Mempertahankan sebuah grup KPop dalam jangka waktu yang lama tidaklah mudah, terkadang ada saja hal yang menyebabkan salah satu anggota keluar dari grup, dan bahkan tak sedikit pula grup KPop yang memutuskan untuk bubar.

Namun meski sudah bubar, bukan berarti para anggota dari grup KPop itu tidak bisa bersama kembali. Seperti deretan grup KPop generasi pertama ini, setelah sebelumnya mengumumkan bahwa mereka resmi bubar, beberapa tahun kemudian akhirnya mereka reuni dan menyapa kembali para fansnnya. Siapa saja? Ini nih daftarnya.

1. Turbo

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembalikprofiles.com

Pada awalnya, Turbo ini merupakan duo KPop yang debut pada tahun 1995 beranggotakan Kim Jong Kook dan Kim Jung Nam. Namun pada tahun 1997, Kim Jung Nam memutuskan untuk keluar dari Turbo. Kim Jong Kook kemudian menggandeng anggota baru, Mikey.

Turbo ini sangat populer di akhir 90-an, mereka disebut penerus "Raja Tari Korea" milik Deux, yang mana setelah Deux bubar. Pada tahun 2000, Turbo memutuskan untuk bubar. Di tahun 2015, ketiga anggota Turbo, Kim Jong Kook, Kim Jung Nam dan Mikey bersatu kembali dan comeback sebagai trio KPop.

2. Solid

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembaliinstagram.com/solidkr

Solid merupakan grup KPop beranggotakan Jung Jae Yoon, Kim Jo Han, dan Lee Jun yang debut pada tahun 1993. Solid ini merupakan grup yang mempopulerkan genre R&B di Korea Selatan, tak heran mereka diberi julukan "The Godfather of Korean R&B". Namun pada tahun 1997, Solid memutuskan untuk bubar setelah merilis album keempatnya.

Setelah 21 tahun hiatus, akhirnya pada bulan Maret 2018, Solid memutuskan untuk bersama kembali dan comeback dengan merilis album ke-5 nya. Di bulan Mei, Solid melakukan konser di Blue Square iMarket Hall, Seoul, Korea Selatan.

3. Jinusean

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembaliyg-life.com

Jinusean merupakan duo hip hop yang beranggotakan Kim Jin-woo dan Noh Seung-hwan. Mereka debut di bawah agensi YG Entertainment pada tahun 1997. Namun pada tahun 2004, Jinusean memutuskan hiatus, namun tetap berada di YG Entertainment.

Pada akhir tahun 2014, Jinusean menjadi bintang tamu dalam acara Infinite Challenge untuk episode khusus seorang penyanyi. Setelah itu, di tahun 2015 Jinusean akhirnya comeback dengan merilis single baru berjudul Tell Me One More Time.

4. G.O.D

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembalixportsnews.com

G.O.D atau Groove Over Dose merupakan boyband KPop generasi pertama yang debut pada tahun 1999, beranggotakan 5 orang. G.O.D ini sangat populer di awal tahun 2000-an, tak heran albumnya pun mampu terjual 1 juta copy.

Pada tahun 2006, G.O.D memutuskan untuk bubar. Setelah 8 tahun berpisah, akhirnya di tahun 2014 para anggota G.O.D bersama kembali dan comeback dengan merilis full album untuk merayakan debut anniversary-nya ke-15.

5. K’POPULATION

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembalikoreaboo.com

K'POPULATION alias K'POP merupakan boyband beranggotakan 5 orang yang debut pada tahun 2001. Namun pada tahun 2004, K'POPULATION dibubarkan karena terungkapnya skandal gay antara dua member grupnya itu dan juga kasus penyerangan.

Setelah lama berpisah, akhirnya pada tahun 2018, para member K'POPULATION reuni dalam acara Sugarman 2 yang tayang di channel JTBC. K'POPULATION pun membawakan lagu miliknya Shadow.

6. H.O.T

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembalikoreastardaily.com

Sama seperti K'POPULATION, H.O.T juga reuni dalam acara televisi. H.O.T ini merupakan boyband KPop generasi pertama yang sangat populer di tahun 90-an. H.O.T beranggotakan 5 orang dan debut pada tahun 1996 dibawah agensi SM Entertainment.

Namun pada tahun 2001, H.O.T memutuskan untuk bubar. Setelah 17 tahun berpisah, tepatnya pada Februari 2018, para anggota H.O.T reuni kembali. Reuni itu dilakukan secara khusus oleh acara Infinite Challenge di Oliympic Hall, Seoul, dan dihadiri 2.500 fans H.O.T.

7. Sechskies

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembaliid.fanpop.com

Sechskies merupakan grup KPop yang juga sangat populer di tahun 90-an, Sechskies ini adalah rivalnya H.O.T. Sechskies debut pada tahun 1997 dibawah agensi Daesung Entertainment (kini DSP Media) dan beranggotakan 6 orang. Di tengah popularitasnya, Sechskies memutuskan untuk bubar pada tahun 2000.

Pada tahun 2016, Sechskies akhirnya bersama kembali dan mengadakan konser sebagai bentuk reuni lewat acara Infinite Challenge. Di tahun yang sama, Sechskies bergabung dengan YG Entertainment untuk comeback, namun hanya dengan 5 member.

8. S.E.S

Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembalimoonrok.com

Bukan cuman boyband, girlband S.E.S juga reuni. S.E.S sendiri merupakan girlband generasi pertama yang paling di idolakan. Mereka debut pada tahun 1997 dibawah agensi SM Entertainment, dan beranggotakan Bada, Eugene dan Shoo.

Setelah 5 tahun berkarier, S.E.S bubar pada tahun 2002. Pada tahun 2017, untuk merayakan debut anniversary S.E.S ke-20, para membernya kembali bersama dan comeback dengan merilis album baru.

Nah, itulah deretan grup KPop generasi pertama yang sempat bubar dan kini telah reuni kembali. Grup KPop yang telah bubar siapa nih yang kamu ingin mereka reuni kembali?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembali"

Baca Juga: Profesional, 8 Idol KPop Ini Tetap Menari di Panggung Meski Cedera