Siapa sih, yang tidak memiliki artis idola yang mampu membuat para penggemar bahagia seketika? Namun, tidak semua penggemar masuk ke dalam dunia fandom. Bahkan, sebagian besar masih mempertanyakan, "Apa sih, yang dimaksud dengan fandom?"

Fandom merupakan istilah kolektif yang mengacu pada subkultur atau sekumpulan penggemar yang sama-sama menyukai sosok idola. Mereka pun melakukan kegiatan unik yang mengekspresikan perasaan tersebut. Mulai dari fanfiction, shipping dan lainnya.

Tunggu-tunggu, kamu seperti kebingungan di awal jalan, nih! Tenang, berikut adalah 5 istilah dalam dunia fandom yang telah kami jelaskan secara gamblang. Apa sajakah itu?

1. Fanwork

5 Istilah yang Perlu Diketahui Agar Kamu Paham Dunia Fandomallkpop.com

Tahukah kamu? Dunia fandom nyatanya tidak hanya berkutat pada kegiatan menikmati karya-karya para idola, lho! Sebaliknya para penggemar yang tergabung dalam fandom akan membuat karya-karya tertentu untuk menghormati idola. Inilah yang disebut fanwork.

Nah, fanwork itu sendiri dapat diluncurkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari fanart atau ilustrasi, fanvideo atau video hingga fanfiction atau karya tulisan. Seru banget, ya!

2. Fanfiction

5 Istilah yang Perlu Diketahui Agar Kamu Paham Dunia FandomYouTube.com/DESTEENX

Berbicara mengenai fanwork, kamu pasti cukup familiar dengan istilah fanfiction. Yup, ia merupakan karya penggemar yang populer di jagat maya. Pasalnya, ia menuliskan cerita fiksi dari suatu sumber, namun dipoles dengan hal-hal yang berhubungan dengan idola.

Di Amerika Serikat sendiri, proses memodifikasi suatu karya dalam bentuk fanfiction dikategorikan sebagai karya transformatif dan legal menurut hukum hak cipta. Jadi aman!

4. Shipping

5 Istilah yang Perlu Diketahui Agar Kamu Paham Dunia FandomYouTube.com/En_Ta_Tan

Sadarkah kamu? Kata dasar 'ship' berasal dari kata relationship yang berarti sebuah hubungan. Diketahui kata tersebut pertama kali muncul dalam dunia fandom The X-Files dengan beberapa istilah seperti ship, shipping, serta shipper.

Masing-masing kata memiliki makna yang artinya mendukung beberapa sosok idola menjadi pasangan yang romantis. Sebagai contoh, kamu mendukung Tom Holland dan Zendaya menjadi sepasang kekasih. Itu berarti, "kamu nge-ship keduanya, deh!". Kalau shipper, adalah kamu yang nge-ship karakter tersebut.

4. OTP

5 Istilah yang Perlu Diketahui Agar Kamu Paham Dunia Fandomquora.com

Berbicara mengenai shipping, peran para penggemar di dunia fandom sebenarnya dapat dikatakan nyaris seperti mak comblang, lho! Soalnya, mereka cenderung men-ship idolanya dengan beberapa kandidat yang dianggap memenuhi kriteria romansa.

Misalnya, kamu nge-ship Tom Holland dengan Zendaya. Namun, ia bisa juga shipping dengan Emma Watson. Atau bagaimana jika kamu nge-ship Tom Holland dengan Selena Gomez? Coba manakah di antara ketiganya yang paling kamu dukung?

Apapun jawabannya, itu berarti shipping tersebut adalah OTP-mu! Yup, OTP atau One True Pairing merupakan ship yang paling kamu dukung di antara semua opsi ship-mu.

5. OT3/0T4/0T5, dan seterusnya

5 Istilah yang Perlu Diketahui Agar Kamu Paham Dunia Fandomkupang.tribunnews.com

Masih berbicara mengenai konsep shipping, kamu harus memahami bahwa para fans sebenarnya dapat mendukung hubungan baik sang idola dengan lebih dari satu sosok, lho! Atau dengan kata lain adalah hubungan yang melibatkan lebih dari dua karakter.

Nah, hal tersebut melahirkan istilah OT yang diikuti keterangan angka. Misalnya, kamu nge-ship Tom Holland dengan Zendaya dan Selena Gomez yang artinya melibatkan tiga sosok. Itu artinya, kamu sedang melakukan OT3. Begitu juga dengan angka seterusnya.

Eits, hubungan baik tersebut sebenarnya tidak harus mengacu pada hubungan romansa. Bisa juga kamu mendukung hubungan baik seperti persahabatan. Misalnya para ARMY yang menggunakan istilah OT7 karena mendukung hubungan baik ketujuh member BTS.

Jadi, bagaimana nih, kesanmu terhadap pelajaran mengenai dunia fandom di atas? 

Baca Juga: Fangirl Sukses, Rosé BLACKPINK Diberi Gitar oleh John Mayer

Baca Juga: Rekomendasi Drama Korea yang Mengisahkan Hubungan Artis Idola dan Fans

Baca Juga: Terbaik, 10 Fancam Kpop Ini Paling Banyak Ditonton Penggemar