Kekuatan penulisan cerita pada film, mampu memainkan perasaan seseorang hingga menyentuh bagian hati yang paling dalam. Tidak tanggung-tanggung, sentuhan tersebut dapat meruntuhkan benteng pertahanan seseorang hingga membuatnya menangis.

Berikut adalah beberapa daftar rekomendasi film Hollywood, Korea hingga Indonesia yang diketahui memiliki alur cerita paling menyedihkan. Dipastikan kamu akan menangis hingga sesenggukan dan kebawa perasaan sampai berhari-hari. Penasaran? Siapkan tisu dulu, ya!

Film Hollywood

1. The Fault in Our Stars (2014)

https://www.youtube.com/embed/9ItBvH5J6ss

IMDb: 7,7/10 | Pemain: Shailene Woodley, Ansel Elgort, Nat Wolf

Tayang dalam durasi 126 menit, film yang mengangkat tema percintaan anak muda ini mengisahkan hubungan romansa antara Hazel dan Augustus "Gus" Waters yang sama-sama menderita kanker. Keduanya bertemu melalui support group untuk pasien kanker.

Dari situ, benih-benih cinta muncul hingga akhirnya sukses mempererat keduanya dalam satu hubungan yang menggemaskan. Namun, apakah keduanya dapat mempertahankan hubungan tersebut ketika kanker terus berkembang dan menyebar ke setiap area tubuh?

Komentar penonton di Google: "Film ini dapat dikatakan sebagai salah satu film dengan cerita terbaik. Masing-masing buku dan filmnya dikemas dengan sempurna. Melihat kedua aktor dan aktris utama memainkan Hazel dan Augustus, mereka benar-benar cocok," tulis Google user bernama Britney Seiller.

2. Never Let Me Go (2010)

https://www.youtube.com/embed/wz9VgMaxcaI

IMDb: 7,1/10 | Pemain: Andrew Garfield, Keira Knightley, Alex Garland

Mengambil latar belakang waktu pada 1978, Never Let Me Go (2010) memperkenalkan sebuah lembaga pendidikan berbasis asrama yang dibangun untuk merawat hingga membesarkan anak-anak yang sehat, untuk menjadi pendonor organ tubuh.

Di antaranya adalah tiga sahabat yang terjebak dalam cinta segitiga. Masing-masing menaruh harapan untuk lepas dari kewajiban mendonor organ tubuh. Pasalnya, diketahui bahwa satu syarat khusus dapat merealisasikan impian tersebut. Apakah itu dan mampukah mereka melakukannya?

Komentar penonton di Google: "Film ini meninggalkan beban yang sangat berat di dalam hati dan membuat pikiran terus berputar hingga akhirnya saya pun bertanya-tanya mengenai konsep takdir yang ideal,"  tulis Google user bernama Darshan Deepak.

3. Hachiko: A Dog's Tale (2009)

https://www.youtube.com/embed/TIl2o1hm1F4

IMDb: 8,1/10 | Pemain: Richard Gere, Joan Allen, Sarah Roemer

Film ini diambil dari kisah nyata legendaris asal Jepang yang membuktikan kesetiaan seekor anjing kepada pemiliknya. Dengan konteks besar tersebut, Hachiko: A Dog's Tale (2009) pun memperkenalkan anjing bernama Hachi.

Ia merupakan anjing yang dipelihara oleh seorang dosen tua bernama Parker Wislon. Keduanya memiliki hubungan batin yang kuat hingga Hachi selalu menunggunya di stasiun. Namun, kejadian memiluhkan sayangnya membuat tuannya tak kunjung kembali.

Komentar penonton di Google: "Saya menangis sesenggukan hingga tidak mampu menyaksikannya sekali lagi (meskipun pada kenyataannya, aku tetap menonton dan tetap menangis). Film ini benar-benar membuatku nyaris merasa trauma hingga menyiksa batin (saking sedihnya)," tulis Google user bernama Anurag Parihar.

4. A Walk to Remember (2002)

https://www.youtube.com/embed/k3B2XBcp7vA

IMDb: 7,2/10 | Pemain: Mandy Moore, Shane West, Lauren German

Seorang anak perempuan bernama Jamie Sullivan diperkenalkan sebagai gadis yang cukup berbeda dari kebanyakan muda-mudi umumnya. Di saat yang lainnya memilih untuk bermain atau sekadar berpesta, Jamie memilih untuk belajar dan berkegiatan sosial.

Namun, siapa yang menyangka bahwa seorang pria populer yang cukup populer di sekolahnya, jatuh cinta padanya. Keduanya pun merajut hubungan romansa yang unik. Namun, sebuah rahasia terkuak bahwa Jamie menderita kanker yang siap merenggut nyawanya.

Komentar penonton di Google: "Saya sangat mencintai film ini. Saya menangis keras dan film ini sungguh film terbaik yang mengisahkan pasangan dengan karakter yang saling berlawanan. Ketika Landon jatuh cinta pada Jamie, sungguh terasa magical dan kisah cinta mereka sangat inspiratif dan indah," tulis Google user bernama Harleigh Sirafos.

Film Korea

5. On Your Wedding Day (2018)

https://www.youtube.com/embed/QJEe_JEhvw8

IMDb: 7/10 | Pemain: Park Bo YoungKim Young Kwang, Kang Ki Young, Jang Sung Bum

Mengangkat tema percintaan anak muda, On Your Wedding Day (2018) memperkenalkan sosok siswa bernama Hwang Woo Yeon yang jatuh cinta pada pandangan pertama kepada seorang siswi baru bernama Hwan Seung Hee.

Dari situ, hubungan mereka terus berkembang dari pertemanan di dunia SMA dan perkuliahan hingga hubungan percintaan yang lebih serius di usia dewasa. Namun, bagaimanapun juga permasalahan cinta dapat menggoyahkan suatu hubungan, bukan?

Komentar penonton di Google: "Film ini sangat realistis. Saya belajar dari film ini bahwa tidak peduli berapa lama atau seberapa kuat kamu telah bersama seseorang, jika ia tidak ditakdirkan untukmu hubungan tersebut tidak akan bertahan lama," tulis Google user bernama Unknown Girl.

6. Unforgettable (2016)

https://www.youtube.com/embed/RU-junUIG70

IMDb: 7,3/10 | Pemain: D.O EXO, Kim So Hyun, Lee David, Yeon Joon Seok

Digarap oleh sutradara kenamaan Lee Eun Hee, Unforgettable (2016) mengambil cerita dari masa lampau dengan setting waktu pada sekitar 1991. Di masa itu, film ini mengisahkan kehidupan cinta pertama seorang penyiar radio musik.

Kisah ini diceritakan oleh penyiar tersebut. Mulai dari momen perkenalan antara dirinya di masa lalu dengan cinta pertamanya, hingga akhirnya berujung pada perpisahan yang membuat keduanya tidak mampu bersatu. Akhir cerita pun sangat tak terduga.

Komentar penonton di Google: "Saya menangis dari kedalaman hati setelah menonton film ini. Apabila kamu adalah sosok yang sulit melupakan ingatan tertentu, film ini untukmu dan saya yakin, kamu akan menangis juga," tulis Google user bernama Haku Namatadah.

7. Miracle in Cell No. 7 (2013)

https://www.youtube.com/embed/_Mg9kS8--Ec

IMDb: 8,2/10 | Pemain: Ryu Seung Ryong, Kal So Won, Park Shin Hye

Sesuai namanya, Miracle in Cell No. 7 (2013) menonjolkan kehidupan para narapidana yang harus menghabiskan masa hukuman di dalam sel penjara nomor tujuh. Salah satunya adalah seorang ayah bernama Lee Yong Goo yang mengalami keterbelakangan mental.

Ia diketahui masuk ke dalam penjara sebagai korban salah tuduh untuk aksi pembunuhan. Dampaknya, ia pun mendekam dengan rasa rindu yang besar terhadap anak perempuannya. Mengetahui itu, para narapidana lainnya pun membantunya agar bisa bersama buah hatinya. 

Komentar penonton di Google: "Film ini sangat heartwarming. Tragis namun tetap memberi kesan yang menghangatkan di dalam hati. Meskipun sebagian besar adegan mengambil latar di penjara namun tempat tersebut justru terlihat seperti tempat paling membahagiakan bagi setiap karakter," tulis Google user bernama Simon Lam.

8. A Werewolf Boy (2012)

https://www.youtube.com/embed/bGyLPT6pQs8

IMDb: 7,3/10 | Pemain: Song Joong-Ki, Park Bo-Young, Yoo Yeon-Seok

Mengangkat tema percintaan yang menyentuh hati, A Werewolf Boy (2012) menceritakan kisah pertemuan seorang gadis belia dengan pemuda setengah serigala. Keduanya pun merajut tali persahabatan hingga menumbuhkan perasaan yang menghangatkan hati.

Akan tetapi, seorang pria muda yang cukup mapan nyatanya berupaya merebut hati sang gadis. Melihat hubungannya dengan pemuda setengah serigala tersebut, pria itu menyusun rencana mematikan yang dapat memisahkan keduanya.

Komentar penonton di Google: "Aku telah menyaksikan film ini hingga empat kali dan aku tetap menangis! Ceritanya sangat bagus dengan plot yang mengesankan. Tidak ada celah yang buruk ... Akting tangisan Park Boyoung sangat menyentuh hatiku hingga membuatku selalu menangis. Aku rasa, ending-nya tidak buruk, tetapi aku sangat sedih," tulis Google user bernama Heize Star.

Film Indonesia

9. Sabtu Bersama Bapak (2016)

https://www.youtube.com/embed/JDZuQtaUv28

IMDb: 7,5/10 | Pemain: Arifin PutraDeva Mahenra, Abimana, Aryasatya, Acha Septriasa

Diadaptasi dari sebuah novel karya Adhitya Mulya dengan judul yang sama, Sabtu Bersama Bapak (2016) menceritakan kisah seorang Bapak yang tetap hadir di hari Sabtu, meskipun Beliau sebenarnya telah tiada akibat penyakit parah yang merenggut nyawanya.

Kehadirannya tersebut tetap dapat terealisasikan melalui rekaman video yang ia siapkan semasa hidupnya. Sejak itulah, masing-masing menonton hingga akhirnya ketersediaan video rekaman pun semakin berkurang. Apa yang akan terjadi setelahnya?

Komentar penulis Popbela: "Saya tidak pernah menyangka bahwa film ini akan membuat saya sangat menangis. Jalan ceritanya sangat unpredictable sehingga saya tidak siap membiarkan film ini meremukkan hati saya begitu saja." 

10. Critical Evelen (2017)

https://www.youtube.com/embed/ROZh8l9GkRk

IMDb: 7,3/10 | Pemain: Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Refal Hady

Mengangkat tema percintaan, Ika Natassa selaku penulis novel yang menjadi inspirasi pembuatan film Critical Eleven (2017) meyakini bahwa kisah yang diangkat dapat membuat orang-orang kembali meyakini eksistensi cinta dalam kehidupan manusia.

Pasalnya, film ini akan memperlihatkan rentetan adengan dua sejoli yang bertemu hingga akhirnya menjalin hubungan percintaan. Dari situ, keduanya pun masuk ke dalam dunia pernikahan dan menemukan masalah-masalah yang menguji perasaan keduanya.

Komentar penulis Popbela: "Film ini menghadirkan sebuah tontonan yang sangat masuk akal mengenai kehidupan percintaan. Perasaan pun ikut bermain ketika menyaksikannya."

Jadi, siapkah kamu tenggelam di dalam deretan film paling menyedihkan di atas dan menangis?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Terlaris yang Diadaptasi dari Game

Baca Juga: 8 Drama Korea Ini Dianggap akan Lebih Bagus Jika Tanpa Kisah Cinta

Baca Juga: Terbaik Dari India, Ini Rekomendasi 7 Film Bollywood di Netflix