Setiap kali kamu masuk ke dalam pembahasan seputar drama Korea, apakah kamu langsung mengingat beberapa judul hits, seperti Crash Landing on You (2019) atau Reply 1988 (2015)? Well, cukup wajar karena kedua drama Korea tersebut sangat populer, bukan?

Namun, perlu diketahui bahwa popularitas drama Korea tidak sebatas pada taraf global, melainkan turut dinilai dari rating  di negeri asalnya, Korea Selatan. Padahal, tahukah kamu? Sebenarnya rating tidak selalu menentukan kualitas cerita suatu drama?

Buktinya, ada setidaknya lima drama Korea yang underrated namun memiliki kualitas cerita yang sangat bagus. Kira-kira apa saja, ya? Sudahkah kamu menyaksikannya, Bela?

1. Search: WWW (2019)

https://www.youtube.com/embed/XJZt7xlprgM

IMDb: 8,5/10 | Pemain: Im Soo Jun, Lee Dae Hee, Jang Ki Young

Di zaman modern sekarang ini, keseteraan gender telah mengalami peningkatan dan perbaikan. Terbukti dari munculnya perempuan-perempuan kuat yang sukses memimpin sebuah perusahaan atau membangun impiannya yang berdampak positif.

Nah, poin tersebutlah yang secara garis besar diangkat dalam drama Korea Search: WWW (2019). Spesifiknya, drama tersebut memperkenalkan sosok leader perempuan di sebuah perusahaan start up dengan karakteristik kepemimpinan yang dapat kamu contohi.

2. The Smile Has Left Your Eyes (2018)

https://www.youtube.com/embed/xMWuTasjESk

IMDb: 8,3/10 | Pemain: Seo In Guk, Jung So Min, Park Sung Woong

Sebagaimana judulnya, The Smile Has Left Your Eyes (2018) mengangkat kisah cinta yang sangat menyedihkan, sehingga kamu akan sering menangis ketimbang tersenyum. Hal ini dikarenakan hubungan percintaan yang berpotensi sangat terlarang.

Berawal dari insiden pembunuhan yang memisahkan dua kakak-beradik, sang kakak yang beranjak dewasa berupaya menemukan adik perempuannya tersebut. Namun, apa yang terjadi jika nyatanya sosok perempuan yang dicintainya mungkin, adalah adiknya?

3. Prison Playbook (2017)

https://www.youtube.com/embed/t27bFuEbvjw

IMDb: 8,4/10 | Pemain: Park Hae Soo, Jung Hae In, Lee Kyu Hyung, Choi Moo Sung, Park Ho San, Jung Kyung Ho, Jung Woong In

Apabila kamu membayangkan kehidupan para narapidana di balik jeruji besi, bayangan yang menakutkan pasti akan langsung terlintas begitu saja, bukan? Bayangkan saja, beragam riwayat kejahatan berkumpul, seperti perampok, pembunuh hingga pemerkosa.

Namun, ada yang berbeda dari sebuah sel yang diperlihatkan dalam drama Korea Prison Playbook (2017). Setiap narapidana memiliki kesalahan masa lalu yang mereka sesali dan masing-masing berupaya untuk saling beradaptasi, hingga nuansa komedi tercipta.

4. Because This is My First Life (2017)

https://www.youtube.com/embed/5ddixz3vhdg

IMDb: 8,1/10 | Pemain: Lee Min Ki, Jung So Min, Esom, Kim Min Seok

Memasuki usia 30 tahun, sebagian besar orang cenderung mengalami krisis kehidupan yang penuh dengan tanda-tanya. Mulai dari masalah percintaan hingga karier yang besar kemungkinan, tidak menunjukkan tanda-tanda keberhasilan yang diharapkan.

Hal itulah yang dialami oleh seorang penulis naskah perempuan. Tak peduli seberapa kerasnya ia bekerja, hasil yang didapatkan tidak sesuai ekspetasinya. Namun, kehidupan baru yang pertama kali ia alami tahu-tahu terjadi saat dirinya bertemu dengan seorang pria.

5. The Producers (2015)

https://www.youtube.com/embed/lkuEmm21S1g

IMDb: 7,6/10 | Pemain: IU, Kim Soo Hyun, Gong Hyo Jin, Cha Tae Hyun

Sebagaimana judulnya, The Producers (2015) mengisahkan cerita dengan latar belakang di sebuah perusahaan penyiaran dan hiburan. Yup, di tempat ini, beberapa produser program acara berupaya melakukan segala yang terbaik untuk meningkatkan kreativitas acara.

Tentu, ada beragam tantangan dan kesulitan yang akan mereka alami sehingga penonton sadar bahwa lika-liku yang harus dilalui oleh orang-orang di belakang layar terbilang berat. Pertanyaannya, bagaimana para produser menghadapi masalah yang silih berganti?

Untuk mengetahui jawabannya, bagaimana kalau kamu langsung menyaksikan masing-masing drama Korea underrated di atas? Ceritanya sangat bagus dan worth to watch!

Baca Juga: Miliki Rating Tinggi, Ini 12 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: Inspiratif! Ini 8 Karakter Perempuan Tangguh di Drama Korea

Baca Juga: Tidak Kalah Bagus, Ini 5 Remake Film Korea versi Indonesia