Rencana liburan ke luar negeri, eh, terpaksa harus ditunda. Belum lagi, kamu sudah keburu beli tiket konser artis kesayangan supaya bisa nonton langsung. Tapi, lagi-lagi, rencana tersebut berantakan akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sejak awal 2020.

Akibatnya, beginilah kehidupan era pandemi: kamu dan sebagian besar penduduk dunia harus rela bersabar melakukan karantina, social distancing, atau PSBB. Setidaknya, di rumah, masih ada beragam platform legal untuk kamu nonton film favorit.

Nah, untuk itu, Popbela punya rekomendasi film bertemakan karantina yang cocok ditonton selama PSBB, nih! Apa saja, ya? Yuk, kita simak bersama!

1. Home Alone

https://www.youtube.com/embed/Y452dgCm0ys

1990 | Pemain: Macaulay Culkin

Film klasik khas liburan hari raya yang tidak pernah bosan untuk ditonton, nih. 

Apakah kamu akan kesepian jika menghabiskan waktu seorang diri di dalam rumah? Mungkin. Tapi bisa jadi, suasana berubah mencengkamkan namun cukup seru untuk dijalani. Hal inilah yang ditampilkan melalui kisah seorang anak laki-laki di malam natal.

Sebuah keluarga besar memutuskan berlibur ke Paris untuk merayakan Natal. Karena banyaknya yang berangkat, sang orangtua tak menyadari kalau salah satu anaknya, Kevin (Macaulay Culkin) ketinggalan di rumah. Hal tersebut baru mereka sadari saat pesawat tengah mengudara! Sambil memikirkan bagaimana cara mereka kembali, sementara itu Kevin yang masih berusia delapan tahun dan berada sendirian di rumah, dihadapkan dengan dua perampok yang akan menjarah rumahnya. Lucunya, suasana thriller berubah menjadi seru karena si anak memiliki ide-ide gila untuk mengusir mereka.

Dipastikan, kamu nggak akan ketakutan saat menontonnya. Sebaliknya, kamu akan terhibur sampai dibuat tertawa terbahak-bahak. 

2. The Holiday

https://www.youtube.com/embed/BDi5zH18vxU

2006 | Pemain: Cameron Diaz, Kate Winslet

PSBB atau social distancing pastinya membuat kamu rindu akan momen liburan. Namun, tahukah kamu? Hari-hari santai kala liburan dapat kamu rasakan dengan berdiam diri di rumah jika saja ada sosok pria tampan yang datang dan membuat hati berdebar-debar.

Nah, hal tersebut terjadi pada dua tokoh perempuan yang memutuskan untuk bertukar tempat tinggal selama masa liburan. Namun, saat menikmati momen liburan masing-masing, sosok pria dalam kehidupan satu sama lain mengunjungi rumah mereka.

Alhasil, kedua tokoh perempuan pun tidak hanya bertukar tempat tinggal, tetapi juga bertukar pasangan atau kisah romansa. Apa yang akan terjadi selanjutnya, ya?

3. Her

https://www.youtube.com/embed/6QRvTv_tpw0

2013 | Pemain: Joaquin Phoenix, Scarlett Johansson

Menghabiskan waktu di dalam rumah seharusnya tidak membuatmu kesepian. Pasalnya, kemajuan teknologi memudahkan jalur komunikasi dengan sahabat terkasih. Tanpa terkecuali menghubungkanmu dengan 'kenalan baru' atau calon pacar baru? Hehehe.

Tapi, apa jadinya jika kenalan baru yang membuatmu jatuh cinta adalah sosok robot tanpa wujud fisik. Hal inilah terjadi pada karakter di film ini. Spesifiknya, pria yang diam-diam menderita kesepian ini jatuh cinta pada operating system yang bersuaru merdu.

Kedengarannya cukup mustahil, ya! Meski begitu, film ini akan membuatmu memahami bahwa romansa sebenarnya tercipta oleh karena adanya koneksi batin.

4. Gravity

https://www.youtube.com/embed/OiTiKOy59o4

2013 | Pemain: Sandra Bullock, George Clooney

Siapa bilang, hari-hari di dalam rumah menghentikan imajinasimu ? Justru, batasan ruang di sekelilingmu menciptakan dorongan untuk terus membayangkan hal-hal yang tidak bisa kamu jalani. Misalnya, bagaimana jika kamu menjalani karantina di luar angkasa?

Jawabannya dapat kamu saksikan melalui kisah para astronot yang bekerja non-stop di luar angkasa. Sampai akhirnya, sebuah insiden pun terjadi sehingga berdampat pada salah satu astronot yang harus terjebak di ruang angkasa seorang diri. 

Apakah dia akan selamat? Rasa khawatir dan tegang akan terasa seketika. Namun, kedua matamu akan sangat terhibur oleh tampilan ruang angkasa yang menakjubkan.

5. 127 Hours

https://www.youtube.com/embed/OlhLOWTnVoQ

2010 | Pemain: James Franco

Pada akhirnya, kamu pun menyadari bahwa hari-hari di dalam rumah bersifat cukup stressfull dan challenging untuk dijalani, bukan? Tidak jarang, kamu merasa seperti terjebak dalam batasan ruang yang sempit untuk sekadar merasakan kebebasan beraktivitas.

Akan tetapi, ada kisah serupa yang nyatanya jauh lebih menyeramkan sebagaimana ditunjukkan oleh film ini. Tepatnya, seorang mountain climber bernama Aron Rolston mengalami insiden hingga terjebak di antara himpitan jurang yang sesak selama 127 jam.

Psst, film ini berdasarkan kisah nyata, lho!

Kamu tentu penasaran dengan akhir dari cerita film-film di atas, bukan? 

Baca Juga: 10 Fakta Dylan O'Brien yang Curi Perhatian di Film "Love and Monsters"

Baca Juga: Berdasarkan Kisah Nyata, 6 Judul Film Horor-Thriller Ini Seram Banget

Baca Juga: 10 Film Semi Barat yang Tersisip Banyak Adegan Panas