Film Bencana Alam Paling Menegangkan

11 Film Bencana Alam Paling Menegangkan dari Gempa Bumi hingga Tsunami

Bikin ikutan panik

11 Film Bencana Alam Paling Menegangkan dari Gempa Bumi hingga Tsunami

Bencana alam adalah peristiwa kerusakan yang terjadi berdasarkan faktor alamiah. Para ilmuwan dan ahli mungkin bisa memprediksi datangnya bencana, beberapa di antaranya tidak bisa dihindari. Nggak jarang akibat bencana alam, puluhan hingga ribuan jiwa melayang dan berbagai infrastruktur rusak parah. Bencana alam bisa terjadi kapanpun tanpa memberikan pertanda terlebih dahulu. 

Berbicara tentang bencana alam, ada banyak film yang terinspirasi dari kerusakan dan kedahsyatan bencana alam. Sineas film berlomba-lomba membuat kekacauan dalam memproduksi dengan teknologi yang membuat film bertema bencana alam ini menjadi tontonan yang membuat tegang hati dan pikiran manusia. Tentunya dibumbui dengan kisah-kisah kemanuasiaan di dalamnya.

Bahkan film-film ini berhasil membuat penonton ikut tenggelam dalam kepanikan jikalau harus berhadapan dengan bencana alam, nggak jarang pula yang menimbulkan haru. Bencana alam yang diangkat pun beragam, mulai dari gempa bumi hingga tsunami. Untuk merasakan sensasi menegangkan itu, Popbela akan merekomendasikan film-film bencana alam terbaik berdasarkan rating Rotten Tomatoes untukmu.

1. The Wave (2015)

https://www.youtube.com/embed/QPIOV-tCaEU

Film ini terinspirasi dari sebuah bencana alam yang terjadi di sebuah desa wisata Geiranger, Norwegia. Pada tahun 1934, bagian dari gunung Norwegia menabrak fyord, menyebabkan gelombang pasang yang menghancurkan desa sekitar.

Dalam The Wave yang rilis pada tahun 2015 ini kita akan mengikuti perjalanan seorang ahli geologi, Kristian Eikjord (Kristoffer Joner) dan keluarganya yang harus pindah ke sebuah desa dekat dengan stasiun pemantauan Åkerneset, tempatnya bersama tim kecilnya bekerja.

Selama tinggal di desa tersebut, Kristian mengetahui adanya kejanggalan, lalu ia pun berusaha untuk meneliti apa yang terjadi. Hingga akhirnya desa yang sedang dipenuhi oleh turis ini dikepung oleh gelombang setinggi 250 kaki akibat tanah longsor besar yang terjadi di salah satu gunung.

2. The Impossible (2012)

https://www.youtube.com/embed/Bgw394ZKsis

Siapa yang akan menyangka sebuah perjalanan liburan bersama keluarga berakhir tragis ketika ombak tsunami menerjang. The Impossible adalah sebuah film yang dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor, dan Tom Holland. Mengisahkan tentang sebuah keluarga kecil yang menghabiskan liburan musim dingin di negara Thailand. 

Tetapi sehari setelah Natal, liburan yang indah berubah menjadi mimpi buruk yang tidak dapat dipahami ketika raungan menakutkan muncul dari kedalaman laut, diikuti oleh tembok air hitam yang melahap semua yang ada di jalurnya memisahkan Lucas (Tom Holland) dengan keluarga kecilnya. Di sini kita akan melihat keluarga kecil itu saling bertahan hidup di tengah bencana demi dan berusaha mencari keberadaan sanak saudara yang entah di mana keberadaanya.

3. Greenland (2020)

https://www.youtube.com/embed/RTODtIQQRpA

Bela, pernahkah kamu terbayangkan bagaimana jika kita dihadapkan dengan bencana alam berupa hujan meteor yang bahkan pada zaman Mesozoikum menyebabkan makhluk purba dinosaurus punah? Kamu bisa merasakan ketegangan berhadapan dengan hujan meteor dalam sebuah film bertajuk Greenland yang dirilis tahun 2020 ini.

Film ini berkisah tentang John Garrity bersama keluarga kecilnya berjuang untuk menemukan tempat-tempat teraman untuk berlindung sebelum gempuran hujan meteor meluluh ratakan bumi. John harus berpacu dengan waktu dan mengerahkan berbagai cara untuk bisa mencapai posko perlindungan yang dibuat pemerintah.

4. The Poseidon Adventure (1972)

https://www.youtube.com/embed/bidQ-RTxAIY

Sebelum adanya suguhan mewah di dalam kapal Titanic, ada sebuah film yang berkisah tentang perjuangan para penumpang kapal pesiar mewah untuk bertahan hidup sesaat setelah kapal tersebut diterjang gulungan ombak besar di tengah laut bertajuk The Poseidon Adventure.

Pesta tahun baru yang awalnya berjalan dengan meriah berubah menjadi sebuah kekacauan. Banyak tumbuh terpelanting, melayang ke segala arah karena kapal pesiar S.S. Poseidon yang sedang ditumpangi hampir saja ditelan ombak besar dan mengakibatkan kapten kapal, sebagian besar awak, dan penumpang meninggal dunia.

Menyisakan sekelompok orang yang harus berjuang untuk selamat. Kita akan mengikuti ketegangan perjuangan mereka mencegah kebakaran, banjir, ketidakstabilan struktural, dan kerusakan mekanis yang terjadi di atas kapal yang terombang-ambing.

5. The Burning Sea (2021)

https://www.youtube.com/embed/fvWxfinyyvo

Masih berlatar lautan lepas, kali ini sebuah bencana datang akibat pengeboran minyak lepas pantai yang dilakukan pemerintahan Norwegia di tahun 1969. Setelah 50 tahun kemudian, konsekuensi lingkungan mulai terlihat, ilmuwan melihat adanya retakan yang telah terbuka di dasar laut, menyebabkan rig runtuh. 

Sebuah tim peneliti, termasuk operator kapal selam Sofia, bergegas menilai penyebab kerusakan, tetapi yang mereka temukan adalah bahwa ini hanyalah awal dari kemungkinan bencana besar. Saat rig dievakuasi, kekasih Sofia, Stian, terperangkap di kedalaman laut, dan Sofia harus menyelam untuk menyelamatkannya.

6. Twister (1996)

https://www.youtube.com/embed/OgG2jfBfLzI

Setelah kebanyakan film mengangkat bencana alam seperti tsunami dan gelombang laut, di film kali akan menggambarkan bencana alam angin tornado, nih Bela. Twister adalah sebuah film bencana asal Amerika yang rilis tahun 1996 garapan Jan de Bont.

Twitter mengisahkan Dr. 'Jo' (Helen Hunt) yang menjadi ahli meteorologi yang terobsesi dengan tornado dan pemimpin tim pemburu badai. Obsesinya ini bermula ketika ia harus kehilangan sang ayah yang menahan pintu di kala tornado F5 besar yang mendekati rumah mereka. Ia pun menciptakan “Dorothy” perangkat yang disinyalir mampu meneliti badai tornado.

7. Don’t Look Up (2021)

https://www.youtube.com/embed/RbIxYm3mKzI

Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence), seorang mahasiswa pascasarjana astronomi, dan profesornya Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) menemukan sebuah komet yang mengorbit di tata surya dan akan tabrakan langsung dengan Bumi dalam kurun waktu 6 bulan. Keduanya berusaha mengungkapkan hal tersebut ke publik, namun pernyataan mereka hanya dianggap sebagai gurauan semata.

Kedua tetap berusaha memperingati masyarakat dengan melakukan tur media akan bahaya komet sebesar Gunung Everest itu, namun usaha keduanya tidak pernah didengar, bahkan oleh pemerintahan sekaligus. Ketika berita tentang ancaman komet mulai diperhatikan publik, Direktur NASA Orlean Jocelyn Calder, membantah hal tersebut.

8. Volcano (1997)

https://www.youtube.com/embed/M49PmHt8PEc

Bagaimana jadinya jika sebuah gunung berapi aktif ditemukan tepat di bawah kota Los Angeles, Amerika Serikat? Itulah yang menjadi garis besar film Volcano.

Sesuatu yang sangat mengerikan akhirnya mulai memanas di Kota Los Angeles, Tepat di bawah La Brea Tar Pits yang terkenal, sebuah gunung berapi yang mengamuk telah terbentuk, menghujani kota dengan badai bom api yang mematikan dan gelombang lahar putih-panas yang nggak berujung ke kota. Mengakibatkan kekacauan dan penderitaan tiada akhir.

9. San Andreas (2015)

https://www.youtube.com/embed/jvIGFhqbe0c

Ketika gempa yang berpusat di Cianjur, guncangan gempa terasa hingga di kota sekitarnya, Jakarta salah satunya. Dalam sebuah rekaman yang disinyalir berada di sebuah hotel di Jakarta menunjukan air di dalam kolam renang mengalami goncangan yang cukup parah, sehingga banyak warganet yang mengaitkan hal tersebut dengan salah satu scene di film San Andreas.

San Andreas sendiri adalah film yang mengisahkan sebuah patahan San Andreas yang terkenal di California memicu gempa dahsyat berkekuatan 9 skala Richter, menjadi gempa terbesar dalam sejarah. 

Di film ini kita akan melihat aksi penyelamatan dari regu LAFD, yang dibintangi oleh Dwayne Johnson. Ia yang merupakan pilot helikopter harus berusaha menavigasi kehancuran dari Los Angeles ke San Francisco untuk membawa mantan istri dan putri kecilnya ke tempat yang aman.

10. The Day After Tomorrow (2004)

https://www.youtube.com/embed/Ku_IseK3xTc

Sempat viral di masanya, The Day After Tomorrow adalah sebuah film yang memperlihatkan kehancuran dunia akibat kerusakan alam. Kisahnya berputar di kehidupan ahli iklim Jack Hall (Dennis Quaid) yang sebagian besar penelitiannya diabaikan oleh pejabat PBB ketika menyampaikan keprihatinan lingkungannya.

Penelitiannya terbukti benar ketika "badai super" yang sangat besar berkembang, memicu bencana alam yang dahsyat di seluruh dunia. Mencoba mendapatkan putranya, Sam (Jake Gyllenhaal), yang terjebak di New York bersama temannya Laura (Emmy Rossum) dan lainnya, Jack dan krunya harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari Philadelphia, menantang cuaca, untuk sampai ke Sam sebelum terlambat.

11. 2012 (2009)

https://www.youtube.com/embed/ce0N3TEcFw0

Pada tahun 2000-an dunia sempat digemparkan dengan sebuah ramalan bahwa kiamat akan segera terjadi di tahun 2012. Melihat hal tersebut, muncullah sebuah film asal Amerika yang menggambarkan sedikit kekacauan apabila akhir dunia benar-benar terjadi. 

Miliaran penduduk bumi tidak menyadari bahwa planet ini memiliki tanggal kadaluarsa. Dengan peringatan dari seorang ilmuwan Amerika (Chiwetel Ejiofor), para pemimpin dunia memulai persiapan rahasia untuk kelangsungan hidup anggota masyarakat terpilih. Ketika bencana global akhirnya terjadi, penulis gagal Jackson Curtis (John Cusack) mencoba memimpin keluarganya ke tempat yang aman saat dunia mulai berantakan. 

Demikianlah 11 film yang terinspirasi dari bencana alam yang menegangkan. Memberikan sedikit gambaran kepada kita bagaimana kita harus bertindak ketika bencana tersebut benar-benar menimpa diri kita. Dari ke-10 film di atas mana yang paling menegangkan?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film yang Dibintangi Idol K-Pop

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Thailand yang Diperankan oleh Mario Maurer

Baca Juga: 9 Tips Menyembuhkan Rasa Trauma Setelah Alami Bencana Alam

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Viral Karena Dibuat Parodi, ini Lirik Lagu "Aiya Susanti"

Viral Karena Dibuat Parodi, ini Lirik Lagu "Aiya Susanti"

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Selain GWS, Ini Singkatan Bahasa Inggris Kekinian yang Perlu Kamu Tahu

Selain GWS, Ini Singkatan Bahasa Inggris Kekinian yang Perlu Kamu Tahu