#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing&Bagikan RTT

#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing & Bagikan Cerita soal RTT

Praktisi RTT pertama di Indonesia

#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing & Bagikan Cerita soal RTT

Saat ini ketertarikan akan kesehatan mental bukan lagi hal yang tabu. Terkhusus untuk generasi millenial dan gen-z. Bahkan saat ini kepedulian terhadap kesehatan mental kian meningkat. Istilah ‘healing’ pun cukup familiar di kalangan anak muda. 

Menurut Galang Lufityanto, Psikologi UGM mengartikan Healing sebagai proses penyembuhan diri dengan mencari tahu terlebih dahulu akar dari permasalahan yang terjadi. Melihat dari pengertian tersebut, healing adalah sesuatu yang cukup kompleks.

Banyak nih yang menggunakan kata healing dalam artian melakukan perjalanan liburan ke suatu tempat. Sebenarnya penggunaan kata healing untuk melakukan perjalanan tepat atau tidak, ya?

Hadir di panggung Future is Female by Popbela.com, Nina Moran seorang praktisi kesehatan mental yang akan memberikan pendapatnya tentang makna healing versinya dan akan membagikan sedikit pengalamannya sebagai praktisi RTT di Indonesia.

Apa makna healing sesungguhnya?

#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing & Bagikan Cerita soal RTTdok. IDN Media

Nina Moran mengartikan healing sebagai proses mengingat kembali diri seutuhnya. Setelah melewati berbagai pengkondisian diri dari lahir hingga sekarang terkadang seseorang melupakan makna sesungguhnya dari utuh. 

“Healing adalah proses untuk mengingat kembali diri kita sendiri yang seutuhnya. Jadi karena pengkondisian kita sejak lahir, dengan didikan akhirnya kita lupa kalau kita tuh sebenarnya utuh. Jadi, healing itu adalah proses kita kembali mengingat kalau kita itu sudah utuh,” ungkap Nina sebagai pembuka sesi yang mengangkat topik “Healing sampai Hilang” and Other Misused Term That Hurts Mental Wellness pada Jumat (29/09/22).

Perjalanan ke Bali dan tempat lainnya apakah bisa termasuk healing?

#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing & Bagikan Cerita soal RTTPopbela.com/NabilaDamaan

Penggunaan istilah healing kerap kita dengar ketika seseorang yang sudah melewati suatu pekerjaan atau masalah yang berat lalu memutuskan untuk berlibur atau pelesiran ke suatu tempat, sebagai bentuk hadiah kepada diri sendiri karena berhasil melewati hal terberat dalam hidupnya. Memberikan kesenangan sesaat. 

Nina Moran mengungkapkan ia tak ingin menghakimi orang-orang yang menggunakan istilah healing untuk melakukan hal tersebut. Ia tak ingin menyalahkan orang yang menggunakan istilah kata healing sebab tidak mengetahui tujuan sebenarnya dari orang yang bersangkutan. 

Aku nggak bisa men-judge, karena begini bagaimana  kalau orang yang ingin healing ke Bali itu memang memberikan sesuatu untuk inner-child kita. Mungkin waktu kecil kita susah jalan-jalan, waktu kecil kita nggak punya power (untuk liburan),” ungkap Nina.

Itulah mengapa Nina tidak bisa menyalahkan orang tersebut salah kaprah atau tidak, karena dirinya tidak mengetahui apa yang akan mereka lakukan di sana, apakah sekadar jalan-jalan, atau berbelanja, atau mengikuti kegiatan seperti meditasi dan melukat. Nina akan selalu menanyakan terlebih dahulu tujuan, dan benefit apa yang akan didapatkan orang tersebut.

Apa itu RTT?

#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing & Bagikan Cerita soal RTTdok. IDN Media

Kepeduliannya terhadap kesehatan mental membawa Nina Moran bertekad menjadi seorang praktisi RTT. Perempuan yang cukup vokal mengedukasi terkait manfaat dari RTT di media sosial pribadinya ini mengungkapkan apa sebenarnya metode RTT itu.

Nina mengatakan metode RTT itu termasuk metode hipnoterapi. Secara umum mirip dengan hipnoterapi tetapi lebih komprehensif.

"Jadi dalam satu sesi itu bisa kaya 3 sampai 4 sesi hipnoterapi, jadi capek dan panjang banget," lanjut Nina.

Secara spesifik tidak semua kasus kesehatan mental bisa diatasi dengan metode RTT. Ada kode etik yang mengatur seorang praktisi RTT jika menemukan klien dengan keluhan di luar peraturan, maka Nina akan menyarankan pasien tersebut untuk melanjutkan penyembuhan melalui tenaga profesional.

"Jika ingin melakukan metode RTT, tujuannya hanya ingin mencari tahu akar dari permasalahan yang kita rasakan," kata Nina.

Nina Moran pun mengibaratkan metode RTT seperti sebuah maps. Setelah menemukan penyebab masalah, Ia akan mengarahkan pasien tersebut harus melakukan perawatan selanjutnya.

Seorang praktisi RTT pertama di Indonesia

#IMGS2022: Nina Moran Ungkap Makna Healing & Bagikan Cerita soal RTTPopbela.com/NabilaDamaan

Memulai praktik RTT (Rapid Transformational Therapy) sejak tahun 2020. Nina Moran adalah seorang praktisi RTT pertama di Indonesia. Sempat menjalankan sebuah media, Nina mengungkapkan motivasi utama dirinya menjadi praktisi RTT bermula ketika perusahaan media yang dibangunnya tutup. Lalu, ia fokus menjadi seorang coaching.

"Setelah media aku tutup aku berkecimpung ke dunia coaching. Namun, ketika aku menjadi pelatih aku melihat manusia itu ada yang memiliki batasan-batasan mental yang nggak cuma bisa sekadar di coaching, mereka butuh treatment terapi gitu," jelas Nina saat ditemui tim Popbela.

Demikianlah, makna healing menurut sudut pandang Nina Monan. Jadi apa makna healing yang kamu ketahui Bela?

Baca Juga: #IMGS2022 Cara Pinkan Mambo Healing untuk Jaga Kesehatan Mental

Baca Juga: #IMGS2022: Perjalanan Baim Wong Jadi YouTuber Ternyata Tak Mulus

Baca Juga: #IMGS2022: Struggle Perempuan dalam Dunia Politik Indonesia

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

J-Hope BTS Kejutkan Penggemar dengan Rambut Bak Pangeran

J-Hope BTS Kejutkan Penggemar dengan Rambut Bak Pangeran

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

8 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur

8 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur