Aku sangat menyukai beberapa hari terakhir di tahun ini! Apa yang kulakukan adalah dengan mengambil waktu sendiri sambil menikmati segelas teh, diary-ku, dan mulai menulis. Aku menulis tentang bagaimana setahun belakangan ini berlalu bagiku, perasaanku dan hal bagus maupun yang tidak terlalu bagus. Jika kamu suka melakukan aktivitas sperti ini, aku membagikan beberapa pertanyaan yang juga pernah aku kerjakan dengan klienku. Mereka akan menuntunmu melalui proses. And no, tidaklah cukup dengan hanya menjawab semua pertanyaan ini di dalam pikiranmu! Kamu HARUS menuliskannya di sebuah kertas.

Eksklusif dari Martina Fink: Terima Kasih 2016! Apa Harapanmu Di 2017?

1. Hal terbaik apa yang terjadi di 2016?

2. Pencapaian apa yang paling membanggakan bagimu di tahun ini?

3. Kapan kamu merasa tidak menjadi versi terbaikmu? Mengapa?

4. Hal apa yang sangat ingin kamu lakukan, tetapi tidak tercapai? Mengapa?

5. Bagaimana perasaanmu saat melihat 12 bulan terakhir?senang?merasa stres?atau bersyukur?

Eksklusif dari Martina Fink: Terima Kasih 2016! Apa Harapanmu Di 2017?

Aku juga menulis tentang 2017! Hal apa aku inginkan terjadi di tahun ini? Apa saja mimpi-mimpi yang sangat ingin aku capai? Jika kamu tidak terlalu suka menulis, latihan ini jauh lebih penting dibandingkan yang terakhir. Karena yang lalu biarlah berlalu, kamu tidak bisa mengubahnya. Tetapi kamu mempunyai kendali atas masa depan yang kamu inginkan.

1. Apa yang sangat ingin kamu lakukan di 2017?

2. Apa yang menjadi tujuan terbesarmu? Tulis targetmu untuk 3, 6 bulan, dan 1 tahun. Tuliskan dengan sangat detail mengenai hal tersebut.

3. Hal apa yang ingin selalu kamu ubah tetapi sejauh ini belum tercapai? Mungkin kamu ingin menurunkan berat badan, makan lebih sehat atau akahrinya mulai berolahraga secara rutin. Dari skala 1-10, seberapa penting bagimu untuk mengubahnya?

4. Kemana kamu ingin bepergian?

5. Siapa yang ingin kamu temui? Mungkin selebriti, pacar baru atau pasangan sempurnamu?

6. Pikirkan tentang 31 Desember 2017! Hal apa yang ingin kamu kenang?

7. Apa yang ingin kamu rasakan di 2017?

8. Dengan siapa kamu ingin menghabiskan banyak waktu?

9. Apa yang akan kamu lakukan dengan kesehatanmu?

10. Hal apa yang bisa membuatmu bahagia di 2017?

Semua ini merupakan pertanyaan-pertanyaan detail, namun kenyataannya semakin detail yang kamu dapatkan, semakin mudah pula kamu dapat mencapai targetmu. Misalnya saja kamu ingin lebih bahagia di 2017. Apa maksudnya? Bagaimana kamu tahu kapan akan mencapai target tersebut? Itu tidak cukup spesifik! Cari tahu apa yang sebenarnya bisa membuatmu lebih bahagia. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan pacarmu? Bepergian ke Eropa? Melakukan Yoga?

Jika kamu merasa terhalang dan membutuhkan bantuan untuk menemukan target bagus untuk tahun baru, aku sangat senang bisa membantumu selama prosesnya! Kamu bisa memesan waktu bebas 20 menit untuk berhubungan denganku dan aku akan membantumu untuk mencapai semua target tersebut sehingga kamu bisa menikmati tahun 2017.

BACA JUGA: Exclusive dari Martina Fink: Sudah Tahukah Kamu Tren Terbaru Beauty Foods yang Akan Mengubah Hidupmu?