya lahir di penjara. Namun, Jeong-hye tidak bisa mengasuh bayinya di penjara dan harus menyerahkan ke lembaga adopsi untuk diasuh orang lain. 

Untuk menghabiskan satu hari dengan bayinya di luar penjara, Jeong-hye membentuk kelompok paduan suara penjara. Moon Ok menjadi konduktor untuk paduan suara ini.

Demikianlah film Korea dengan latar kisah penjara. Ketengangan hingga kisah haru ditampilkan dengan baik dalam film-film tersebut. Dari deretan film di atas mana yang paling berkesan?

Baca Juga: Rekomendasi Film Korea yang Wajib Ditonton di Paruh Pertama Tahun 2022

Baca Juga: Ada Song Joong Ki, 5 Film Korea Ini Berpotensi Tayang Akhir 2022

Baca Juga: Membosankan, Ini 5 Film Korea Terburuk 2021 Menurut Max Movie

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Perjalanan Karier Doyoung NCT 127 yang Genap Berusia 27 Tahun

Perjalanan Karier Doyoung NCT 127 yang Genap Berusia 27 Tahun

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator