Selain jago akting, bakat lain IU yang patut diacungi jempol adalah kemampuan bernyanyinya. Bahkan tak jarang banyak penyanyi yang mengajaknya berkolaborasi untuk membuat karya bersama.

Sejauh ini, sudah ada enam penyanyi Korea yang berkolaborasi dengan IU. Siapa saja mereka dan bagaimana hasil karya yang mereka buat bersama? Simak berikut ini ya.

1. Im Seulong 2AM

https://www.youtube.com/embed/G50oLWBJAZ0

Seulong 2AM menjadi musisi pertama yang jadi rekan duet IU, dengan menyanyikan lagu berjudul 'Nagging'. Lagu yang dirilis pada tahun 2010 lalu ini kemudian menjadi soundtrack untuk acara We Got Married. Lirik yang manis serta musik yang ceria, membuat lagu 'Nagging' dirilis ulang dalam bahasa Jepang dengan judul 'Ko Go To' untuk album Jepang pertama IU tahun 2011.

2. Kim Chang Wan

https://www.youtube.com/embed/4L-H_cXSNhQ

Tidak seperti kebanyakan penyanyi lain yang menciptakan lagu bernuansa kekinian, IU juga hobi menyanyikan ulang lagu-lagu lama milik penyanyi senior Korea Selatan, salah satunya lagu 'Meaning of You' milik penyanyi Kim Chang Wan.

Lagu ini masuk dalam list album Flower Bookmark yang dirilis tahun 2014 lalu. Usut punya usut, IU memilih lagu ini karena liriknya sesuai dengan pengalaman pribadinya di masa lalu.

3. Jang Yi-Jeong HISTORY

https://www.youtube.com/embed/EiVmQZwJhsA

Memiliki suara merdu tidak membuat IU jadi musisi yang tertutup. Penyanyi kelahiran tahun 1993 ini cukup getol bekerja sama dengan musisi lain untuk penggarapan albumnya.

Setelah bernyanyi dengan Seulong 2AM, IU juga berduet dengan Jang Ji-Yeong HISTORY dengan menyanyikan lagu berjudul 'Friday'. Bercerita tentang sepasang kekasih yang tidak sabar untuk bertemu, lagu 'Friday' sendiri merupakan salah satu list lagu untuk album Modern Times yang dirilis tahun 2013.

4. HIGH4

https://www.youtube.com/embed/ouR4nn1G9r4

Sukses jadi salah satu solois paling populer di Korea Selatan ternyata tidak membuat IU tinggi hati. IU seringkali membantu para penyanyi rookie dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menciptakan lagu berjudul 'Not Spring, Love, or Cherry Blossom' untuk grup HIGH4 yang saat itu baru saja melangsungkan debutnya tahun 2014.

Tidak hanya berpartisipasi dalam penulisan lirik, IU bahkan menyumbangkan suara emas dan muncul dalam MV lagu tersebut.

5. G-Dragon

https://www.youtube.com/embed/d9IxdwEFk1c

Di antara project lainnya, kolaborasi dengan G-Dragon mungkin adalah yang paling sukses. Dirilis tahun 2017 lalu, lagu Palette kini sudah tembus hingga 136 juta views lho! Lagu ini menceritakan tentang perubahan IU di usia 25 tahun.

Selain mengisi bagian rap, pentolan grup Big Bang ini juga berpartisi dalam penulisan lirik lagu 'Palette'. Tidak hanya itu, G-Dragon juga muncul dalam konser IU di Seoul, tahun 2017.

6. ZICO

https://www.youtube.com/embed/Vl1kO9hObpA

Seolah mengobati rasa rindu penggemar, IU memberikan kejutan dengan memutuskan berpartisipasi dalam lagu milik ZICO tahun 2018 lalu. Berjudul 'SoulMate', lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang saling melengkapi satu sama lain. Selain bekerja sama dalam menulis lirik, IU juga muncul dalam MV lagu 'SoulMate'.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Sebelum Suga BTS, 6 Penyanyi Ini Juga Pernah Berkolaborasi dengan IU"

Baca Juga: Simak 6 Lagu Milik IU yang Selalu Mengisi Soundtrack Drama Korea Hits

Baca Juga: Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburan

Baca Juga: 7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un