Sepanjang tahun 2018 lalu, ada ratusan judul drama televisi Korea Selatan yang tayang di berbagai stasiun, mulai dari televisi nasional seperti KBS2, SBS, dan MBC, serta stasiun televisi kabel seperti tvN, JTBC, dan OCN.

Puluhan judul di antaranya meraih sukses besar baik dari segi rating secara nasional maupun popularitas di kalangan para pencinta drama di dalam maupun luar negeri.

Sayangnya, ada juga lho beberapa drama Korea tahun ini yang justru menuai kritik karena faktor tertentu. Seperti ketujuh judul drama berikut!

1. Return

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling KontroversialDok. SBS

Sepanjang masa penayangannya, drama berjumlah 34 episode ini terbilang sukses dari segi rating, dengan persentase tertinggi 17,7 persen. Namun di balik kesuksesannya, drama ini menuai kritik dari netizen akibat mencuatnya konflik antara sang aktris utama, Go Hyun Jung, dengan sutradara Joo Dong Min.

Pada pertengahan penayangan, beredar kabar Go Hyun Jung dan sutradara Joo terlibat pertengkaran yang berjung pada sutradara menuduh Go Hyun Jung telah melakukan kekerasan fisik kepadanya, namun tuduhan ini segera dibantah oleh agensi Go Hyun Jung. Tak lama setelah kabar pertikaian itu tersebar, SBS mengumumkan Go Hyun Jung telah mundur dari posisinya di Return dan digantikan aktris Park Jin Hee.

Kontroversi ini langsung mendapat berbagai komentar panas dari netizen yang menyebut penyebab masalah ini adalah sang sutradara sendiri yang kabarnya kerap mengkritik penampilan fisik Go Hyun Jung, sehingga membuat bintang drama The Great Queen Seondeok tersebut naik darah.

2. Live

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversialblog.naver.com

Dibintangi Lee Kwang Soo dan Jung Yoo Mi, drama bertema kepolisian dari tvN ini mendapat review yang positif sepanjang masa penayangannya. Namun ada satu episode yang sempat menuai kontroversi dan banjir kritikan dari netizen.

Di episode kedua, ada adegan Lee Kwang Soo dan pasukan polisi lainnya ditugaskan untuk mengamankan sebuah demonstrasi. Namun yang menjadi permasalahan adalah latar belakang demo yang digunakan dalam adegan itu adalah demo yang dilakukan oleh Universitas Wanita Ehwa, yang terjadi tahun 2016 lalu dan berlangsung kontroversial karena adanya unsur kekerasan yang dilakukan petugas kepada para demonstran.

Terang saja adegan ini merupakan hal yang sensitif bagi para demonstran dan keluarga mereka. Tak butuh waktu lama, tvN akhirnya mengambil tindakan tegas dan merilis permohonan maaf kepada semua orang yang terlibat dalam demo tersebut.

3. Mr. Sunshine

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling KontroversialDok. tvN

Drama kolaborasi ketiga antara sutradara Lee Eung Bok dan penulis skenario Kim Eun Sook setelah Descendants of the Sun dan Goblin ini bisa dibilang sebagai drama tersukses sepanjang tahun 2018 ini, dengan perolehan rating mencapai 21 persen. Namun di balik kesuksesannya, drama ini sempat menuai kontroversi.

Sejumlah pihak, terutama ahli sejarah mengkritik hasil tulisan Kim Eun Sook yang dinilai  sangat tidak sesuai dengan kisah sejarah yang sebenarnya, mulai dari segi keakuratan kronologi peristiwa, hingga pembentukan karakter. Drama Mr. Sunshine juga dinilai menampilkan cerita yang terlalu pro Jepang dan menonjolkan stereotype bahwa kaum Jepang adalah penjahat, sedangkan Amerika adalah pahlawan.

Kontroversi ini sempat ramai diperbincangan di berbagai forum online hingga muncul petisi menuntut agar pemerintah meninjau kesalahan sejarah yang ditampilkan dalam drama ini. Sebanyak 20.000 orang menandatangani petisi tersebut. Hasilnya, pihak produksi meminta maaf dan melakukan perubahan terhadap skenario drama.

4. Mistress

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversialnaver.com

Diadaptasi dari serial TV BBC Inggris, drama berjudul Mistress dari OCN ini menuai kritik pedas dari netizen sejak episode pertama ditayangkan. Kritik tersebut ditujukan pada banyaknya adegan dewasa dengan rating 19+ yang ditayangkan dalam drama tersebut.

Selain banyak adegan yang dinilai terlalu vulgar, drama ini juga menuai kritik karena penampilan akting dari keempat pemeran utama, terutama Han Ga In dan Choi Hee Soo, yang dinilai tidak cukup bagus.

5. My Ahjussi

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversialkdramaviewer.com

Senasib dengan Mistress, drama My Ahjussi dari tvN juga menuai kritik sejak penayangan episode perdananya. Netizen menilai drama ini memuat unsur cerita yang terlalu sensitif dan menyinggung lolita complex, karena pemeran utama wanita yang masih berusia 21 tahun (diperankan oleh Lee Ji Eun 'IU') diceritakan jatuh cinta pada pria berusia 45 tahun (Lee Sun Gyun).

Kontroversi ini kemudian diklarifikasi oleh keempat pemeran utamanya, Lee Sun Gyun, Lee Ji Eun, Park Jeong Hwan, dan Song Sae Byeok, saat mereka tampil dalam siaran live di aplikasi Naver.

Dalam siaran tersebut, mereka meyakinkan penonton bahwa drama ini tidak menonjolkan unsur percintaan, melainkan tentang pelajaran kehidupan yang dekat dengan sekitar kita.

6. Time

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversialnocutnews.co.kr

Bukan karena kesalahan plot atau adegan yang dinilai bermasalah. Drama Time dari MBC ini justru menuai kontroversi karena attitude dari aktor utamanya, Kim Jung Hyun.

Masalah bermula ketika Kim Jung Hyun bersama pemain lainnya menghadiri konferensi pers drama Time pada 20 Juli lalu. Saat itu, netizen mengkritik habis-habisan sikap Kim Jung Hyun yang tampak dingin dan tidak menunjukkan ekspresi apapun sepanjang acara berlangsung.

Ia juga tampak tidak ramah kepada Seohyun yang menjadi lawan mainnya. Saat ditanya salah satu reporter apakah kondisinya sedang tidak sehat, Jung Hyun berdalih dia hanya sedang ingin mempertahankan watak dari karakternya di drama.

Lebih mengejutkan lagi, di pertengahan drama, Kim Jung Hyun mengundurkan diri dengan alasan sedang memiliki masalah kesehatan psikologi.

7. Let Me Introduce Her

Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversialprograms.sbs.co.kr

Terakhir ada drama Let Me Introduce Her dari SBS yang dibintangi Nam Sang Mi bersama Kim Jae Won dan Jo Hyun Jae. Drama berjumlah 40 episode ini menuai kontroversi karena dinilai menjiplak drama dari Jepang berjudul Beautiful Person yang tayang di tahun 1999.

Meski sempat ramai diperbincangkan di berbagai forum, bahkan sempat ada pihak yang mengajukan gugatan terhadap SBS, pihak SBS tetap membantah adanya unsur plagiat dalam drama ini.

Itulah ketujuh drama paling kontroversial sepanjang tahun 2018 ini. Yang mengejutkan, meski menuai kritik, ketujuh drama di atas terbilang menuai hasil yang cukup memuaskan dari segi rating. Kamu sudah nonton semua drama ini?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversial 2018"

Baca Juga: 10 Drama Korea dengan Rating Terendah