Moslem District Destination, Halal Park, di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat baru saja diresmikan oleh Joko Widodo, Presiden Indonesia (16/4). Halal Park ini diharapkan bisa menjadi lingkungan yang cocok bagi pelaku industri gaya hidup halal di Indonesia. Mengangkat industri halal di Indonesia sebagai moto pertumbuhan ekonomi, ladang kreativitas generasi muda dan sebagai sumber kesejahteraan umat.

Resminya Halal Park yang akan mewarnai GBK ini dimulai dengan membangun Miniatur Halal Park yang berada di Jl. Pintu Satu Senayan, Area Gelora Bung Karno ​(samping Basketball Hall) sebagai tahap awal. Rencananya, Halal Park akan dibangun di Area GBK seluas 21.000 m​eter persegi.

Presiden Joko Widodo Resmikan Halal Park di GBK Popbela.com//Monica Dwi Ardiati

Sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam, Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat di industri halal. Melalui Halal Park, para pelaku bisnis terutama UMKM dapat berpartisipasi dengan menawarkan produk yang dihasilkan. Selain itu, juga ikut memajukan ekonomi nasional saat ini maupun di masa yang akan datang.

Miniatur Halal Park yang ada di Senayan ini menawarkan beragam produk, seperti feysen, makanan dan minuman. BUMN selaku koordinator pelaksana Halal Park juga ikut berpartisipasi dengan menyediakan produk-produk Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang terdiri dari beberapa perusahaan BUMN dengan produk fesyen, makanan dan minuman. Nantinya Halal Park akan menyediakan bisnis dibidang lain, seperti pariwisata, pendidikan dan keuangan. 

Presiden Joko Widodo Resmikan Halal Park di GBK Popbela.com/Monica Dwi Ardiati

Diajeng Lestari, CEO & F​ounder HIJUP, percaya bahwa gaya hidup halal harus menjadi cara pandang masyarakat Indonesia. Mengingat manfaat yang dapat memberikan hasil positif terhadap pola hidup manusia kedepan.“Meskipun berkonsep halal, sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, suku, ras, dan agama yang menjunjung tinggi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, Halal Park dapat dinikmati oleh semua kalangan penikmat gaya hidup,” ungkap Presiden Jokowi. Selain Pak Jokowi, Vivi Zubedi sebagai seorang desainer berbakat juga berharap Halal Park dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia dan melihat secara langsung kualitas produk buatan anak bangsa.

Baca Juga: Dapat Sertifikasi Halal, Toblerone Malah Diancam akan Diboikot