Adinia Wirasti baru-baru ini membuat publik kagum. Ya, Ardinia ternyata memutuskan untuk mendonorkan kornea matanya. Hal ini diketahui lewat unggahannya di media sosial saat ia memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang memiliki stiker khusus. Kemudian, Adinia menjelaskan bahwa ia tergerak untuk mendonorkan kornea matanya pada saat ia menutup usia nantinya.  

"Dalam keseharian saya yang bergerak di bidang seni peran dan visualisasi, saya tergerak untuk menyuarakan kebutuhan mereka yang memiliki kelainan kornea untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik,” tulis duta kampanye Help Them To See gagasan Lions Eye Bank Jakarta itu. 
 

Lalu, apa aja sih, jenis organ tubuh yang bisa kamu donorkan di Indonesia? 
 

1. Jantung

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanUnsplash.comjessedo81

Jantung, salah satu organ vital ini bisa juga kamu donorkan kepada yang membutuhkan, lho! Biasanya, pasien yang divonis berbagai penyakit jantung seperti gagal jantung, jantung bocor, atau kecacatan dalam fungsi jantungnya akan sangat membutuhkan donor jantungmu, Bela! 
 

2. Katup Jantung

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu Donorkantoday.com

Bagian jantung lainnya yang bisa kamu donorkan adalah katup jantung. Sayangnya, kamu hanya bisa mendonorkan katup jantungmu saat sudah meninggal, Bela.  

3. Hati

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanUnsplash.com/giulia_bertelli

Berbeda dengan jantung yang hanya bisa kamu donorkan ketika sudah meninggal, hati bisa kamu donorkan sebagian saat kamu masih hidup. Nggak usah panik, hati si pendonor nantinya akan beregenerasi, kok! Hasilnya, kamu bisa menolong banyak nyawa seperti pasien kanker hati atau gagal hati. 

4. Ginjal

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanUnsplash.com/averey

Kamu juga bisa mendonorkan salah satu ginjalmu saat masih sehat. Nantinya, satu ginjalmu akan membesar dan beradaptasi untuk menanggung tanggung jawab yang sebelumnya dilakukan oleh ginjal lainnya. Tapi memang perlu pemikiran matang, ya. 
 

5. Pankreas

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanPinterest.com

Sebagian pankreasmu juga bisa kamu donorkan, Bela. Dengan donor pankreasmu, kamu bisa menolong para pasien diabetes atau gagal ginjal akut.

6. Paru-Paru

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanCollosal.com

Dalam beberapa kasus, ada pasien yang dapat bertahan hidup dengan ditransplantasikan satu paru-paru saja. Oleh karena itu, kamu bisa mendonorkan paru-parumu saat masih hidup ataupun setelah meninggal. 

7. Usus

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanUnsplash.com/pawel_czerwinski

Saat masih hidup, kamu juga bisa mendonorkan sebagian ususmu kepada yang membutuhkan. Salah satu jenis transplatansi yang paling langka dilakukan adalah usus kecil.  

8. Kulit

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanTumblr.com

Dalam beberapa kasus seperti pasien luka bakar parah, atau kelainan kulit, kamu juga menolong mereka dengan mendonorkan kulitmu. Salah satu syarat yang terpenting adalah kamu harus terbebas dari penyakit menular seperti HIV/AIDS, ya!

9. Kornea

Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu DonorkanUnsplash.com/angelovisuals

Tahu nggak sih, kornea adalah salah satu organ vital untuk penglihatan seseorang. Kamu bisa melihat karena berfungsinya kornea matamu untuk menyerap cahaya yang masuk. Sayangnya, ada beberapa kasus seseorang harus mengalami cacat kornea sejak lahir maupun karena kecelakaan, sehingga tidak mampu lagi melihat. Jika kamu tergerak untuk membantu mereka, kamu juga bisa mendonorkan kornea matamu, tapi saat sudah meninggal.