Setiap umat beragama, pasti memiliki rangkaian doa untuk menyambut pagi. Hal ini untuk memberikan kekuatan, semangat dan harapan menyongsong aktivitas di hari tersebut, bagi yang meyakininya. Di antaranya adalah doa pagi untuk agama Katolik.

Bagi kamu yang beragama Katolik, ada baiknya memulai hari dengan membaca kumpulan doa pagi katolik berikut ini.

1. Doa pengucapan syukur

Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolikguideposts.org

Sebagaimana ajaran agama pada umumnya, umat Katolik turut diajarkan untuk berserah kepada Tuhan dan mengucap syukur dalam segala hal. Hal ini ditekankan melalui doa pagi yang fokusnya untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

"Terima kasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini. Terima kasih pula untuk malam yang telah kulewati. Dimana aku boleh mengalami perlindungan-perlindungan-Mu dalam tidurku. Sertailah dan berkatilah hari ini, pekerjaanku, keluargaku, sahabat-sahabatku dan semua kejadian serta orang yang akan kujumpai hari ini. Supaya pada malam hari nanti apabila aku menutup hari ini, aku patut melambungkan puji dan syukur kepada-Mu, Tuhan yang Maha kasih. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin." 

2. Doa memohon perlindungan

Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolikcrosswalk.com

Siapa yang mengetahui rahasia kehidupan? Siapa juga yang mengetahui apa yang akan terjadi sedetik kemudian. Hal ini terbukti dari masa pandemi COVID-19 yang tahu-tahu melanda dunia. Untuk itulah, umat Katolik diajarkan untuk berdoa meminta perlindungan.

"Allah Bapa Sang Pencipta manusia dan alam semesta ini, Aku ucapkan syukur kepada-Mu, karena boleh bangun di pagi hari ini. Aku mohon bimbingan-Mu sepanjang hari ini. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur. Buat aku agar tidak mudah putus asa dalam menjumpai segala kesulitan.Jagailah aku dari segala marabahaya dan dari rencana jahat terhadapku. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

3. Doa untuk keselamatan

Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolikbeliefnet.com

Tidak tersangkalkan, semua orang membutuhkan keselamatan. Dalam kepercayaan umat Katolik, Tuhan Yesus merupakan sumber keselamatan. Oleh sebab itu, umat Katolik dilatih untuk terus-menerus mengandalkan-Nya agar diselamatkan dari segala cobaan.

"Selamat pagi Bapa.Terima kasih atas kasih karunia-Mu yang telah Kau berikan kepadaku dari malam aku tidur hingga pagi hari ini. Aku bersyukur untuk nafas baru yang boleh aku terima. Berkati dan lindungi aktivitasku sepanjang hari ini. Berkati pula orang tua, sanak saudara, sahabat dan semua orang yang aku kasihi dalam menjalankan aktivitas mereka. Dan ampunilah untuk segala dosa yang telah kami perbuat. Doa yang kurang sempurna ini saya serahkan kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

4. Doa meminta bimbingan

Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolikchurchofjesuschrist.org

Sebagaimana anak yang membutuhkan bimbingan dari orangtuanya, umat Katolik tentunya memerlukan bimbingan yang datang dari pada Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itulah, umat Katolik tidak lupa untuk berdoa meminta bimbingan dari-Nya.

"Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terimakasih ya Yesus karena kau selalu mau menjadi sahabatku. Juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing hidupku. Sebelum beraktivitas, aku mohonkan bimbingan-Mu sepanjang hari. Berkatilah pula orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku sepanjang hari. Dan berikanlah penghiburan bagi yang bersusah hati, sakit dan menderita. Bimbinganglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindungku, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

5. Doa dalam keadaan hening

Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katoliktrinityumcnorthport.org

Sebagaimana tertulis dalam Matius 6:6 yang tercatat di Alkitab, salah satu anjuran untuk berdoa adalah masuk ke dalam bilik atau ruangan tertutup. Hal ini dapat ditujukan untuk menciptakan keheningan dalam proses berdoa agar fokus kepada Allah Bapa.

"Allah Bapa kami yang bertahta di dalam surga, selamat pagi. Aku bersyukur kepada-Mu atas berkat dan perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur karena pagi hari ini karena aku boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru. Aku juga mau bersyukur untuk nafas kehidupan yang Kau berikan sehingga aku boleh merasakan hari yang baru. Berkatilah keluargaku dan semua orang yang akan aku jumpai hari ini. Berikanlah aku keberanian untuk hidup berbagi kasih dengan sesamaku. Berkatilah juga segenap tugas-tugas dan pekerjaanku sepanjang hari ini supaya menjadi persembahan hidup bagi-Mu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

Jadi, jangan lupa untuk terus membangun kebiasaan dan sikap doa pagi katolik yang baik, ya, Bela.

Baca Juga: Hadapi Kesulitan? Ini 3 Doa Meminta Kemudahan dan Kelancaran Urusan

Baca Juga: Buat Liburanmu Berkesan, Ini 10 Perayaan Natal Paling Unik di Dunia

Baca Juga: Ini 8 Artis Korea Pemeluk Agama Katolik dan Nama Baptis Mereka