Apakah kamu pernah membayangkan apa yang akan terjadi jika waktu membawamu kembali ke zaman kerajaan? Setidaknya zaman kerajaan di negara-negara belahan barat, seperti yang biasa kamu saksikan di film-film western bertema historis.

Memang, sebagaimana yang dipertontonkan, zaman kerajaan dahulu kala masih belum menganut sistem sosial yang mengindahkan hak asasi manusia. Namun, ada beberapa hal yang cukup indah untuk dinikmati, dari pemandangan, busana, hingga kisah tradisional yang unik.

Nah, berikut adalah beberapa judul film western berlatar zaman kerajaan, yang dapat kamu tentukan dan saksikan di platform Netflix. Here they are!

1. Pride & Prejudice

https://www.youtube.com/embed/1dYv5u6v55Y

2005 | Pemain: Keira Knightley, Matthew Macfadyen, Rosamund Pike, Jane Malone, Carey Mulligan, Donald Sutherland

Dikenal sebagai salah satu film historikal bertemakan cinta, Pride & Prejudice (2005) mengisahkan lika-liku kisah romansa yang dialami oleh seorang gadis desa keturunan bangsawan. Tepatnya ketika ia bertemu dengan seorang pria kaya dari kota.

Keduanya bertemu dalam sebuah pesta dansa yang mengesankan. Namun, siapa yang menyangka bahwa pria kaya tersebut merusak momen indah dengan sikap angkuhnya. Meski begitu, benih-benih cinta pada akhirnya akan muncul dari rasa benci. 

2. The King

https://www.youtube.com/embed/svVykTznk9Q

2019 | Pemain: Timothee Chalamet, Joel Edgerton, Robert Patting, Lily-Rose Depp

Apa yang akan terjadi jika sebuah takhta kerajaan Inggris akan diwariskan kepada seorang pangeran yang sulit diatur? Bahkan, tata kramanya yang dinilai negatif pada era tersebut nyatanya merupakan hasil dari keengganannya untuk mengambil posisi tersebut.

Namun, ia tidak dapat lagi menolak takdirnya sebagai seorang Raja ketika ayahnya tahu-tahu meninggal. Dari situlah, ia terpaksa menerima semua permasalahan politik yang telah ditinggalkan oleh mendiangnya. Apakah masalah dapat terselesaikan?

3. Outlaw King

https://www.youtube.com/embed/Q-G1BME8FKw

2018 | Pemain: Chris Pine, Florence Pugh, Aaron Taylor Johnson

Mengambil dari kisah nyata seorang Raja Skotlandia pada abad pertengahan, Robert the Bruce, film Outlaw King (2018) mengisahkan perjalanan sang Raja yang penuh dengan pertumpahan darah. Tepatnya ketika ia dinyatakan sebagai penjahat oleh Raja Inggris.

Dari situ, perang saudara terjadi. Robert the Bruce mampu memanfaatkan keterampilannya untuk mengalahkan kumpulan terntara Inggris yang jauh lebih kuat dan garang. Kunci kesuksesannya akan kamu lihat di berbagai adegan.

3. The Other Boleyn Girl

https://www.youtube.com/embed/M44ZHmPoLSU

2008 | Pemain: Natalie Portman, Scarlett Johansson, Eric Bana, Jim Sturgess

Diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Philippa Gregory, The Other Boleyn Girl (2008) mengangkat kisah seputar kehidupan rumah tangga Raja Henry VIII di zaman pemerintahaan Inggris, yang saat itu cukup berkuasa.

Tidak hanya momen romansa yang indah, film ini turut menghadirkan rangkaian permasalahan. Seperti keadaan istrinya yang tidak bisa melahirkan anak laki-laki untuk dijadikan sebagai pewaris tahta, hingga tindak kriminal yang dilakukan sang Istri.

4. Elizabeth: The Golden Age

https://www.youtube.com/embed/0wNboYbgYjo

2007 | Pemain: Cate Blanchett, Clive Owen, Abbie Cornish

Semua orang mungkin berpikir bahwa kehidupan seorang ratu tentulah mudah. Namun, film Elizabeth: The Golden Age (2007) secara tegas memperlihatkan rangkaian kesulitan seorang perempuan hebat dalam memimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth I.

Mulai dari permasalahan terkait perang antar negara yang penuh dengan pertumpahan darah, hingga masalah percintaan yang mampu membuatnya lemah. Meski begitu, Ratu Elizabeth nyatanya tetap bertekad untuk bertahan dengan kepemimpinan yang terbaik.

Bonus: Bridgerton

https://www.youtube.com/embed/gpv7ayf_tyE

2020 | Pemain: Rege-Jean Page, Phoebe Dynevor, Nicola Coughlan, Jonathan Bailey

Menjadi seorang perempuan di zaman kerajaan tidak semudah saat ini. Dengan batasan norma yang berlaku, perempuan tidak memperoleh akses maupun kesempatan untuk mencoba hal lain di luar tuntutan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga.

Itulah kenapa, seorang gadis cantik belia memutuskan untuk segera mendapatkan pasangan agar nilai pribadinya tidak akan turun di mata sosial. Namun, kakak prianya yang cukup protektif nyatanya telah menjodohkannya dengan seorang pria tua.

Menolak tuntutan itu, gadis tersebut pun membuat rencana tersendiri dengan memanfaatkan seorang pria yang enggan menikah. Namun, siapa yang menyangka bahwa benih-benih cinta turun secara perlahan di antara keduanya. 

Itulah rekomendasi film Netflix berlatar zaman kerajaan, yang bisa kamu saksikan di akhir pekan ini. Tertarik untuk mengulasnya?

Baca Juga: Hiburan Binge-Watching, Ini 7 Film Thailand Terbaik di Netflix

Baca Juga: Tak Sangka! 5 Film Thriller Korea Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata

Baca Juga: 10 Film Action Comedy Menegangkan dan Lucu Untuk Temani Liburanmu