Budaya Indonesia memang selalu menarik untuk dibicarakan, ya! Salah satunya adalah rumah adat. Dari sekian banyaknya rumah adat yang tersebar di Indonesia, salah satu yang menarik adalah rumah adat Jawa Barat.

Tahu nggak sih, banyak nama rumah adat Jawa Barat yang berhubungan dengan hewan secara filosofis, lho! Penasaran? Langsung simak 5 fakta unik, nama dan gambar rumah adat Jawa Barat yang sudah Popbela rangkum di bawah ini, yuk!

1. Rumah Togog Anjing

Terinspirasi dari Binatang, Ini 5 Fakta Rumah Adat Jawa BaratDecoruma.com

Ada yang tau kenapa rumah ini dinamai Rumah Togog Anjing? Ya, rumah ini dinamai demikian lantaran bentuk atapnya yang dinilai menyerupai anjing yang sedang duduk.

Rumah yang berada di daerah Garut ini juga punya bagian yang disebut "sorondoy". Sorondoy adalah bagian atap tambahan yang berfungsi untuk membuat rumah lebih teduh. 

2. Imah Julang Ngapak

Terinspirasi dari Binatang, Ini 5 Fakta Rumah Adat Jawa BaratInspirilo.com

Berbeda dengan Rumah Togog Anjing, Rumah Imah Julang Ngapak ini mengambil nama yang terinspirasi dari burung. Jika kamu perhatikan secara seksama, rumah ini memiliki bentuk atap menyerupai burung yang sedang mengepakkan sayap.

Jika saat ini Rumah Imah Julang Ngapak dibangun dari bahan kayu, hal ini tidak terjadi di zaman dulu. Awalnya, rumah ini dilapisi dengan alang-alang atau rumbia. Meskipun begitu, rumah ini masih tahan bocor, lho!

3. Imah Badak Heuay

Terinspirasi dari Binatang, Ini 5 Fakta Rumah Adat Jawa BaratRomadecade.com

Kalau rumah yang satu ini terinspirasi dari badak. Menurut warga ahli sejarah, rumah ini memiliki bentuk bangunan menyerupai badak yang sedang menguap.

Di bagian depannya, terdapat atap untuk menutupi bagian teras rumah. Di teras ini, warga Jawa Barat kala itu akan menerima tamu laki-laki yang berkunjung. 
 

4. Imah Perahu Kumureb

Terinspirasi dari Binatang, Ini 5 Fakta Rumah Adat Jawa BaratIrieq.blogspot.com

Sama seperti namanya, bentuk rumah ini terlihat seperti bentuk perahu yang terbalik. Rumah ini memiliki atap berbentuk limas yang terbuat dari ijuk dan bangunan utamanya didominasi kayu.

Rumah Imah Perahu Kemureb bisa kamu temui di sekitar daerah Ciamis. Sayangnya, masyarakat saat ini mulai meninggalkan jenis rumah adat yang satu ini. Hal tersebut lantaran Rumah Imah Perahu  Kemured belum memiliki desain bangunan yang tahan bocor saat hujan.

5. Imah Jolopong

Terinspirasi dari Binatang, Ini 5 Fakta Rumah Adat Jawa BaratSilontong.com

Bisa dikatakan, rumah adat Jawa Barat yang satu ini adalah yang paling murah dan sederhana. Kenapa, ya?

Rumah Imah Jolopong tidak memiliki bentuk atap yang rumit, melainkan hanya berbentuk segitiga. Selain itu, rumah ini juga tidak memiliki banyak sekat ruang di dalamnya. 

Itulah fakta unik, nama dan gambar rumah adat Jawa Barat. Kalau kamu berkunjung kesana jangan lupa untuk mengunjungi rumah-rumah adat di atas, ya!

Baca Juga: Mengintip 4 Rumah Adat di DKI Jakarta yang Mempunyai Makna Filosofis