Tren bercocok tanaman tampaknya tidak akan berlalu dengan cepat. Masa pandemi justru membuat kita kembali menyatu dengan alam, salah satunya adalah menambah volume tanaman di sekeliling hunian kita. Nah, sebagai penambah keindahan suasana, kamu bisa memasukkan tanaman sri rejeki sebagai salah satu koleksi kamu. Tanaman yang memiliki nama lain aglonema ini tak hanya mudah dirawat dengan penampilan yang super cantik, namun konon sebagai pemancing rezeki, nih! 

Di Tiongkok dan Filipina sendiri, juga menganggap tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema ini sebagai tanaman keberuntungan. Jenis tanaman sri rejeki ini beraneka ragam, dengan yang paling mudah terlihat adalah warna daunnya yang berbeda-beda. 

Popbela sudah siapkan penjelasan beberapa jenis tanaman sri rejeki yang bisa kamu jadikan referensi. Langsung saja, berikut 7 jenis tanaman sri rejeki yang paling populer di Indonesia dan bisa memperindah halaman rumahmu.

1. Sri Rejeki Widuri Merah

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Dok. Green and Vibrant

Jenis tanaman sri rejeki yang satu ini memiliki ciri daun yang berbentuk oval berwarna hijau dan kuning, dengan sedikit warna merah muda yang cerah di bagian tulang daun. Ciri lainnya dari jenis sri rejeki ini ialah jenis tanaman ini tidak menyukai cahaya matahari. Oleh karena itu, jika kamu mau menanamnya, pastikan kamu meletakannya di tempat yang tidak terjangkau oleh matahari secara langsung, ya.

2. Sri Rejeki Sinar Bulan

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Bibitonline.com

Jenis tanaman sri rejeki selanjutnya ialah tanaman sri rejeki sinar bulan yang disebut-sebut sebagai salah satu jenis sri rejeki terbaik yang ada di Indonesia. Berbicara soal cirinya, jenis sri rejeki yang satu ini memiliki bentuk daun yang bulat sedikit memanjang, dengan warna daun yang hijau keputihan serta berwarna merah pada tulangnya. Jenis sri rejeki yang satu ini juga akan terlihat bergelombang pada daunnya jika diletakkan di bawah cahaya.

3. Sri Rejeki Silver Queen

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Pinterest.com/Jonathan Kopinski

Jenis tanaman yang satu ini memiliki ciri bewarna hijau gelap pada dasar daunnya dan bewarna krem pada bagian tulang daunnya. Jenis tanaman sri rejeki ini juga masuk ke dalam jenis sri rejeki yang mudah dirawat. Pasalnya, kamu hanya perlu menyiram aglonema silverqueen satu kali dalam 2-3 hari dan memberikan pupuk setiap 3-4 bulan sekali.

4. Sri Rejeki Pride of Sumatra

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Wordpress.com/TanamanAnglonema

Sesuai dengan namanya, jenis tanaman sri rejeki yang satu ini memang berasal dari Sumatra. Keunikan jenis tanaman hias ini terletak dari warna daunnya. Jika pada umumnya jenis sri rejeki lainnya memiliki warna merah dan hijau, maka jenis sri rejeki Sumatra ini memiliki warna merah tua pada daun dan merah muda pada tulang daunnya. Perbedaan ini lah yang membuat jenis sri rejeki pride of Sumatra tampak lebih cantik dibanding jenis sri rejeki lainnya. 

5. Sri Rejeki Silver King

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Dok.Wikimedia

Hampir menyerupai sri rejeki silver queen, jenis yang satu ini memiliki daun dengan motif seperti bercak. Nilai tambah dari jenis sri rejeki yang satu ini ialah memiliki bunga cantik yang menambah keindahan sri rejeki silver queen. 

6. Sri Rejeki Lady Valentine

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Dok.RancupidFarm

Jenis sri rejeki selanjutnya ialah sri rejeki lady valentine. Jenis ini memiliki daun yang bentuknya bulat meruncing dengan warna dasar merah pada dasar daun, serta warna hijau pada pinggirannya. Jenis daun yang satu ini juga memiliki pola bercak tipis yang tidak beraturan. 

7. Sri Rejeki Lipstik

Pembawa Hoki, Ini 7 Jenis Tanaman Sri Rejeki Dok.RancupidFarm

Terakhir ada jenis sri rejeki lipstik yang tidak kalah memesona dibanding jenis sri rejeki lainnya. Jenis sri rejeki ini diberi nama "lipstik" karena pinggiran daun serta batangnya yang bewarna merah. Bentuk daunnya juga nggak kalah unik lho, yaitu berbentuk memanjang berujung runcing dengan tekstur yang bergelombang. Cantik, ya!

Itulah 7 jenis tanaman sri rezeki yang konon bisa memancing rezeki mengalir ke hunianmu. Percaya nggak, percaya, punya tanaman sri rezeki tetap menambah keasrian rumah, kan?

Baca Juga: Disebut Bisa Cegah Longsor, Ini Fakta di Balik Tanaman Vetiver

Baca Juga: Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantik

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Hias Aglonema Merah Cantik dan Populer Penarik Hati