Dalam rangka memperingati 500 tahun kematian Leonardo da Vinci, juga sekaligus memperingati 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia, Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia untuk Indonesia mengadakan pameran bertajuk 'Leonardo Opera Omnia'. Pameran yang digelar di Museum Bank Mandiri ini, mempertunjukkan 17 reproduksi mahakarya Da Vinci. 

Duta Besar Italia untuk Indonesia berharap lewat pameran ini masyarakat Indonesia bisa menikmati karya-karya Leonardo da Vinci. Meskipun lukisan-lukisan yang ada hanya merupakan hasil reproduksi, lukisan yang ditampilkan memiliki format high-definition digital imaging dan skala sesuai ukuran aslinya. Dibawah ini Popbela.com sudah merangkum beberapa fakta menarik tentang pameran 'Leonardo Opera Omnia', yuk disimak!

Menampilkan seluruh mahakarya Leonardo da Vinci

Ini Beberapa Fakta Menarik dari Pameran 'Leonardo Opera Omnia'instagram/museum_mandiri

Di pameran ini kamu dapat melihat 17 lukisan yang dibuat Da Vinci sepanjang hidupnya. Lukisan aslinya sebenarnya berada di berbagai negara, namun hasil reproduksi yang dipamerkan dibuat persis seperti aslinya dari bentuk hingga ukurannya. Menarik banget kan, Bela?

Lukisan 'The Last Supper' tidak hancur terkena bom Perang Dunia II

Ini Beberapa Fakta Menarik dari Pameran 'Leonardo Opera Omnia'www.leonardodavinci.net

Berbeda dengan lukisan 'Monalisa' yang berukuran kecil, 'The Last Supper' memiliki ukuran yang sangat besar. Da Vinci melukiskannya pada sebuah dinding gereja dengan ukuran sebesar 4x8 meter. 

Gereja tempat lukisan Da Vinci dipajang sempat menjadi korban pada Perang Dunia II, dinding-dinding gereja pun hancur. Namun dinding yang terdapat mural 'The Last Supper' selamat. Wah keren banget ya, Bela!

Butuh waktu yang lama untuk dapat melihat lukisan Mona Lisa dan The Last Supper yang asli

Ini Beberapa Fakta Menarik dari Pameran 'Leonardo Opera Omnia'miro.medium.com

Untuk dapat melihat lukisan 'Mona Lisa' dan 'The Last Supper' yang asli, kamu membutuhkan waktu sampai 7 bulan lamanya untuk mendapat giliran. Setiap harinya hanya 1000 orang yang boleh masuk melihat lukisan-lukisan tersebut, karena perubahan iklim dan hawa tubuh manusia dapat mempengaruhi lukisannya. Nah, kamu punya kelebihan untuk dapat melihat hasil reproduksi dari lukisan-lukisan tersebut di pameran ini lho!

Lukisan yang dipamerkan sesuai dengan ukuran aslinya

Ini Beberapa Fakta Menarik dari Pameran 'Leonardo Opera Omnia'i.pinimg.com

Bagi kamu para pecinta seni, kamu dapat menikmati 17 maha karya Leonardo da Vinci yang dibuat dari tahun 1470-1513 disini. Melalui pencitraan digital sesuai dengan ukuran aslinya. Lukisan 'Mona Lisa' yang kebanyakan orang tau memiliki ukuran yang besar, sebenarnya hanya berukuran 28x21cm lho, Bela

Itu dia beberapa fakta menarik dari pameran 'Leonardo Opera Omnia'. Pameran ini dibuka untuk umum mulai tanggal 6 Februari sampai 3 Maret 2020 aja lho. Jangan khawatir soal biaya, karena untuk masuk ke pameran ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk Museum Mandiri saja. Yuk ajak teman-temanmu ke sini!

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 10 Lukisan Termahal yang Pernah Terjual di Dunia