10 Makna Emoji yang Sebenarnya, Berbeda Jauh dari Visualnya!

Kamu akan kaget dengan makna emoji kotoran berwajah!

10 Makna Emoji yang Sebenarnya, Berbeda Jauh dari Visualnya!

Dunia digital telah mengubah cara orang berkomunikasi. Tidak lagi mengandalkan tulisan berupa kata maupun kalimat yang bersifat explaining maupun describing. Siapapun dapat memilih satu atau lebih emoji yang langsung merepsentasikan maksud dan tujuan.

Namun, tahukah kamu? Emoji-emoji yang kerap kamu gunakan memiliki makna tersendiri yang cukup mengejutkan. Beberapa bahkan tidak memiliki makna yang sejalan dengan tujuan penggunaan yang umumnya dilakukan oleh kamu dan kebanyakan orang lainnya.

Berikut adalah 10 arti emoji yang sebenarnya sampai-sampai bisa membuatmu takjub dan nggak nyangka. Apakah ada makna dark tertentu yang tersimpan di baliknya?

Eits, sebelumnya, bagaimana jika kita mengintip sejarah munculnya emoji terlebih dahulu?

Sejarah emoji

10 Makna Emoji yang Sebenarnya, Berbeda Jauh dari Visualnya!

Entah kaomaji atau emoji khas Jepang hingga emoji modern saat ini, kamu pasti familiar dengan semuanya, bukan? Namun, bagaimana jika berbicara mengenai sejarah awal?

Melansir dari Cosmopolitan UK, emoji nyatanya berawal dari sebuah layanan pager. Tepatnya pada akhir tahun 1990-an, sekelompok karyawan di sebuah perusahaan telekomunikasi menciptakan kumpulan emoji pertama sebagai upaya untuk membedakan layanan pager dari apa yang umum dihadirkan oleh mayoritas perusahaan pesaing lainnya.

Namun, ciptaan tersebut yang dihadirkan dalam bentuk kartun ilustratif mungil tersebut tidak meraih popularitas dan tidak digunakan secara luas. Sampai akhirnya memasuki tahun 2007, Apple pun memperkenalkan iPhone pertama dengan sebuah keyboard emoji.

Tahukah kamu? Menghadirkan keyboard emoji tersebut sebenarnya merupakan paksaan dan dilakukan dengan 'menguburkannya' ke dalam operating system, sebagai cara untuk menarik emoji yang sekaligus menuntut pasar Jepang itu sendiri. 

Akan tetapi, siapa sangka, orang-orang di luar Jepang segera menemukan lambang-lambang kecil dari emoji tersebut sehingga akhirnya, menguasai seluruh penduduk dunia. Dari situ, emoji pun secara keseluruhan terus digunakan di situs jejaring sosial.

Balik ke pertanyaan awal, bagaimana dengan makna di balik emoji-emoji itu sendiri?

1. Perempuan menjentikkan rambut

Tujuan umum: ketika seseorang mengubah penampilan dengan potongan rambut yang baru, maka emoji atau simbol tangan menjentikkan rambut dapat merepresentasikannya. Selain itu, simbol ini juga kerap ditujukan untuk selesai menyodorkan sesuatu dalam chat.

Makna yang sebenarnya: siapa sangka, emoji perempuan menjentikkan rambut nyatanya mengilustrasikan seorang karyawan pemberi informasi di meja kantor atau customer service. Tidakkah seharusnya emoji ini turut dilengkapi dengan meja dan telepon? 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here