Tahukah kamu? Sebuah ungkapan umum berkata, "Kebahagiaan penghuni rumah dapat terlihat jelas dari apa yang tampak di halaman rumahnya." Dengan kata lain, hijau atau gersangnya halaman rumah menggambarkan apa yang terjadi denganmu di dalamnya. 

Itulah kenapa, bagaimana jika kamu mengambil waktu untuk memerhatikan halaman rumahmu layaknya keadaan mentalmu? Misalnya, kaktus merupakan tanaman hias yang banyak digunakan sebagai dekorasi, cukup lengkapi halaman rumahmu dengan 5 jenis tanaman kaktus hias yang cantik untuk dijadikan sebagai penghias di rumah. Apa saja, ya?

1. Kaktus Centong

5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman Rumahmualthwriting.com

Nama Kaktus Centong memang terdengar cukup unik. Namun, nama itu hanyalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bentuk daunnya yang pipih dan lebar, seperti centong nasi. Berasal dari Amerika Serikat, jenis Kaktus Centong bernama asli Nopal Cactus.

Kaktus cantik ini dapat kamu tempatkan di satu sudut halaman rumah yang terkena sinar matahari. Kemudian, tidak perlu terlalu sering menyiramnya dengan air karena ia dapat menyalurkan air secara mandiri serta memiliki campuran organik-anorganik yang cukup.

2. Angel Wings Cactus

5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman Rumahmuepicgardening.com

Menyebut nama Angel Wings Cactus, kamu pasti sudah merasakan sensasi yang menyegarkan, bukan? Benar saja, tanaman kaktus asal Meksiko ini memiliki karater fisik yang angelic dengan duri-duri lebat namun tidak tajam dan berwarna putih seperti malaikat.

Nah, sebagaimana tanaman kaktus pada umumnya, kamu harus menempatkan Angel Wings Cactus di tempat yang terkena sinar matahari. Tidak perlu juga disiram hingga media tanam terendam air. Cukup berikan asupan air untuk melembapkan saja agar ia tetap hidup.

3. African Milk Tree Cactus

5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman Rumahmunieuwkoop-europe.com

Sesuai namanya, African Milk Tree Cactus merupakan jenis tumbuhan kaktus katedral yang berasal dari benua Afrika. Ia memiliki karakter fisik yang tinggi mencapai 2,4 meter yang mana batangnya mengeluarkan daun-daun kecil yang sangat menggemaskan.

Untuk menanamnya di halaman rumah, kamu dapat menempatkannya di satu sudut yang terkena cahaya matahari, baik secara penuh maupun sebagian. Kemudian, tidak butuh usaha lebih dalam merawatnya. Soalnya, kamu dapat menyiramnya dengan air sebanyak 2 kali sebulan.

4. Rat Tail Cactus

5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman RumahmuPinterest.com/Margie Presley

Tidak ada salahnya jika kamu menghias teras yang menghadap halaman rumahmu dengan Rat Tail Cactus. Jenis kaktus hias asal Meksiko ini menghasilkan bunga warna pink magenta dan bentuk batang yang unik sehingga ia dapat ditempatkan di pot gantung.

Lalu, bagaimana cara untuk merawatnya? Pastikan pot yang kamu pilih cukup besar karena ketebalan batang kaktus dan panjangnya yang mencapai 91 meter. Gantungkan di langit-langit teras yang terpapar sinar matahari. Lalu, siramlah dengan air secara berkala.

5. Old Lady Cactus

5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman Rumahmuunusualseeds.net

Namanya memang Old Lady Cactus. Tapi, bukan berarti jenis kaktus hias cantik ini menampilkan karakter fisik yang terkesan tua. Sebaliknya, nama tersebut muncul semata-mata karena adanya gerombolan serabut putih halus menyerupai orangtua yang berfungsi menutup duri-duri tajam.

Jadi, jangan cemas tertusuk! Ada 'orangtua' yang melindungi tanganmu. Sebagai bonus, jika kamu merawat tanaman kaktus hias ini dengan baik, kamu akan memperoleh bunga berwarna merah muda di bagian atas. So, tempatkan ke dalam pot dengan campuran pasir dan siram sekali seminggu, ya!  

Nah, dari penjelasan di atas, kamu jadi paham jenis-jenis kaktus hias untuk ditanam di halaman rumah, nyatanya cukup mengesankan dan tidak sulit untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Lidah Mertua Ini Ampuh Serap Racun dan Polusi

Baca Juga: 7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias Rumahmu

Baca Juga: Ruangan Lebih Fresh dengan 7 Tanaman Hias Penyerap Racun Udara