Di seluruh dunia, orang-orang dibesarkan bukan untuk memberikan label atau stereotip orang lain. Di Indonesia, stereotip yang coba dibentuk adalah masyarakatnya yang ramah dan murah senyum. Jika Indonesia dinilai negara lain dengan penduduknya yang ramah, bagaimana dengan stereotipe yang muncul terhadap negara lain?

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Wah kalau harus menghitung, pasti deh kita kesulitan karena banyak banget lho smartphone yang dikembangkan di Jepang. Hal ini karena Jepang memang terkenal sebagai kreatif dan inovatif sehingga produk mereka banyak dikenal sampai mancanegara. Walaupun seperti itu, negara ini malah menerapkan larangan membawa gadget ke sekolah. Tujuannya sudah pasti, supaya bisa fokus belajar. Lagi pula kita bisa memakainya setelah pulang sekolah.

Selain itu, masyarakat Jepang juga dikenal mempunyai loyalitas yang lumayan tinggi. Dalam hidupnya mereka hanya bekerja pada satu atau dua tempat saja, tidak seperti kebanyakan bangsa-bangsa lain. Mereka tidak berpindah-pindah karena rata-rata gaji di perusahaan-perusahaan Jepang relatif sama.

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Orang korea dikenal dengan jiwa nasionalis yang tinggi. Mereka sangat senang membeli barang atau menggunakan produk hasil Negara sendiri. Contoh saja Ginseng, jika sakit orang Korea lebih mencari ginseng daripada obat-obatan impor. Kemudian, orang Korea sangat mencintai makanan asli negaranya sendiri, contoh saja kimchi dan ramyun. Pasti di setiap meja makan di rumah dan restoran sekali pun kimchi akan selalu tersedia.

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Warga Inggris sangat menghargai waktu. Pastikanlah kamu selalu hadir tepat waktu untuk semua undangan dan acara. Jika kamu diundang untuk makan malam, bawalah sebotol wine atau cokelat atau bunga untuk tuan rumah. Jika kamu diundang ke pesta, bawalah minuman untuk dinikmati beramai-ramai.

Inggris merupakan negara multikultur dengan residen dari berbagai negara. Jadi warga-warga lokal sangat terbuka bagi kebudayaan asing, dan mereka menyambut kedatangan para pendatang internasional dengan baik.

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Ternyata Kanada menyimpan segudang keramahan dan kebaikan dari para penduduknya untuk kita. Keramahan dari masyarakat Kanada sangat tulus, dan hal ini bisa ditemukan di mana saja. Para peneliti belum menganalisa keramahan dari penduduk Kanada secara empiris, tetapi penelitian sudah menemukan bahwa kebaikan penduduk Kanada ini adalah bentuk dari usaha untuk tidak menyinggung orang lain. Para penduduk Kanada tidak segan untuk meminta maaf kepada siapa saja dan untuk apa saja. Stereotip ini dianggap sebagai tanda persahabatan.

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Australia merupakan negara dengan tradisi olahraga yang kuat. Masyarakatnya sangat menyukai olahraga, baik sebagai penonton maupun sebagai peserta. Prestasi atlet Australia di arena event olahraga internasional tidak bisa disepelekan. Hal ini terjadi karena adanya dukungan dari berbagai pihak, yaitu pembinaan atlet yang baik. Berkat dukungan dana pembinaan atlet yang cukup besar dari pemerintah serta dukungan sponsor, menjadi atlet olahraga bisa menjadi salah satu karier yang menjamin di Australia.

Pandangan lumrah lainnya adalah bahwa penduduk Australia itu informal, terbuka dan langsung dan mengatakan apa yang mereka maksudkan. Mereka juga dipandang sebagai orang yang percaya pada prinsip memberi orang lain kesempatan secara adil dan membela sahabat mereka, yakni mereka yang kurang beruntung dan lemah.

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Beberapa orang mungkin lebih mengenal Finlandia sebagai negara asal raksasa produsen handphone, yaitu Nokia. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa Finlandia juga memiliki sistem pendidikan yang sangat baik, bahkan yang terbaik di dunia. Jangan terkejut apabila tidak mendapati Amerika Serikat, Jepang atau Jerman pada urutan pertama. Kiblat pendidikan dunia saat ini memang sedang mengarah ke Finlandia.

Di Finlandia kemandirian dalam mengikuti proses belajar mengajar itu tidak hanya dinikmati oleh guru-gurunya yang begitu dihormati tetapi juga ditularkan kepada para pelajar melalui berbagai kesempatan-kesempatan penting. Salah satunya di mana setiap pelajar diberi otonomi khusus untuk menentukan jadwal ujiannya untuk mata pelajaran yang menurutnya sudah dikuasai.

Finlandia juga tidak mengenal istilah ujian semester apalagi ujian nasional layaknya di Tanah Air. Evaluasi belajar secara nasional dilakukan tanpa ada intervensi pemerintah sekali pun. Karena setiap sekolah bahkan guru berkuasa penuh untuk menyusun kurikulumnya sendiri.

7 Sifat Positif yang Melekat pada Masyarakat di Berbagai Negara

Kebiasaan orang Perancis yang patut kita contoh dalam hal makanan. Orang Perancis makan dengan enjoy tanpa khawatir akan kelebihan berat badan. Kebiasaan orang Perancis dalam hal makan yang patut kita tiru adalah mereka tidak terburu-buru saat makan, mereka mengunyah makanan dengan perasaan, menghargai suatu makanan. Mereka bisa berlama-lama di meja makan sambil berdiskusi kecil antar keluarga.

 

BACA JUGA: Ini Jawaban Kenapa Stereotipe Pria Terhadap Perempuan Susah Dilepaskan