Apakah kamu termasuk orang yang lebih tertarik membaca buku sebelum menyaksikannya dalam bentuk film? Atau justru sebaliknya, kamu menikmati filmnya terlebih dahulu dan kemudian barulah kamu bermain dengan imajinasi dengan membaca bukunya?

Apapun itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu, buku-buku mana saja yang ceritanya sukses diangkat ke dalam film. Berikut adalah lima rekomendasi buku yang sukses diangkat ke dalam film Netflix, sudahkah kamu membaca dan menontonnya?

1. Always and Forever, Lara Jean (2017)

5 Rekomendasi Buku yang Ceritanya Diangkat ke dalam Film Netflixaudible.com

Goodreads: 4,1/5 | Pengarang: Jenny Han 

Film Netflix: To All the Boys: Always and Forever (2021) | Pemain: Lana Condor, Noah Centineo

Pencinta buku rom-com, pasti sudah tidak asing lagi dengan buku sekuel karangan Jenny Han yang menceritakan kehidupan percintaan di dunia SMA. Tepatnya hubungan 'cinta monyet' antara siswi bernama Lara Jean Covey dan boy-crush Peter Kavinsky.

Keduanya telah merajut hubungan yang cukup lama hingga memasuki masa senior SMA. Itu artinya, keduanya harus siap menghadapi rencana kuliah yang bisa saja, memisahkan keduanya ketika masing-masing memiliki cita-cita yang berbeda. Apakah ini akhir cerita mereka?

2. The Dig (2007)

5 Rekomendasi Buku yang Ceritanya Diangkat ke dalam Film Netflixaudible.com

Waterstones: 5/5 | Pengarang: John Preston

Film Netflix: The Dig (2021) | Pemain: Carey Mulligan, Ralph Fiennes

Tanpa seorang arkeolog, kamu dan dunia ini tidak akan pernah memahami hal-hal yang berhubungan dengan sejarah peradaban manusia. Mulai dari penemuan piramida di Mesir yang membuktikan perbudakan umat Israel di Mesir, hingga penemuan lainnya.

Satu lagi, sebuah penemuan besar pada masa Perang Dunia ke II, yaitu kapal pemakaman Anglo-Saxon di sebidang tanah pribadi di Suffolk, Inggris, yang diceritakan dalam buku berjudul The Dig (2007). Tentu, ada beragam misteri yang akan terpecahkan. 

3. Yes Day (2009)

5 Rekomendasi Buku yang Ceritanya Diangkat ke dalam Film Netflixjudynewmanatscholastic.com

Goodreads: 3,9/5 | Pengarang: Amy Krouse Rosenthal and Tom Lichtenheld

Film Netflix: Yes Day (2021) | Pemain: Jennifer Garner, Edgar Ramirez, Jenna Ortega, Julian Lerner

Pernahkah terbayangkan olehmu jika satu hari mengharuskanmu untuk selalu menjawab 'Iya' kepada semua orang. Artinya, semua permintaan harus dipenuhi tanpa terkecuali. Tentu, hal tersebut dapat memberi dampak tersendiri bagi orang tua, khususnya.

Namun, buku cerita anak Yes Day (2009) nyatanya berbicara lain. Ketika orangtua memenuhi permintaan anak setidaknya satu hari per harinya, petualangan baru yang penuh komedi dan nila-nilai positif akan dirasakan seketika. Penasaran untuk mencobanya?

4. News of the World: a Novel (2016)

5 Rekomendasi Buku yang Ceritanya Diangkat ke dalam Film Netflixbookrevue.com

Goodreads: 4,6/5 | Pengarang: Paulette Jiles

Film Netflix: News of the World (2020) | Pemain: Tom Hanks, Helena Zengel

Apa yang akan terjadi jika kamu tertarik masuk ke dalam dunia koboi dan bertemu dengan seorang pahlawan perang tua? Setidaknya pemandangan imajinasi tersebut yang akan kamu rasakan ketika membaca buku News of the World: a Novel (2016).

Secara garis besar, sang Pahlawan diberikan tugas untuk mengantarkan seorang gadis muda kepada kerabatnya di San Antonio, TX. Terdengar mudah, namun nyatanya ada beragam masalah yang membuat tugas tersebut cukup berbahaya. Apakah itu?

5. The Enola Holmes Mysteries (2006-2010)

5 Rekomendasi Buku yang Ceritanya Diangkat ke dalam Film Netflixwichitamom.com

Goodreads: 4,7 | Pengarang: Nancy Springer

Film Netflix: Enola Holmes (2020) | Pemain: Millie Bobby Brown, Louis Patridge, Henry Cavill, Sam Claflin, Helena Bonham, Carter

Semua orang sangat mengenal karakter fiktif Sherlock Holmes yang lihai melakukan pekerjaannya sebagai seorang detektif. Siapa yang menyangka bahwa dalam buku sekuel The Enola Holmes Mysteries, ia memiliki seorang adik perempuan.

Namaya adalah Enola Holmes yang tumbuh besar sebagai seorang perempuan yang pintar dan suka berpetualangan. Sehingga cukup wajar jika sebuah misteri mendorongnya untuk memanfaatkan kelihaiannya tersebut untuk mengikuti jejak sang kakak.

Jadi, apakah kamu akan mencoba membaca kelima buku di atas, atau lebih suka menyaksikan versi film-nya di Netflix?

Baca Juga: Mengintip 5 Rekomendasi Buku Best-Seller Korea dari Artis Idola Kpop

Baca Juga: Popbela's Reading List: 5 Rekomendasi Novel Untuk Temani Akhir Pekanmu

Baca Juga: 6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populer