Saat kamu sedang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, itu artinya kamu wajib mengunjungi Pulau Komodo. Berada di antara dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Flores, tentunya menjadi daya tarik wisatawan untuk mengenal Pulau Komodo lebih dekat lagi. Bukan hanya itu saja, pulau yang disebut sebagai warisan dunia ini memiliki fakta menarik seperti yang dikutip dari laman foresteract.com

Wah apa saja ya fakta menarik dari Pulau Komodo? Yuk simak ulasannya.

Varanus Komodoensis Ouwens

Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Bertualang ke Pulau Komodomerahputih.com

Banyak yang belum tahu kalau sebenarnya Pulau Komodo dulunya ditemukan oleh seorang Perwira Pemerintah Hindia Belanda bernama JKH Van Steyn. Berdasarkan temuannya, menemukan satwa langka yaitu komodo dengan sebutan Varanus Komodoensis Ouwens. Ia pun menulis sebuah laporan yang kemudian dia berikan kepada Peter Ouwens seorang kurator Museum Zoologi Bogor.

Melalui laporan itu, pada 6 Maret 1980, Taman Nasional Komodo dibentuk demi melindungi satwa beserta habitatnya. Sebelas tahun kemudian, UNESCO menetapkan pulau ini sebagai warisan dunia. Setelah itu, pemerintah Republik Indonesia juga menetapkan taman nasional ini sebagai Simbol Nasional.

Hutan Bakau

Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Bertualang ke Pulau KomodoBreakingNews.co.id

Pulau Komodo lebih didominasi oleh padang rumput yang luas. Ada sekitar 70% savana yang membentang luas. Meskipun lebih di dominasi oleh savana yang luas serta rumput di wilayah Pulau Komodo. Kamu juga ternyata bisa menikmati hutan bakau yang berada di teluk. Ada beberapa jenis hutan bakau diantaranya Avicennia marina, Bruguiera sp, Capparis seplariCerips tagal dan Sonneratia alba. 

Bahari

Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Bertualang ke Pulau Komodomedium.com

Buat kamu yang suka wisata bahari, kamu bisa menikmati aneka keragaman hayati bawah laut dengan bersnorkeling di beberapa pulau contohnya Pulau Kelor. Ternyata Pulau Kelor bukan hanya ada di Kepulauan Seribu aja ya. Kalau Pulau Kelor yang satu ini kamu bisa melihat 260 jenis karang dan ribuan jenis ikan. Keren banget deh. Kamu juga nggak perlu khawatir, kalau hanya ingin jalan-jalan di pesisir pantai, Pantai Pink menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang suka merasakan deburan ombak pesisir pantai. Ditemani hamparan pasir merah muda, perjalananmu akan makin menyenangkan.

Masyarakat Kampung Komodo

Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Bertualang ke Pulau KomodoIndonesiaKaya.com

Rasanya belum lengkap kalau kamu belum bercengkrama dengan masyarakat yang berada di Kampung Komodo. Pada 2010 tercatat ada 4.251 jiwa yang mendiami di kawasan Taman Nasional Komodo. Mayoritas juga masyarakat bermata pencaharian sebagai nelayan. Umumnya juga masyarakat Pulau Komodo beragama Islam. Kamu juga bisa menyaksikan budaya lain di pulau ini seperti tarian silat. Bukan itu saja, ada kerajinan tangan berupa patung komodo yang terbuat dari kayu. Menariknya, ada sebuah mitos yang mengatakan kalau beberapa masyarakat asli pulau  ini dapat berbicara dengan komodo. Wah bener nggak ya?

Nah itu adalah fakta menarik dari Pulau Komodo yang bisa kamu jadikan daftar destinasi  wisata selanjutnya. Selain keindahan alamnya, Pulau Komodo juga tentunya memiliki nilai sejarah yang tinggi. Jadi nggak heran kalau banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang berbondong-bondong datang ke pulau ini. Jadi bagaimana, sudah siap bertualang di Pulau Komodo?

 

BACA JUGA: Takjub, 3 Taman Nasional Ini Lindungi Flora dan Fauna Langka