Belum usai bulan Januari, namun sudah banyak bencana alam yang terjadi. Menurut data yang dilansir dari Twitter resmi BNPB, sampai tanggal 23 Januari, terdapat 197 bencana alam yang terjadi di Indonesia. Dari 197 bencana tersebut, 31 di antaranya ialah bencana tanah longsor yang menempati posisi ke-2 sebagai bencana yang paling sering terjadi. 

Bencana yang ditandai dengan bergeraknya tanah dari posisi awal ini memang menjadi perhatian banyak orang, tak terkecuali pemerintah. Sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalkan terjadinya bencana ini. Di anatara banyaknya usaha tersebut, salah satu cara yang cukup menarik perhatian banyak pihak ialah melakukan penanaman tumbuhan vetiver. 

Penanaman tanaman vetiter ini direkomendasikan langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo, kepada Presiden Joko Widodo saat meninjau bencana longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. Lalu, sebenarnya apa sih tanaman vetiver ini? Nah, merangkum dari berbagai sumber, berikut Popbela berikan fakta-fakta di balik tanaman vetiver yang direkomendasikan sebagai tanaman pencegah longsor.

Punya daya tahan yang tinggi

Disebut Bisa Cegah Longsor, Ini Fakta di Balik Tanaman VetiverDok.Internet

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Vetiveira zizanioides L atau Andropogon murica ini memiliki bentuk berupa rumput dengan akar yang rimbun. Akar rimbunnya tersebutlah yang menjadi alasan mengapa tanaman ini menjadi salah satu tanaman andalan dalam mencegah erosi ataupun tanah longsor.  

Berbicara soal bentuk fisiknya, tanaman yang lebih dikenal dengan nama Akar Wangi ini bisa tumbuh setinggi 0,5 hingga 1,5 meter. Tak hanya menjulang ke atas, tanaman golongan rumput yang satu ini juga mampu tumbuh lurus ke dalam tanah, lho. Selain itu, tanaman ini ternyata juga punya daya tahan yang bagus banget, terutama terhadap bahan logam berat dan salinitas. Bahkan, tanaman ini juga mampu hidup pada lingkungan yang memiliki tingkat keasamaan di antara 3 hingga 11,5. Oleh karena itu, tanaman ini juga sering kali dijadikan sebagai medium untuk memperbaiki kondisi fisik dan kimia tanah yang rusak.

LIPI mengakui tanaman ini mampu mencegah longsor

Disebut Bisa Cegah Longsor, Ini Fakta di Balik Tanaman VetiverDok. Internet

Lembaga Ilmu Penegtahuan Indonesia atau yang biasa disebut LIPI juga membenarkan pernyataan kepala BNPN mengenai kehebatan tanaman vetiver ini. Melansir dari Antara, Peneliti dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Titut Yulistyarini, mengatakan bahwa tanaman vetiver mampu mencegah longsor karena tanaman tersebut mampu menahan gempuran aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah. 

Titut juga menambahkan alasan di balik kehebatan tanaman asal India ini dalam mencegah longsor. Menurutnya, tanaman ini memiliki batang yang kaku dan keras sehingga ketika ditanam akan tumbuh seperti pagar yang rapat dan mampu menahan aliran air permukaan. 

Direkomendasikan oleh BNBP sebagai cara dalam mencegah longsor

Disebut Bisa Cegah Longsor, Ini Fakta di Balik Tanaman VetiverDok. Internet

Dari banyaknya keuntungan yang didapat dari tanaman vetiter ini, maka nggak heran kalau Kepala BNPB Doni Monardo turut mengusulkan tanaman ini sebagai tanaman pencegah longsor. Menurut Doni, tanaman yang juga sudah dikembangkan menjadi minyak atsiri ini sangat cocok ditanam di lahan bekas HGU yang digunduli namun tak direboisasi.

Jika rumahmu rawan longsor, tanaman vetiver ini bisa jadi benteng pertahanan terhadap longsor nih, Bela.

Baca Juga: Tak Kalah Estetik, 8 Tanaman Hias Batang Ini Bisa Percantik Rumahmu

Baca Juga: 7 Ide Kreatif Pagar Tanaman untuk Rumah Rasa Taman

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Calathea Ini Akan Percantik Rumahmu