Drama Korea adalah salah satu hal yang mampu membuat waktu luang jadi terasa menyenangkan. Masyarakat Indonesia sudah tidak terlalu asing lagi jika mendengar 'drama Korea'. Biasanya, drama Korea bercerita tentang si miskin, si kaya dan mengusung cerita komedi romantis.

Namun, tak jarang juga yang mengusung cerita sageuk romantis. Sageuk merupakan drama yang bercerita tentang zaman Dinasti di Korea. Terdapat banyak drama yang merupakan sageuk romantis. Di bawah ini terdapat 8 drakor sageuk romantis yang diadaptasi dari novel. Ingin tahu apa saja? Mari kita simak ulasan berikut.

1. Hwang Jini (2006)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novelblog.daum.net

Hwang Jini adalah drama sageuk romantis KBS2 yang tayang pada tahun 2006. Drama ini merupakan drama yang diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Kim Tak Hwan yang berjudul I, Hwang Jini.

Hwang Jini bercerita pada masa Dinasti Joseon tentang seorang gisaeng yang jatuh cinta kepada seorang bangsawan bernama Kim Eun Ho. Namun karena perbedaan status dua sejoli ini, Hwang Jini terpaksa harus merelakan cintanya. Hwang Jini merupakan tokoh asli yang hidup sebagai gisaeng pada abad 16 dan merupakan gisaeng yang paling terkenal dalam sejarah Korea.

Hwang Jini diperankan oleh Ha Ji Won sedangkan Kim Eun Ho diperankan oleh Jang Geun Suk. Selain di Korea Selatan, drama ini juga ditayangkan di Taiwan, Malaysia, dan Filipina pada 2007, di New York City pada 2008-2009, di beberapa layanan siaran utama di Amerika Serikat dan di Thailand pada 2015.

2. Painter of the Wind (2008)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novelimdb.com

Painter of the Wind merupakan drama yang diadaptasi dari novel karya Lee Jung Myung dengan judul yang sama. Drama ini tayang di SBS pada tahun 2008. Painter of the Wind bercerita tentang Shin Yun Bok, seorang pelukis perempuan yang menyamar sebagai laki-laki demi menemukan pembunuh ayahnya.

Dalam pencariannya, Shin Yun Bok bertemu dengan Kim Hong Do yang juga seorang pelukis. Kim Hong Do kemudian menyadari perasaannya terhadap Shin Yun Bok namun dia berusaha menghindarinya karena Shin Yun Bok yang dia kenal adalah seorang laki-laki. Namun akhirnya identitas asli Shin Yun Bok terkuak.

Sama seperti Hwang Jini, drama ini juga menceritakan tentang tokoh asli yang ada dalam sejarah Korea. Shin Yun Bok dan Kim Hong Do adalah pelukis pada zaman Dinasti Joseon yang dikenal sebagai "Three Wons" bersama dengan Jang Seung Eop karena nama pena mereka yang masing-masing bernama Hanwon, Danwon, dan Owon.

Drama ini dibintangi oleh Moon Geun Young yang berperan sebagai Shin Yun Bok dan Park Shin Yang sebagai Kim Hong Do. Drama ini banyak sekali memenangkan penghargaan, dari 22 nominasi penghargaan yang didapatkan, Painter of the Wind berhasil memenangkan 14 piala.

3. Sungkyunkwan Scandal (2010)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novelblog.daum.net

Drama Sungkyunkwan Scandal diadaptasi dari novel Jung Eun Gwol berjudul The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars yang terbit pada tahun 2007. Dramanya sendiri tayang sejak Agustus hingga November 2010 di saluran KBS2.

Sungkyunkwan Scandal menceritakan Kim Yoon Hee (diperankan oleh Park Min Young) yang berusaha sekeras mungkin agar bisa belajar, karena pada saat itu perempuan tidak boleh terpelajar atau pun dipekerjakan. Kim Yoon Hee akhirnya menyamar sebagai adik laki-lakinya yang bernama Kim Yoon Shik dan belajar di Sungkyunkwan, salah satu lembaga pendidikan tertinggi pada zaman Dinasti Joseon.

Kim Yoon Hee kemudian bertemu dengan Lee Sun Joon (diperankan oleh Park Yoo Chun), Go Yong Ha (diperankan oleh Song Joong Ki), dan Moon Jae Shin (diperankan oleh Yoo Ah In). Kim Yoon Hee kemudian jatuh cinta kepada Lee Sun Joon dan berusaha untuk menahan perasaannya tersebut.

Drama sageuk romantis ini mendapatkan 30 nominasi dan berhasil memenangkan 17 di antaranya. Selain di Korea Selatan, drama ini juga tayang di beberapa negara seperti Jepang, Malaysia, Sri Lanka, Indonesia, Filipina, Romania, dan Thailand.

4. Moon Embracing the Sun (2012)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novelimdb.com

Moon Embracing the Sun adalah drama kedua yang diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Jung Eun Gwol dengan judul yang sama setelah Sungkyunkwan Scandal. Novelnya sendiri terbit pada tahun 2005, dua tahun sebelum terbitnya novel The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars. Sementara dramanya tayang pada Januari hingga Maret 2012 di saluran MBC.

Moon Embracing the Sun menceritakan tentang cerita cinta rahasia antara raja fiksional selama masa Dinasti Joseon yaitu Lee Hwon yang diperankan oleh Kim Soo Hyun dan seorang cenayang perempuan bernama Wol yang diperankan oleh Han Ga In. Selain harus berakting sebagai Lee Hwon, Kim Soo Hyun juga menyanyikan salah satu lagu untuk soundtrack drama ini yang berjudul The One and Only You.

Drama Moon Embracing the Sun sangat populer di Korea pada masanya sehingga berhasil mendapatkan 65 nominasi penghargaan dan memenangkan 22 piala. Drama ini juga tayang di beberapa negara yaitu Jepang, Thailand, Hongkong, Singapura, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Filipina, Iran, Sri Lanka, India, dan Myanmar.

5. Shine or Go Crazy (2015)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novelgniwallpaper.com

Drama Shine or Go Crazy merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Hyun Go Woon. Drama ini tayang di MBC sejak Januari hingga April 2015.

Drama ini bercerita tentang pangeran Goryeo bernama Wang So (diperankan oleh Jang Hyuk) yang diramal akan mengubah negeri menjadi sungai penuh darah, sehingga membuatnya diasingkan dari keluarga kerajaan. Wang So yang hidup terisolasi kemudian bertemu dengan Shin Yool (diperankan oleh Oh Yeon Seo) yang merupakan putri Balhae terakhir yang diramal sebagai "cahaya bangsa lain" saat kecil sehingga membuatnya nyaris terbunuh oleh bangsanya sendiri. Wang So dan Shin Yool kemudian menikah. Wang So merupakan tokoh asli yang ada dalam sejarah Korea yang kemudian menjadi Raja Gwangjong.

Jika drama lain ditayangkan kebanyakan di negara Asia, lain halnya dengan drama sageuk romantis yang satu ini, sebab drama Shine or Go Crazy ditayangkan di salah satu negara Afrika yaitu Ghana. Drama ini berhasil masuk ke dalam 2 nominasi penghargaan yaitu "Top Excellence Award, Actor in a Serial Drama" untuk Jang Hyuk dan "Best Supporting Actress" untuk Lee Ha Nui di ajang APAN Star Awards yang ke-4.

6. Love in the Moonlight (2016)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Noveltwitter.com/korseries

Drama Love in the Moonlight merupakan adaptasi dari novel Moonlight Drawn by Clouds yang terbit pada 2015 karya Yoon Yi Soo. Dramanya tayang sejak Agustus hingga Oktober 2016 di saluran KBS2.

Love in the Moonlight bercerita tentang kisah cinta antara pangeran mahkota Lee Yeong (diperankan oleh Park Bo Gum) dengan seorang kasim yang sebenarnya seorang perempuan bernama Hong Ra On (diperankan oleh Kim Yoo Jung). Park Bo Gum juga berkontribusi dalam mengisi soundtrack dengan menyanyikan lagu My Person.

Drama ini berhasil masuk ke 42 nominasi penghargaan dan memenangkan 19 piala di antaranya. Drama ini juga tayang Cina, Thailand, Singapura, Malaysia, Hongkong, Vietnam, Taiwan, Jepang, Indonesia, Filipina, California, Sri Lanka, Chile, Nikaragua, Paraguay, dan Puerto Rico.

7. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Noveltwitter.com/a_kpopkdramaid

Drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo ini diadaptasi dari novel yang ditulis oleh penulis Cina bernama Tong Hua dengan judul Bu Bu Jing Xin yang terbit secara online pada tahun 2005. Jika di novel aslinya bercerita pada zaman Dinasti Qing di Cina, drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo ini bercerita pada zaman Dinasti Goryeo. Drama ini tayang sejak Agustus hingga November 2016 di saluran SBS.

Drama ini bercerita tentang seorang perempuan abad 21 yang tertransportasi secara tiba-tiba kembali ke zaman pemerintahan Goryeo dan hidup sebagai Hae Soo (diperankan oleh Lee Ji Eun atau IU) yang merupakan perempuan bangsawan dan sepupu dari istri Wang Wook (diperankan oleh Kang Ha Neul), salah satu pangeran pada zaman tersebut.

Hae Soo kemudian bertemu dengan Wang So (diperankan oleh Lee Joon Gi) yang menurut sejarah akan membuat kerajaan menjadi sungai penuh darah karena membunuh saudara-saudaranya yang lain demi mencapai kekuasaan. Hae Soo ingin mengubah Wang So menjadi raja yang bijaksana hingga akhirnya keduanya saling jatuh cinta.

Sama dengan drama Shine or Go Crazy, tokoh di drama ini juga merupakan tokoh-tokoh asli yang tertulis dalam sejarah Korea, seperti Wang So yang kemudian akan menjadi Raja Gwangjong.

Meskipun tidak populer di Korea, drama ini meraih popularitasnya di luar Korea. Drama ini tayang di beberapa negara yaitu Cina, Hongkong, Malaysia, Singapura, Indonesia, Vietnam, Jepang, Los Angeles, Thailand, Filipina, Sri Lanka, Iran, Romania, dan Turki. Drama ini juga mendapatkan 18 nominasi penghargaan dan berhasil memenangkan 9 piala.

8. The King in Love (2017)

8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Noveltwitter.com/shinheeda

Drama sageuk romantis terakhir yang diadaptasi dari novel adalah drama The King in Love. Drama ini diadaptasi dari novel berjudul The King Loves yang ditulis oleh Kim Yi Ryung. Drama ini tayang sejak Juli hingga September 2017 di MBC.

The King in Love bercerita tentang pangeran Wang Won (diperankan oleh Im Si Wan) yang bersahabat dengan Wang Rin (diperankan oleh Hong Jong Hyun) yang kemudian sama-sama jatuh cinta kepada putri dari salah seorang menteri kerajaan yaitu Eun San (diperankan oleh Im Yoon Ah atau Yoona SNSD). Im Si Wan, yang merupakan anggota dari boyband ZE:A berkontribusi dalam mengisi soundtrack drama ini dengan menyanyikan lagu berjudul My Heart.

Drama ini tayang di beberapa negara selain Korea Selatan, yaitu di Cina, Taiwan, Jepang, Thailand, Indonesia, Amerika, Australia, Filipina, India, dan Lithuania. The King in Love ini mendapatkan 12 nominasi penghargaan dan memenangkan 3 piala.

Itulah 8 drakor sageuk-romantis yang ternyata diadaptasi dari novel. Kamu paling suka yang mana?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novel"

Baca Juga: Dikritik Netizen, Ini 7 Drama Korea Paling Kontroversial