7 Rumah Adat Jawa Barat, Terinspirasi dari Binatang

Punya nama yang filosofis

7 Rumah Adat Jawa Barat, Terinspirasi dari Binatang

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Budaya Indonesia memang selalu menarik untuk dibicarakan, ya! Salah satunya adalah rumah adat. Dari sekian banyaknya rumah adat yang tersebar di Indonesia, salah satu yang menarik adalah rumah adat masyarakat Sunda.

Tahu nggak sih, banyak nama rumah adat di Jawa Barat yang berhubungan dengan hewan secara filosofis, lho! Penasaran? Langsung simak 7 nama dan gambar rumah adat Jawa Barat yang sudah Popbela rangkum di bawah ini!

1. Rumah Togog Anjing

Ada yang tau kenapa rumah ini dinamai Rumah Togog Anjing? Ya, rumah adat Jawa Barat ini dinamai demikian lantaran bentuk atapnya yang dinilai menyerupai anjing yang sedang duduk.

Rumah yang berada di daerah Garut ini juga punya bagian yang disebut "sorondoy". Sorondoy adalah bagian atap tambahan yang berfungsi untuk membuat rumah lebih teduh. 

2. Imah Julang Ngapak

Berbeda dengan Rumah Togog Anjing, Rumah Imah Julang Ngapak ini mengambil nama yang terinspirasi dari burung. Jika kamu perhatikan secara saksama, rumah ini memiliki bentuk atap menyerupai burung yang sedang mengepakkan sayap.

Jika saat ini Rumah Imah Julang Ngapak dibangun dari bahan kayu, hal ini tidak terjadi di zaman dulu. Awalnya, rumah ini dilapisi dengan alang-alang atau rumbia. Meskipun begitu, rumah ini masih tahan bocor, lho!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here