5 Rumah Adat Jawa Timur, Ciri dan Nilai Filosofis Bangunannya

Bukan cuma Joglo, lho!

5 Rumah Adat Jawa Timur, Ciri dan Nilai Filosofis Bangunannya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bicara soal rumah adat Jawa Timur, maka akan terlintas dalam pikiran nama Rumah Joglo. Namun, ternyata Jawa Timur punya banyak rumah adat lainnya yang tak kalah eksotis dari Rumah Joglo. Tak cuma itu, rumah-rumah adat Jawa Timur berikut juga punya nilai filosofis tinggi di balik bangunannya, Bela. Berikut ini lima rumah adat Jawa Timur lengkap dengan gambar dan penjelasannya!

1. Rumah Adat Joglo

Rumah Joglo adalah rumah adat terpopuler dari Jawa Tengah. Rumah Joglo memiliki bentuk limas yang bangunannya didirikan dari kayu jati. Rumah ini memiliki area-area yang khusus yang dinamakan senthong tengen, senthong kiwa, dan senthong tengah

Di rumah ini, terdapat saka guru (tiang utama) dan bebatur (tanah yang dipupuk lebih tinggi dari sekitarnya) yang adalah pondasi cerminan dari keharmonisan antara alam dan manusia, serta manusia dengan manusia lainnya. Pondasi Rumah Joglo juga erat dengan kepercayaan Kejawen yang banyak dianut masyarakat Jawa. 

2. Rumah Adat Suku Tengger

Selanjutnya ada Rumah Suku Tengger yang punya pondasi atap yang unik. Ya, pada bagian atapnya, rumah adat ini memiliki bubungan atap yang bertumpuk, meninggi dan terjal. Di bagian depan, rumah ini memiliki tempat duduk yang disebut bale-bale. Uniknya, masyarakat Jawa Timur biasanya membangun Rumah Suku Tengger ini secara berdekatan. Tujuannya, untuk menghalau angin besar dan cuaca ekstrem lainnya. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here