Dunia memang telah membudidayakan nilai emansipasi wanita, yang mana mayoritas negara memperjuangkan kesetaraan hak bagi kaum perempuan, termasuk perihal pekerjaan. Meski begitu, tantangan nyatanya masih menyebabkan kesulitan bagi pekerja perempuan.

Mulai dari paradigma sosial yang salah terhadap eksistensi perempuan di dunia kerja, hingga kasus pelecehan seksual yang masih terjadi di segala bidang. Setiap isu jelas mempersulit pekerja perempuan dalam mengembangkan karier hingga meremukkan cita-cita yang ada.

Nah, tahukah kamu? Lika-liku kehidupan pekerja perempuan di dunia kerja tersebut dapat kamu saksikan melalui tujuh rekomendasi film Asia tentang pekerja perempuan di bawah ini! Watch and learn!

1. Slate (2021)

https://www.youtube.com/embed/uQxE2nd8cEQ

Korea Selatan

Google Likes: 80% | Pemain: Park Hee Von, Ahn Ji Hye, Lee Min Ji, Choi Seo Yeon

Siapa bilang perempuan cukup lemah untuk menjajaki karier yang berhubungan dengan kemampuan fisik? Dalam Slate (2021), Yeon Hee diperkenalkan sebagai sosok perempuan dengan keahlian pedang yang berjuang meraih cita-cita di industri film laga.

Akan tetapi, paradigma sosial yang memandang sebelah perempuan membuat Yeon Hee kesulitan dalam merealisasikan cita-cita tersebut. Belum lagi ketika aksi kejahatan tahu-tahu terjadi hingga mempersulit rekam jejaknya dalam mendirikan karier tersebut.

2. Samjin Company English Class (2020)

https://www.youtube.com/embed/XIzKcKlTsdM

Korea Selatan

IMDb: 6,6/10 Pemain: Park Hye Soo, Esom, Go Ah Sung, Jung Yi Seo

Dunia perkantoran memang membuka peluang bagi para pekerja tanpa memandang perbedaan gender. Namun, beberapa ketentuan dan syarat terkadang menjadi batasan untuk para pekerja membuktikan kemampuannya dan mengembangkan potensi yang ada.

Samjin Company English Class (2020) memperlihatkan gambaran lika-liku tersebut melalui tiga pekerja perempuan di perusahaan swasta yang kesulitan mengembangkan kariernya akibat latar belakang pendidikannya yang hanya sebatas lulusan SMA.

Namun, kesempatan emas tahu-tahu mendatangi mereka, yang mana perusahaan menawarkan promosi jabatan bagi pegawai yang bisa memperoleh nilai TOEIC tertinggi. Dari situlah, mereka mengupayakannya. Sayangnya, ada permainan licik perusahaan!

3. Honest Candidate (2020)

https://www.youtube.com/embed/rNJqjSf2QaY

Korea Selatan

IMDb: 7,3/10 Pemain: Ra Mi Ran, Kim Mu Yeol, Jang Dong Joo, Yoon Kyung Ho

Sebagaimana yang kamu ketahui, kontribusi perempuan di dunia politik sudah semakin semarak di era modern. Mulai dari pejabat hingga majelis nasional telah mencatat peran perempuan dengan kinerja berkualitas. Hal inilah yang diperlihatkan dalam Honest Candidate (2020).

Spesifiknya, anggota Majelis Nasional Joo Sang Sook digambarkan sebagai sosok yang kuat hingga sukses terpilih sebanyak tiga pilih. Sayangnya, dalam sebuah kampanye, ia mengumbar janji palsu hingga akhirnya tersadar untuk melakukan hal yang benar.

4. Wild Grass (2020)

https://www.youtube.com/embed/uZRgAxQ-R9I

Tiongkok

IMDb: 6,1/10 Pemain: Ye Gao, Sichun Ma, Chao Wu, Elena Zong

Setiap individu manusia memiliki keinginan untuk mengubah nasib mereka melalui kerja keras. Akan tetapi Wild Grass (2020) memperlihatkan rintangan yang terjadi bagia Yun Qiao dan Li Mai yang memiliki dua cita-cita yang berbeda di dunia karier.

Yun Qiao mendambakan kesempatan sekaligus kesuksesan sebagaimana yang terjadi di dunia film, sedangkan Li Mai secara spesifik menginginkan keberhasilan sebagai penari profesional. Bahkan cita-cita tersebut tetap dipegang setelah kecelakaan terjadi.

5. The Calling of a Bus Driver (2020)

https://www.youtube.com/embed/f8535KF_tn4

Daerah Administratif Khusus Hong Kong

Google Likes: 90% | Pemain: Jacky Cai, Ivana Wong, Natalie Tong, Philip Keung

Segala sesuatu ada waktunya; waktu untuk bersukacita dan waktu untuk bersedih. Hal ini terjadi di kehidupan Suki dalam The Calling of a Bus Driver (2020). Setelah merajut cinta dengan kekasihnya, Suki menemukan kenyataan pahit bahwa pacarnya selingkuh.

Namun, siapa yang menyangka bahwa pengalaman pahit tersebut nyatanya menjadi 'bahan bakar' untuk dirinya menatap hidup dan kariernya sebagai alih-alih balas dendam. Perjuangan yang penuh dengan kerja keras disertai bumbu komedi pun terjadi.

6. 37 Seconds (2019)

https://www.youtube.com/embed/-jyOHL_zgu4

Jepang

IMDb: 7,3/10 Pemain: Mei Kayama, Misuzu Kano, Shunsuke Daito, Makiko Watanabe

Siapa yang tahu akan hari esok? Bukankah manusia seperti uap air yang sebentar ada dan kemudian menghilang? Begitu juga dengan keadaan yang saat ini sehat namun kemudian sakit. Fakta kehidupan inilah yang diperlihatkan melalui karakter Yuma dalam 37 Seconds (2019).

Yuma adalah seorang mangaka (ilustrator manga) perempuan berbakat dengan karier yang cukup sukses. Namun, kesuksesannya tahu-tahu terhambat ketika dirinya mengidap Cerebral Palsy yang membuatnya seumur hidup harus menggunakan kursi roda. Rintangan baru pun terjadi.

7. Imperfect (2019)

https://www.youtube.com/embed/bT9LuWH3hLI

Indonesia

IMDb: 7,9/10 Pemain: Yasmin Napper, Jessica Mila, Reza Rahadian, Clara Bernadeth

Standar kecantikan merupakan bagian dari evolusi sosial sepanjang sejarah yang terus-menerus berubah. Namun, standar tersebut pada dasarnya condong menunjuk perempuan hingga menciptakan batasan-batasan tertentu yang menyulitkan di kehidupan sosial.

Tanpa terkecuali dunia perkantoran seperti yang digambarkan dalam Imperfect (2019). Rara, dengan penampilan kulit sawo matang dan bentuk tubuh gemuk, sayangnya memperoleh cukup banyak kesulitan dalam menjalani tugasnya di kantor. Terlebih lagi dalam memperoleh promosi jabatan yang seharusnya bersifat adil dan transparan.

Pertanyaannya, apakah kamu sebagai perempuan karier mengalami lika-liku seperti yang dituangkan dalam film-film di atas?  

Baca Juga: 6 Tanda Kantormu Mendukung Hak dan Kebutuhan Pekerja Perempuan

Baca Juga: 5 Negara Terbaik yang Adil Bagi Pekerja Perempuan

Baca Juga: Meski Lucu, 8 Ilustrasi Ini Singgung Soal Kesetaraan Gender