15 Manfaat Doa Nurbuat, Bisa Dimimpikan Nabi Muhammad SAW

Pelancar segala urusan, baik urusan dunia atau akhirat

15 Manfaat Doa Nurbuat, Bisa Dimimpikan Nabi Muhammad SAW

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Untuk meraih sesuatu yang diinginkan, selain berusaha, kita juga dianjurkan untuk berdoa. Dalam Islam, terdapat beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar hajat atau keinginan bisa terkabul.

Dari banyaknya doa tersebut, doa nurbuat merupakan salah satu doa pengabul hajat yang sampai saat ini masih jarang orang ketahui. Namun, doa ini sudah familiar di kalangan para ulama dan kyai yang mengamalkannya.

Doa nurbuat memiliki segudang khasiat yang bisa melancarkan urusan, baik itu dunia ataupun akhirat. Keunggulan doa ini dijelaskan melalui kitab Al Mujarot yang berbunyi sebagai berikut: 

Rasulullah bersabda setelah salat subuh dan duduk bersama para sahabat di masjid, kemudian datanglah Malaikat Jibril membawa doa Nurbuat seraya berkata “Aku diutus Allah membawa doa nurbuwat untuk diserahkan kepadamu (Rasulullah)"" 

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan segudang khasiat doa nurbuat, berikut Popbela.com rangkum bacaan dan 15 manfaat doa nurbuat.

Bacaan doa nurbuat

Doa ini dianjurkan untuk dibaca sehabis salat wajib dan pada siang hari di hari raya

Bacaan latin doa Nurbuat:

“Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqoal qaulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqan.

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzaalimiina illaa khasaaraa. Subhaana rabbika rabbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahirabbil‘aalamiin.”

Artinya:

“Wahai Tuhanku, pemilik kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Alquran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila.’ Dan Alquran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah : “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Alquran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Apa itu doa nurbuat?

Sebelum mengetahui berbagai manfaat doa nurbuat, perlu diketahui pengertian dan hukum doa nurbuat. Doa nurbuat dalam bahasa Arab berasal dari kata nurun nubuwwah yang artinya cahaya nabi. 

Doa ini dikatakan memiliki beragam manfaat, seperti memohon perlindungan saat akan keluar rumah, memohon perlindungan dari gangguan jin, sampai doa agar disayangi musuh. 

Berasal dari Salafus Shalih, hukum membaca Doa Nurbuat adalah boleh menurut pendapat Nakha’I dan Thawus.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here